Renungan Harian Katolik Senin 15 Agustus 2022 Lemgkap Dengan Bacaan Injil (Teguran Untuk Selalu Mengucap Syukur Kepada Tuhan) -->

Renungan Harian Katolik Senin 15 Agustus 2022 Lemgkap Dengan Bacaan Injil (Teguran Untuk Selalu Mengucap Syukur Kepada Tuhan)

Patris Trikora
Senin, Agustus 15, 2022

    Renungan Harian Katolik Senin 15 Agustus 2022 Lemgkap Dengan Bacaan Injil (Teguran Untuk Selalu Mengucap Syukur Kepada Tuhan)


    "Juallah segala milikmu"


    Bacaan Injil Matius19:16-22 "Juallah segala milikmu"


    Ada seorang datang kepada Yesus, dan berkata: "Guru, perbuatan baik apakah yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?"

    Jawab Yesus: "Apakah sebabnya engkau bertanya kepada-Ku tentang apa yang baik? Hanya Satu yang baik. Tetapi jikalau engkau ingin masuk ke dalam hidup, turutilah segala perintah Allah."

    Kata orang itu kepada-Nya: "Perintah yang mana?" Kata Yesus: "Jangan membunuh, jangan berzinah, jangan mencuri, jangan mengucapkan saksi dusta, hormatilah ayahmu dan ibumu dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri." Kata orang muda itu kepada-Nya: "Semuanya itu telah kuturuti, apa lagi yang masih kurang?"

    Kata Yesus kepadanya: "Jikalau engkau hendak sempurna, pergilah, juallah segala milikmu dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di sorga, kemudian datanglah ke mari dan ikutlah Aku."

    Ketika orang muda itu mendengar perkataan itu, pergilah ia dengan sedih, sebab banyak hartanya.

    Renungan Harian Katolik Senin 15 Agustus 2022 (Teguran Untuk Selalu Mengucap Syukur Kepada Tuhan)


    Saudara terkasih, dalam Bacaan Injil hari ini secara manusiawi kita melihat bahwa manusia adalah makhluk ekonomi yang selalu punya keinginan untuk bisa memenuhi kebutuhan hidupnya.

    Namun, dialog antara Yesus dan orang muda yang kaya, menjadi suatu teguran yang dapat mengubah segala tingkah laku manusia dalam kehidupan manusia setiap hari.

    Seorang anak muda yang kaya raya, mau datang kepada Yesus dengan senang hati sehingga anak muda tersebut mau mengajarkan kepada seluruh umat beriman, agar jangan pernah kita lupa untuk mengucap syukur kepada Tuhan, dengan apa yang kita miliki dalam kehidupan kita setiap hari.

    Teguran yang dimaksudkan dalam Injil hari ini yaitu, "turutilah segala perintah Allah dan juallah segala milikmu dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di surga dan kemudian datanglah kemari dan ikutlah Aku".

    Mengapa orang muda yang kaya tergesa-gesa, bertanya kepada Yesus perbuatan baik apa yang harus ia lakukan.

    Sikap orang muda yang kaya, mau menunjukkan suatu sikap pertobatan kepada Tuhan, agar orang muda yang kaya layak masuk surga.

    Pesan yang digambarkan dalam Bacaan Injil Hari Ini dapat memberikan suatu perubahan diri manusia untuk bertobat dan melakukan segala perintah Tuhan dengan baik dan bijaksana.

    Maka orang muda memberikan suatu tanda kepada semua orang beriman, bahwa perintah Tuhan sangat bermakna bagi kehidupan manusia untuk selama-lamanya.

    Bermakna dalam suatu tindakan nyata melalui kehidupan manusia setiap hari, sikap saling menghormati dan mengasihi menunjukkan bahwa manusia taat kepada perintah Tuhan.



    Demikian Renungan Harian Katolik Senin 15 Agustus 2022 Lemgkap Dengan Bacaan Injil (Teguran Untuk Selalu Mengucap Syukur Kepada Tuhan). Kiranya kita senantiasa mengucap syukur kepada Tuhan Sang pemberi berkat dan hidup kita. Semoga***