Renungan Harian Katolik Senin 31 Oktober 2022 Lengkap Dengan Bacaan Injil (Mengubah Kebiasaan) -->

Renungan Harian Katolik Senin 31 Oktober 2022 Lengkap Dengan Bacaan Injil (Mengubah Kebiasaan)

Patris Trikora
Minggu, Oktober 30, 2022

    Renungan Harian Katolik Senin 31 Oktober 2022 Lengkap Dengan Bacaan Injil (Mengubah Kebiasaan)


    "engkau akan mendapat balasnya pada hari kebangkitan orang-orang benar"

    Bacaan Injil Lukas 14:12-14 "engkau akan mendapat balasnya pada hari kebangkitan orang-orang benar"


    Dan Yesus berkata juga kepada orang yang mengundang Dia: "Apabila engkau mengadakan perjamuan siang atau perjamuan malam, janganlah engkau mengundang sahabat-sahabatmu atau saudara-saudaramu atau kaum keluargamu atau tetangga-tetanggamu yang kaya, karena mereka akan membalasnya dengan mengundang engkau pula dan dengan demikian engkau mendapat balasnya.

    Tetapi apabila engkau mengadakan perjamuan, undanglah orang-orang miskin, orang-orang cacat, orang-orang lumpuh dan orang-orang buta. Dan engkau akan berbahagia, karena mereka tidak mempunyai apa-apa untuk membalasnya kepadamu. Sebab engkau akan mendapat balasnya pada hari kebangkitan orang-orang benar."

    Renungan Harian Katolik Senin 31 Oktober 2022 (Mengubah Kebiasaan)


    Dengan tangan apa Anda biasa menulis? Jika menggunakan tangan kanan, cobalah menulis dengan tangan kiri.

    Apa yang Anda rasakan? Rasanya tentu tak nyaman, terasa aneh, dan janggal. Oh, betapa sulitnya mengubah kebiasaan.

    Hari itu Yesus mencoba untuk mengubah kebiasaan dalam mengadakan perjamuan makan. Ia hendak mengubah cara orang dalam berelasi dan memandang sesamanya.

    Yesus berkata: "Apabila engkau mengadakan perjamuan siang atau perjamuan malam, janganlah engkau mengundang sahabat-sahabatmu atau saudara-saudaramu atau kaum keluargamu atau tetangga-tetanggamu yang kaya" (ay 12).

    Yesus mencoba mengalihkan kebiasaan dengan melihat hal lain yang dapat dilakukan. "Tetapi apabila engkau mengadakan perjamuan, undanglah orang-orang miskin, orang-orang cacat, orang-orang lumpuh dan orang-orang buta" (ay 13).

    Tuhan ingin agar para pendengar-Nya itu mengetahui makna kebahagiaan dalam mengubah kebiasaan berelasinya.

    Kebahagiaan sejati didapatkan dalam relasi yang beragam dan tidak kaku. Tuhan sedang merobohkan tembok pemisah antara orang kaya, dan orang miskin.

    Mereka mesti kita perhatikan. Tuhan tidak sedang membatasi hubungan kita dengan sahabat, keluarga, atau pun relasi lainnya.

    Tuhan hanya ingin kita mengingat akan orang-orang yang tak beruntung, orang miskin, dan orang cacat.

    Orang mungkin sibuk memperbaiki relasinya demi mendapatkan keuntungan dan kehormatan diri. Namun, Tuhan ingin agar kita mengubah kebiasaan itu.

    Ia ingin agar kita memperhatikan orang miskin, orang cacat, orang buta, dan orang lumpuh. Tuhan mengajak kita masuk dalam persekutuan berdasarkan anugerah.

    Relasi indah yang tak terbalaskan oleh siapa pun. Dalam relasi itu hanya ada pemberian tanpa mengharapkan balas jasa. Kondisi ini akan membuat kita semakin menghargai relasi kita dengan Tuhan.

    Demikian Renungan Harian Katolik Senin 31 Oktober 2022 Lengkap Dengan Bacaan Injil (Mengubah Kebiasaan). Kiraya kita dapat menjadi pribadi yang mampu merubah kebiasaan buruk kita menjadi lebih baik dalam Tuhan. Semoga***