Renungan Harian Katolik Jumat 28 Oktober 2022 Lengkap Dengan Bacaan Injil (Memilih) -->

Renungan Harian Katolik Jumat 28 Oktober 2022 Lengkap Dengan Bacaan Injil (Memilih)

Patris Trikora
Kamis, Oktober 27, 2022

    Renungan Harian Katolik Jumat 28 Oktober 2022 Lengkap Dengan Bacaan Injil (Memilih)


    "Ia memanggil murid-murid-Nya kepada-Nya, lalu memilih dari antara mereka dua belas orang, yang disebut-Nya rasul"

    Bacaan Injil Lukas 6:12-19 "Ia memanggil murid-murid-Nya kepada-Nya, lalu memilih dari antara mereka dua belas orang, yang disebut-Nya rasul"


    Pada waktu itu pergilah Yesus ke bukit untuk berdoa dan semalam-malaman Ia berdoa kepada Allah. Ketika hari siang, Ia memanggil murid-murid-Nya kepada-Nya, lalu memilih dari antara mereka dua belas orang, yang disebut-Nya rasul:

    Simon yang juga diberi-Nya nama Petrus, dan Andreas saudara Simon, Yakobus dan Yohanes, Filipus dan Bartolomeus, Matius dan Tomas, Yakobus anak Alfeus, dan Simon yang disebut orang Zelot, Yudas anak Yakobus, dan Yudas Iskariot yang kemudian menjadi pengkhianat.

    Lalu Ia turun dengan mereka dan berhenti pada suatu tempat yang datar: di situ berkumpul sejumlah besar dari murid-murid-Nya dan banyak orang lain yang datang dari seluruh Yudea dan dari Yerusalem dan dari daerah pantai Tirus dan Sidon.

    Mereka datang untuk mendengarkan Dia dan untuk disembuhkan dari penyakit mereka; juga mereka yang dirasuk oleh roh-roh jahat beroleh kesembuhan. Dan semua orang banyak itu berusaha menjamah Dia, karena ada kuasa yang keluar dari pada-Nya dan semua orang itu disembuhkan-Nya.

    Renungan Harian Katolik Jumwt 28 Oktober 2022 (Memilih)


    Setiap hari kita selalu dihadapkan pada berbagai macam pilihan. Bahkan hal itu selalu sudah kita mulai ketika kita bangun tidur.

    Kita selalu memiliki pilihan untuk langsung pergi mandi atau terlebih dahulu merapikan tempat tidur kita.

    Itu adalah contoh pemilihan keputusan yang sederhana. Dalam kesempatan yang lain, kita pasti pernah dihadapkan pada pilihan-pilihan yang besar. Pilihan-pilihan yang memiliki konsekuensi dan dampak bagi orang-orang disekitar kita.

    Misalnya pilihan untuk mengambil program studi apa saat kuliah, atau juga pilihan untuk menentukan pasangan hidup.

    Untuk menentukan pilihan itu, kita harus melihat segala konsekuensi dan kemungkinan dari setiap pilihan kita.

    Yesus mengajarkan kita bahwa perlu untuk menyertakan Allah dalam melakukan pilihan-pilihan kita.

    Ketika Ia memilih Yudas Iskariot untuk menjadi salah satu Rasul-Nya, Yesus juga pasti juga telah mengetahui konsekuensi apa yang harus Ia tanggung kelak.

    Hal ini hanya mungkin terjadi karena Ia telah berdoa kepada Allah Bapa-Nya dan memperoleh kekuatan untuk menanggung itu semua demi keselamatan kita.

    Kadang kita dihadapkan pada pilihan yang menuntut pengorbanan kita demi kepentingan banyak orang.

    Diperlukan kebesaran hati untuk menentukan pilihan yang seperti ini. Seperti yang telah diteladankan oleh Yesus bahwa kekuatan itu akan kita peroleh dari Allah sendiri.

    Dengan demikian, sudahkah kita menyertakan Allah dalam proses penentuan pilihan dalam hidup kita?