Renungan Harian Katolik Sabtu 3 September 2022 Lengkap Dengan Bacaan Injil (Waktu Tuhan) -->

Renungan Harian Katolik Sabtu 3 September 2022 Lengkap Dengan Bacaan Injil (Waktu Tuhan)

Patris Trikora
Kamis, September 01, 2022

    Renungan Harian Katolik Sabtu 3 September 2022 Lengkap Dengan Bacaan Injil (Waktu Tuhan)


    "Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat"


    Bacaan Injil Lukas 6:1-5 "Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat"


    Pada suatu hari Sabat, ketika Yesus berjalan di ladang gandum, murid-murid-Nya memetik bulir gandum dan memakannya, sementara mereka menggisarnya dengan tangannya. Tetapi beberapa orang Farisi berkata: "Mengapa kamu berbuat sesuatu yang tidak diperbolehkan pada hari Sabat?"

    Lalu Yesus menjawab mereka: "Tidakkah kamu baca apa yang dilakukan oleh Daud, ketika ia dan mereka yang mengikutinya lapar, bagaimana ia masuk ke dalam Rumah Allah dan mengambil roti sajian, lalu memakannya dan memberikannya kepada pengikut-pengikutnya, padahal roti itu tidak boleh dimakan kecuali oleh imam-imam?" Kata Yesus lagi kepada mereka: "Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat."

    Renungan Harian Katolik Sabtu 3 September 2022 (Waktu Tuhan)


    Saudara terkasih dalam Tuhan, lapar merupakan peristiwa hidup kita sehari-hari sebagai manusia. Untuk memuaskan rasa lapar dan mendapatkan energi untuk beraktifitas kita perlu makan.

    Rasa lapar ini juga yang dialami oleh para murid Yesus. Ketika hari Sabat Yesus dan para murid melewati ladang gandum, murid-murid-Nya memetik bulir gandum dan memakannya.

    Hal tersebut tidak menyenangkan bagi orang Farisi, karena mereka beranggapan bahwa pada hari Sabat seseorang tidak diperbolehkan untuk bekerja.

    Akan tetapi Yesus menjawab dengan tegas bahwa "Anak Manusia adalah Tuhan atas hari sabat". Lantas apakah yang dapat kita renungkan dari Bacaan Injil hari ini dalam kehidupan kita sehari-hari?


    Hari Sabat diberikan kepada manusia untuk mensyukuri rahmat Allah dalam hidup manusia, bagaimana karya Allah bekerja dalam kisah penciptaan terkhusus dalam diri manusia yang rapuh dan berdosa.

    Dengan demikian manusia diajak untuk menjadikan hari sabat sebagai waktu untuk merasakan kasih Allah yang hadir dalam setiap peristiwa hidup kita dan dalam perjumpaan dengan sesama serta alam semesta.

    Hari sabat tidak sekedar boleh bekerja atau tidak, lebih dari itu mengutamakan kasih Allah yang hadir dalam setiap makhluk ciptaan-Nya terlebih menghargai kemanusiaan yang semakin hari semakin kurang dihargai dengan berbagai macam konflik yang terjadi.

    Oleh karena itu, marilah kita menjadikan hari sabat untuk "beristirahat" dari segala carut-marut duniawi kemudian kita mendekatkan diri kepada Yesus dalam Ekaristi, dalam setiap doa-doa yang kita daraskan, dan dalam perbuatan baik yang kita lakukan kepada sesama.

    Demikian Renungan Harian Katolik Sabtu 3 September 2022 Lengkap Dengan Bacaan Injil (Waktu Tuhan). Kiranya kita dapat menyediakan waktu untuk mendekatkan diri kepada Tuhan. Semoga***