Renungan Katolik Sabtu 5 November 2022 dan Bacaan Injil (Setia) -->

Renungan Katolik Sabtu 5 November 2022 dan Bacaan Injil (Setia)

Patris Trikora
Jumat, November 04, 2022

    Renungan Katolik Sabtu 5 November 2022 dan Bacaan Injil (Setia)


    "Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar"


    Bacaan Injil Lukas 6:9-15 "Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar"


    Dan Aku berkata kepadamu: Ikatlah persahabatan dengan mempergunakan Mamon yang tidak jujur, supaya jika Mamon itu tidak dapat menolong lagi, kamu diterima di dalam kemah abadi."

    "Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar. Dan barangsiapa tidak benar dalam perkara-perkara kecil, ia tidak benar juga dalam perkara-perkara besar.

    Jadi, jikalau kamu tidak setia dalam hal Mamon yang tidak jujur, siapakah yang akan mempercayakan kepadamu harta yang sesungguhnya?

    Dan jikalau kamu tidak setia dalam harta orang lain, siapakah yang akan menyerahkan hartamu sendiri kepadamu? Seorang hamba tidak dapat mengabdi kepada dua tuan.

    Karena jika demikian ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain.

    Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon." Semuanya itu didengar oleh orang-orang Farisi, hamba-hamba uang itu, dan mereka mencemoohkan Dia.

    Lalu Ia berkata kepada mereka: "Kamu membenarkan diri di hadapan orang, tetapi Allah mengetahui hatimu. Sebab apa yang dikagumi manusia, dibenci oleh Allah.

    Renungan Renungan Katolik Sabtu 5 November 2022 (Setia)


    Injil hari ini mengajak kita untuk setia dan tekun dalam hal-hal kecil dan sederhana. Kesetiaan dan ketekunan kita pada hal-hal kecil dan sederhana itu meneguhkan sekaligus menyiapkan kita untuk setia dalam hal-hal besar. "Barang siapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar".

    Sebaliknya bila kita tidak setia dalam hal-hal kecil dan sederhana, mustahil bagi kita untuk setia dalam hal-hal besar dalam hidup.

    "Dan barang siapa tidak benar dalam perkara-perkara kecil, ia tidak benar juga dalam perkara-perkara besar".

    Dengan demikian, menjadi hal yang sangat penting bagi kita terutama para orang tua untuk melatih anak-anak melakukan hal-hal sederhana di rumah.

    Hal sederhana itu antara lain melatih anak-anak jujur, bertanggung jawab, kesederhanaan, ketulusan melayani, keberanian, dll.

    Sesuatu yang kecil bila terus dibiasakan akan menjadi habitus dan menjadi bagian tingkah laku seseorang. Kebiasaan yang baik akan membentuk karakter, kepribadian, dan habitus yang baik.

    Orang-orang yang melakukan korupsi dan sejumlah tindakan lainnya, barangkali karena mereka tidak dilatih dalam hal-hal sederhana itu seperti kejujuran, bisa membedakan mana yang menjadi haknya dan mana yang bukan.

    Demikian Renungan Katolik Sabtu 5 November 2022 dan Bacaan Injil (Setia). Kiranya kita selalu menjadi pribadi yang setia dalam melaksanakan aktivitas, rutinitas, maupun panggilan kita. Semoga***