Renungan Katolik Selasa 15 November 2022 dan Bacaan Injil (Belajar dari Zakheus, Menrima Undangan Tuhan) -->

Renungan Katolik Selasa 15 November 2022 dan Bacaan Injil (Belajar dari Zakheus, Menrima Undangan Tuhan)

Patris Trikora
Minggu, November 13, 2022

    Renungan Katolik Selasa 15 November 2022 dan Bacaan Injil (Belajar dari Zakheus, Menrima Undangan Tuhan)


    "Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang"


    Bacaan Injil Lukas 19:1-10 "Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang"


    Yesus masuk ke kota Yerikho dan berjalan terus melintasi kota itu. Di situ ada seorang bernama Zakheus, kepala pemungut cukai, dan ia seorang yang kaya.

    Ia berusaha untuk melihat orang apakah Yesus itu, tetapi ia tidak berhasil karena orang banyak, sebab badannya pendek.

    Maka berlarilah ia mendahului orang banyak, lalu memanjat pohon ara untuk melihat Yesus, yang akan lewat di situ.

    Ketika Yesus sampai ke tempat itu, Ia melihat ke atas dan berkata: "Zakheus, segeralah turun, sebab hari ini Aku harus menumpang di rumahmu." Lalu Zakheus segera turun dan menerima Yesus dengan sukacita.

    Tetapi semua orang yang melihat hal itu bersungut-sungut, katanya: "Ia menumpang di rumah orang berdosa."

    Tetapi Zakheus berdiri dan berkata kepada Tuhan: "Tuhan, setengah dari milikku akan kuberikan kepada orang miskin dan sekiranya ada sesuatu yang kuperas dari seseorang akan kukembalikan empat kali lipat."

    Kata Yesus kepadanya: "Hari ini telah terjadi keselamatan kepada rumah ini, karena orang inipun anak Abraham. Sebab Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang."

    Renungan Katolik Selasa 15 November 2022 (Belajar dari Zakheus, Menrima Undangan Tuhan)


    Salah satu kesibukan dalam perkawinan adalah mempersiapkan undangan dan memilih tamu yang akan hadir.Masalah ini jelas sangat penting.

    Untuk hal ini, pemilik pesta pasti memiliki kriteria tersendiri. Misalnya, kedekatan, posisi, jabatan, teman satu profesi, dan sebagainya.

    Demikian juga halnya dengan Zakheus, kepala pemungut cukai. Kawan-kawannya kaget mendengar perkataan Tuhan Yesus. "Zakheus segeralah turun, sebab hari ini Aku harus menumpang di rumahmu!" kata Yesus (ay 5).

    Undangan itu disampaikan di tempat yang tidak biasa. Yesus mengajaknya ketika Zakheus sedang berada di atas pohon ara.

    Ia nekat memanjat pohon karena sangat ingin melihat seperti apakah Yesus. Namun, tubuhnya yang pendek tidak memungkinkan karena pandangannya terhalang oleh orang banyak.

    Zakheus menyambut-Nya dengan penuh sukacita. Mereka segera menuju ke rumahnya. Kemudian, suatu mukjizat terjadi.

    Di rumahnya, ia berikrar akan mengembalikan 4 kali lipat kepada siapa pun yang pernah diperasnya.

    Tidak hanya itu, setengah dari miliknya akan segera ia berikan kepada orang miskin (ay 8). Pada zaman itu, seorang pemungut cukai mustahil melakukan tindakan seperti ini karena mereka terkenal kikir dan jahat.

    Namun demikian, tetap saja ada nada-nada sumbang, bahkan cibiran atas undangan Yesus kepada Zakheus.

    Akan tetapi, Yesus segera memberi jawaban kepada mereka yang bersungut-sungut itu. "Hari ini," kata Yesus, "telah terjadi keselamatan kepada rumah ini," (ay 9).

    Yesus datang ke rumah Zakheus karena Anak Manusia datang untuk mencari yang terhilang. Undangan Tuhan Yesus adalah anugerah yang menghasilkan sukacita dan membawa perubahan hidup yang radikal.

    Sampai sekarang, Ia masih terus menyebarkan undangan kepada semua umat manusia. Undangan tersebut tidak memandang muka, profesi, atau kriteria apa pun. Seruan-Nya tetap sama, "Aku harus hadir di hatimu".

    Demikian Renungan Katolik Selasa 15 November 2022 dan Bacaan Injil (Belajar dari Zakheus, Menrima Undangan Tuhan). Marilah kita sambut undangan-Nya dengan penuh sukacita agar Tuhan berkenan kepada kita. Semoga***