Renungan Harian Katolik Jumat 7 Oktober 2022 Lengkap Dengang Bacaan Injil (Pesta Hari Santa Perawan Maria, Ratu Rosario) -->

Renungan Harian Katolik Jumat 7 Oktober 2022 Lengkap Dengang Bacaan Injil (Pesta Hari Santa Perawan Maria, Ratu Rosario)

Patris Trikora
Kamis, Oktober 06, 2022

    Renungan Harian Katolik Jumat 7 Oktober 2022 Lengkap Dengang Bacaan Injil (Maria Menerima Kabar Dari Malaikat Gabriel)


    "Engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki"

    Bacaan Injil Lukas 1:26-38 "Engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki"


    Dalam bulan yang keenam Allah mengutus Malaikat Gabriel ke sebuah kota di Galilea, bernama Nazaret, kepada seorang perawan yang bertunangan dengan seorang bernama Yusuf dari keluarga Daud; nama perawan itu Maria.

    Ketika masuk ke rumah Maria, malaikat itu berkata, "Salam, hai engkau yang dikaruniai, Tuhan menyertai engkau."

    Maria terkejut mendengar perkataan itu, lalu bertanya di dalam hatinya, apakah arti salam itu. Kata malaikat itu kepadanya, "Jangan takut, hai Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah.

    Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus.

    Ia akan menjadi besar dan akan disebut Anak Allah Yang Mahatinggi. Dan Tuhan Allah akan mengaruniakan kepada-Nya takhta Daud, bapa leluhur-Nya.

    Ia akan menjadi raja atas kaum keturunan Yakub sampai selama-lamanya, dan Kerajaan-Nya tidak akan berkesudahan."

    Kata Maria kepada malaikat itu, "Bagaimana hal itu mungkin terjadi, karena aku tidak bersuami?"

    Jawab malaikat itu kepadanya, "Roh Kudus akan turun atasmu, dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah.

    Dan sesungguhnya, Elisabet, sanakmu itu, ia pun sedang mengandung seorang anak laki-laki pada hari tuanya, dan inilah bulan yang keenam bagi dia yang disebut mandul itu. Sebab bagi Allah tidak ada yang mustahil."

    Maka kata Maria, "Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; terjadilah padaku menurut perkataanmu itu." Lalu malaikat itu meninggalkan dia.

    Renungan Harian Katolik Jumat 7 Oktober 2022 (Pesta Hari Santa Perawan Maria, Ratu Rosario)


    Hari ini Gereja Katolik merayakan Peringatan Santa Perawan Maria, Ratu Rosario. Peristiwa besar yang melatarbelakangi penetapan tanggal 7 Oktober sebagai tanggal Peringatan Santa Perawan Maria, Ratu Rosario adalah peristiwa kemenangan pasukan Kristen dalam pertempuran melawan pasukan Islam Turki.

    Menghadapi pertempuran ini Paus Pius V menyerukan agar seluruh umat berdoa Rosario untuk memohon perlindungan Santa Perawan Maria atas Gereja. Doa umat itu ternyata dikabulkan Tuhan.

    Pasukan Kristen dibawah pimpinan Don Johanes dari Austria berhasil memukul mundur pasukan Turki di Lepanto pada tanggal 7 Oktober 1571.

    Sebagai tanda syukur Paus Pius V (1566-1572) menetapkan tanggal 7 Oktober sebagai hari pesta Santa Perawan Maria, Ratu Rosario.

    Kemudian Paus Klemens IX (1667-1669) mengukuhkan pesta ini bagi seluruh Gereja di dunia.

    Dan Paus Leo XIII (1878-1903) lebih meningkatkan nilai perayaan ini dengan menetapkan seluruh bulan Oktober sebagai Bulan Rosario untuk menghormati Santa Perawan Maria.

    Kita percaya bahwa doa rosario yang kita panjatkan dalam persatuan dengan Bunda Maria mempunyai kekuatan dahsyat untuk mengubah hidup kita dan membuat Allah tidak bisa menahan rahmat-Nya memenuhi kita.

    Betapa tidak, karena setiap kali mendaraskan doa rosario itu, kita mengucapkan dua doa ajaib, yang diwariskan Tuhan sendiri bagi kita, yakni 'Bapa Kami' dan 'Salam Maria'.

    Demikian Renungan Harian Katolik Jumat 7 Oktober 2022 Lengkap Dengang Bacaan Injil (Pesta Hari Santa Perawan Maria, Ratu Rosario). Kiranya Bunda Maria senantiasa menghantarkan doa dan permohonan dan melindungi bersama Puteranya Tuhan kita Yesus Kristus. Semoga***