Bacaan Misa Dan Khotbah Katolik Minggu 18 September 2022 (Menjadi Pribadi Yang Jujur dan Bertanggung Jawab) -->

Bacaan Misa Dan Khotbah Katolik Minggu 18 September 2022 (Menjadi Pribadi Yang Jujur dan Bertanggung Jawab)

Patris Trikora
Sabtu, September 17, 2022

    Bacaan Misa Dan Khotbah Katolik Minggu 18 September 2022 (Menjadi Pribadi Yang Jujur dan Bertanggung Jawab)


    "Menjadi Pribadi Yang Jujur dan bertanggung Jawab"


    Berikut Bacaan Misa Minggu Biasa XXV 18 September 2022 (Menjadi Pribadi Yang Jujur dan Bertanggung Jawab)


    Saudara terkasih dalam Tuhan, Bacaan Misa hari ini Minggu biasa ke XXV diambil dari beberapa bacaan antara lain:


    Khotbah Katolik Minggu 18 September 2022 (Menjadi Pribadi Yang Jujur dan Bertanggung Jawab)


    Saudara terkasih dalam Tuhan, dimanapun dan kapanpun, ketidakjujuran merupakan sebuah tindakan yang tidak benar. Setiap orang dipanggil untuk bertindak dan berkata-kata secara jujur.

    Secerdik apapun seseorang, tindakan ketidakjujuran selalu tidak dibenarkan. Kesalahan dan dosa bukan pertama-tama apakah terbukti atau tidak terbukti, namun dari tindakan dan kata-kata itu sendiri sudah menjelaskan apakah jujur atau tidak.

    Dalam dunia pengadilan, sebuah tindakan misalnya pembunuhan baru akan dikatakan salah apabila bukti-bukti fisik menunjukkan demikian.

    Jika tidak ada yang bisa membuktikan, tindakan pembunuhan belum tentu menjadi sebuah kesalahan.







    Jika sejak kecil sudah tidak jujur, ketika besarpun akan demikian. Mirip-mirip, tidak jauh beda. Maka diperlukan latihan terus menerus untuk itu.

    Pengajaran hari ini dibungkus dalam kerangka pengajaran kepada para murid. Seperti yang Yesus katakan, menjadi murid-Nya berarti harus siap 'membenci' orang-orang yang bahkan paling dekat, memikul salib setiap hari, dan mengikuti-Nya. Menjadi murid-Nya berarti mengutamakan Dia diatas segala-galanya.

    Bahkan harta benda yang adalah berkat dari-Nya, juga hanya menjadi sarana supaya orang sampai kepada Ia yang kuasa memberi dan kuasa mengambil.


    Fokus mengikuti jalan Kristus adalah yang utama diatas segalanya. Yang tidak fokus, akan sangat mudah menjadi bala tentara Mamon.

    Pertanyaannya, apakah kita mau menjadi tentara Mamon atau Laskar Kristus? Mari mengendalikan Mamon, bukan kita yang dikendalikan oleh Mamon.


    Demikian Bacaan Misa Dan Khotbah Katolik Minggu 18 September 2022 (Menjadi Pribadi Yang Jujur dan Bertanggung Jawab). Kiranya kita senantiasa menjadi pribadi yang jujur dan bertanggungjawab baik kepada diri sendiri, sesama dan terutama kepada Tuhan. Semoga***