Renungan Harian Katolik Dan Bacaan Injil Kamis 22 September 2022 (Membuka Hati Untuk Tuhan) -->

Renungan Harian Katolik Dan Bacaan Injil Kamis 22 September 2022 (Membuka Hati Untuk Tuhan)

Patris Trikora
Rabu, September 21, 2022

    Renungan Harian Katolik Dan Bacaan Injil Kamis 22 September 2022 (Membuka Hati Untuk Tuhan)


    "Siapa gerangan Dia ini, yang kabarnya melakukan hal-hal demikian?"


    Bacaan Injil Lukas 9:7-9 "Siapa gerangan Dia ini, yang kabarnya melakukan hal-hal demikian?"


    Ketika Herodes, raja wilayah Galilea, mendengar segala sesuatu yang terjadi, ia merasa cemas, sebab ada orang yang mengatakan, bahwa Yohanes telah bangkit dari antara orang mati.

    Ada lagi yang mengatakan, bahwa Elia telah muncul kembali, dan ada pula yang mengatakan, bahwa seorang dari nabi-nabi dahulu telah bangkit.

    Tetapi Herodes berkata: "Yohanes telah kupenggal kepalanya. Siapa gerangan Dia ini, yang kabarnya melakukan hal-hal demikian?" Lalu ia berusaha supaya dapat bertemu dengan Yesus.

    Renungan Harian Katolik Dan Bacaan Injil Kamis 22 September 2022 (Membuka Hati Untuk Tuhan)


    Santo Lukas dalam injil hari ini memperlihatkan sosok Herodes yang kaget dengan segala hal extraordinary yang dilakukan Yesus.

    Kecemasan pun mulai muncul karena ada berita tentang kebangkitan Yohanes pembabtis; mengapa tidak, karena ia tahu bahwa Yohanes adalah nabi Allah, dan bisa membawa malapetaka dalam hidupnya.

    Namun kabar yang tidak jelas pun membuatnya semakin penasaran dan ingin bertemu dengan Yesus.

    Yesus dianggap sebagai seseorang yang diutus Allah, karena melakukan keajaiban yang membuat orang tercengan akan perbuatannya.

    Ini bukanlah hal yang lazim atau sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari, maka orang-orangpun mulai mengikutinya dan berbicara tentang dirinya; maka dari itu, ada rasa panasaran bukan saja bagi Herodes, namun juga bagi banyak orang untuk mengenal dan melihat yang diperbuat Yesus.

    Dalam kehidupan kita sehari-hari, Tuhan selalu membuat keajaiban, selalu menunjukkan hal-hal extraordinary, namun kadang kala semuanya berlalu begitu saja tampa disadari, dinikmati, apalagi disyukuri.

    Semuanya terjadi karena aktifitas harian, seperti pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi sehingga menyita perhatian akan hal-hal extraordinary yang Tuhan berikan; apalagi jika hati, perasaan, dan pikiran terbelenggu oleh hal-hal seperti permasalahan, kecemasan, kegelisahan, kekuwatiran, dll, akan membuat kita semakin tidak menyadari akan keajaiban dan berkat Tuhan didalam hidup.

    Tuhan selalu membuat keajaiban, selalu menunjukkan hal-hal yang luar biasa, namun kita sering menutup mata hati sehingga tidak melihat, tidak menerima dan tidak memahami berkat yang diberikan.

    Oleh sebab itu, marilah kita membuka mata hati untuk melihat keajaiban yang Tuhan berikan kepada kita; karena Tuhan berkarya tidak saja dalam hal-hal yang besar, namun sering terjadi dalam hal yang kecil, yang sering kita abaikan.

    Jadi jangan seperti Herodes yang penasaran ingin melihat Yesus dan tidak merasakan keajaiban karena menutup pintu hatinya.

    Demikian Renungan Harian Katolik Dan Bacaan Injil Kamis 22 September 2022 (Membuka Hati Untuk Tuhan)


    Sebagai umat Kristiani, mari membuka hati untuk melihat keagungan Tuhan, melihat tanda-tanda keajaiban yang Tuhan berikan didalam kehidupan dan aktifitas harian kita. Semoga***