Renungan Harian Katolik Sabtu 27 Agustus 2022 Lengkap Dengan Bacaan Injil (Kembangkan Talenta Yang Tuhan Berikan) -->

Renungan Harian Katolik Sabtu 27 Agustus 2022 Lengkap Dengan Bacaan Injil (Kembangkan Talenta Yang Tuhan Berikan)

Patris Trikora
Rabu, Agustus 24, 2022

    Renungan Harian Katolik Sabtu 27 Agustus 2022 Lengkap Dengan Bacaan Injil (Kembangkan Talenta Yang Tuhan Berikan)


    "Perumpamaan Tentang Talenta"

    Bacaan Injil Matius 25:14-30 "Perumpamaan Tentang Talenta"


    "Sebab hal Kerajaan Sorga sama seperti seorang yang mau bepergian ke luar negeri, yang memanggil hamba-hambanya dan mempercayakan hartanya kepada mereka.

    Yang seorang diberikannya lima talenta, yang seorang lagi dua dan yang seorang lain lagi satu, masing-masing menurut kesanggupannya, lalu ia berangkat.

    Segera pergilah hamba yang menerima lima talenta itu. Ia menjalankan uang itu lalu beroleh laba lima talenta. Hamba yang menerima dua talenta itupun berbuat demikian juga dan berlaba dua talenta.

    Tetapi hamba yang menerima satu talenta itu pergi dan menggali lobang di dalam tanah lalu menyembunyikan uang tuannya. Lama sesudah itu pulanglah tuan hamba-hamba itu lalu mengadakan perhitungan dengan mereka.



    Kini datanglah juga hamba yang menerima satu talenta itu dan berkata: Tuan, aku tahu bahwa tuan adalah manusia yang kejam yang menuai di tempat di mana tuan tidak menabur dan yang memungut dari tempat di mana tuan tidak menanam. Karena itu aku takut dan pergi menyembunyikan talenta tuan itu di dalam tanah: Ini, terimalah kepunyaan tuan!

    Maka jawab tuannya itu: Hai kamu, hamba yang jahat dan malas, jadi kamu sudah tahu, bahwa aku menuai di tempat di mana aku tidak menabur dan memungut dari tempat di mana aku tidak menanam? Karena itu sudahlah seharusnya uangku itu kauberikan kepada orang yang menjalankan uang, supaya sekembaliku aku menerimanya serta dengan bunganya. Sebab itu ambillah talenta itu dari padanya dan berikanlah kepada orang yang mempunyai sepuluh talenta itu.


    Renungan Harian Katolik Sabtu 27 Agustus 2022 (Kembangkan Talenta Yang Tuhan Berikan)


    Saudara terkasih, Yesus dalam Bacaan Injil hari ini menyampaikan perumpamaan tentang Kerajaan Surga dengan contoh pemberian talenta kepada masing-masing orang menurut kesanggupannya, yaitu lima talenta, dua talenta dan satu talenta untuk dikembangkan.




    Para pendengar pada saat itu rupanya sangat terkejut ketika Yesus menyoroti perlakuan hamba yang ketiga.

    Menurut hukum Yahudi, sebenarnya apa yang dilakukan oleh hamba yang ketiga dalam perumpamaan itu tidak terlalu dipersalahkan.


    Namun bagi Yesus, justru itu salah atau keliru. Hamba itu harus mengembangkannya seperti yang dibuat oleh dua hamba yang lain.


    Orang-orang Farisi adalah ibarat hamba yang ketiga dalam perumpamaan Yesus yang justru menguburkan talenta yang dipercayakan agar tidak hilang.


    Maka melalui perumpamaan ini, Yesus ingin menjawab pertanyaan yang ada dalam pikiran para pendengar-Nya tentang apa yang harus diperbuat agar luput dalam pengadilan terakhir, untuk memperoleh hidup yang kekal.

    Dan Yesus menunjukkan bahwa mereka harus setia menjalankan tugas yang diberikan kepada mereka. Masing-masing diberikan seturut kesanggupannya untuk dikembangkan.





    Dan kita pun baiklah kalau bertanya diri, sudah seberapa jauh kita telah menggunakan dan mengembangkan talenta-talenta yang diberikan Tuhan kepada masing-masing kita.


    Menjadi keharusan bagi kita untuk melaksanakan tugas dan tanggungjawab yang dipercayakan Tuhan kepada kita, entah sebagai apa saja, dan di mana saja dengan sebaik-baiknya, sehingga kita pun boleh berharap memperoleh anugerah sukacita abadi yang dijanjikan itu.

    Demikian Renungan Harian Katolik Sabtu 27 Agustus 2022 Lengkap Dengan Bacaan Injil (Kembangkan Talenta Yang Tuhan Berikan). Kiranya kita semua menjadi hamba Tuhan yang dengan setia mengembangkan Talenta kita masing-masing sesuai dengan yang Tuhan berikan. Semoga***