Renungan Harian Katolik Kamis 6 Oktober 2022 Lengkap Dengan Bacaan Injil (Mintalah, maka kalian akan diberi) -->

Renungan Harian Katolik Kamis 6 Oktober 2022 Lengkap Dengan Bacaan Injil (Mintalah, maka kalian akan diberi)

Patris Trikora
Rabu, Oktober 05, 2022

    Renungan Harian Katolik Kamis 6 Oktober 2022 Lengkap Dengan Bacaan Injil (Mintalah, maka kalian akan diberi)


    "Mintalah, maka kalian akan diberi"

    Bacaan Injil Lukas 11:5-13 "Mintalah, maka kalian akan diberi"


    Pada waktu itu, sesudah mengajar para murid berdoa, Yesus bersabda kepada mereka, "Jika di antara kalian ada yang tengah malam pergi ke rumah seorang sahabat dan berkata kepadanya,

    'Saudara, pinjamilah aku tiga buah roti, sebab seorang sahabatku dalam perjalanan singgah di rumahku, dan aku tidak mempunyai apa-apa untuk dihidangkan kepadanya', masakah ia yang di dalam rumah itu akan menjawab, 'Jangan mengganggu aku; pintu sudah tertutup, dan aku serta anak-anakku sudah tidur. Aku tidak dapat bangun dan memberikannya kepadamu'.

    Aku berkata kepadamu: Sekalipun dia tidak mau bangun dan tidak mau memberikan sesuatu meskipun ia itu sahabatnya, namun karena sikap sahabatnya yang tidak malu-malu itu, pasti ia akan bangun dan memberikan apa yang dia perlukan.

    Oleh karena itu Aku berkata kepadamu, mintalah, maka kamu akan diberi; carilah, maka kamu akan mendapat; ketuklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.

    Karena setiap orang yang meminta, akan menerima; setiap orang yang mencari, akan mendapat, dan setiap orang yang mengetuk, akan dibukakan pintu.

    Bapa manakah di antara kalian, yang memberi anaknya sebuah batu, kalau anak itu minta roti? Atau seekor ular, kalau anaknya minta ikan? Atau kalajengking, kalau yang diminta telur?

    Jika kalian yang jahat tahu memberikan yang baik kepada anakmu, betapa pula Bapamu yang di surga! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada siapa pun yang meminta kepada-Nya".

    Renungan Harian Katolik Kamis 6 Oktober 2022 (Mintalah, maka kalian akan diberi)


    Sebagai orang Katolik janganlah kita pernah berkata, "Sia-sialah berdoa kepada Allah". Sebab hal itu adalah pikiran yang gegabah.

    Sebaliknya Yesus mengajarkan, "Mintalah maka kamu akan diberi, carilah maka kamu akan mendapat, ketuklah maka pintu akan dibukakan bagimu".

    Maksud Tuhan Yesus adalah mengajarkan kepada kita kebaikan dan kemurahan hati Allah Bapa kita.

    Bila kita yang jahat saja tahu memberikan yang baik kepada anak-anak kita, apalagi Bapa di surga!

    Pertanyaan kembali kepada pengantar awal renungan hari ini: mengapa ada ujud doa kita yang terkadang sepertinya memang tidak dijawab Tuhan, tidak dikabulkan Tuhan. Bukankah Tuhan sendiri sudah menjamin: "Mintalah, maka kamu akan diberi?"

    Untuk pekerjaan yang baik, pasangan hidup yang tepat dan rumah tangga yang bahagia, kita harus memperjuangkannya setiap saat dan memohon agar Roh Kudus menjaga niat baik kita.

    Tidak ada kata terlambat untuk memperoleh yang terbaik dan jangan sampai kita menyesal karena kita malas untuk berjuang.

    Doa aslinya pertama-tama bukan perkara mohon-memohon dan Tuhan seolah menjadi "tukang" pengabul permohonan kita.

    Tentu betul sekali bahwa hanya kepada Tuhanlah kita dapat memohon dan berseru, sebab Dialah Sumber segala sesuatunya.

    Akan tetapi, doa pertama-tama bertujuan untuk dapat tinggal bersama Tuhan. Dengan doa, kita bersama Tuhan, dan apabila orang tinggal bersama Tuhan, segala sesuatu yang diperlukan akan mengalir bahkan apabila kita tidak mohon, Tuhan tetap akan memberikan yang kita perlukan.

    Jadi, Tuhan melihat yang diperlukan bagi keselamatan hidup kita, keselamatan jiwa kita, bukan melihat yang kita inginkan.

    Karena yang kita inginkan belum tentu kita perlukan. Barangkali saja apabila keinginan itu dikabulkan Tuhan, justru menjauhkan diri kita dari Tuhan.

    Demikian Renungan Harian Katolik Kamis 6 Oktober 2022 Lengkap Dengan Bacaan Injil (Mintalah, maka kalian akan diberi)


    Kiranya kita senantiasa selalu mendaraskan segala permintaan dan permohonan kita kepada Tuhan. Semoga***