Renungan Harian Katolik Rabu 3 Agustus Lengkap Dengan Bacaan Injil (Terselamatkan Oleh Iman) -->

Renungan Harian Katolik Rabu 3 Agustus Lengkap Dengan Bacaan Injil (Terselamatkan Oleh Iman)

Patris Trikora
Rabu, Agustus 03, 2022

    Renungan Harian Katolik Rabu 3 Agustus Lengkap Dengan Bacaan Injil (Terselamatkan Oleh Iman)


    "Hai ibu, besar imanmu, maka jadilah kepadamu seperti yang kaukehendaki."


    Bacaan Injil Matius 15:21-28 "Hai ibu, besar imanmu, maka jadilah kepadamu seperti yang kaukehendaki."


    Lalu Yesus pergi dari situ dan menyingkir ke daerah Tirus dan Sidon. Maka datanglah seorang perempuan Kanaan dari daerah itu dan berseru: "Kasihanilah aku, ya Tuhan, Anak Daud, karena anakku perempuan kerasukan setan dan sangat menderita."

    Tetapi Yesus sama sekali tidak menjawabnya. Lalu murid-murid-Nya datang dan meminta kepada-Nya: "Suruhlah ia pergi, ia mengikuti kita dengan berteriak-teriak." Jawab Yesus: "Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel."

    Tetapi perempuan itu mendekat dan menyembah Dia sambil berkata: "Tuhan, tolonglah aku." Tetapi Yesus menjawab: "Tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak-anak dan melemparkannya kepada anjing."

    Kata perempuan itu: "Benar Tuhan, namun anjing itu makan remah-remah yang jatuh dari meja tuannya." Maka Yesus menjawab dan berkata kepadanya: "Hai ibu, besar imanmu, maka jadilah kepadamu seperti yang kaukehendaki." Dan seketika itu juga anaknya sembuh.

    Renungan Harian Katolik Rabu 3 Agustus Lengkap Dengan Bacaan Injil (Terselamatkan Oleh Iman)


    Saudara terkasih, menjalani hidup sebagai orang percaya bukanlah perkarah mudah, butuh ketekunan dan iman yang harus berakar kuat di Tuhan.

    Jika tidak, kita akan mudah mengalami kekecewaan dan kepahitan saat menghadapi tantangan dan ujian.

    Pasti kita pun tahu bahwa selma hidup di dunia ini kita tidak pernah luput dari apa yang dianamakan masalah.

    Tokoh-tokoh besar dalam Alkitab juga mengalami banyak tantangan (ujian) dalam kehidupannya.

    Contohnya Yusuf dan Yosua. Sebelum janji Tuhan benar-benar terwujud dalam hidupnya, Yusuf harus melewati tantangan demi tantangan.

    Yosua, sebelum berhasil membawa bangsa Israel masuk ke Tanah Perjanjian, suatu negeri yang berlimpah susu dan madu, dia harus melewati rintangan dari bangsa-bangsa lain yang berusaha untuk menghadangnya.

    Hari ini kita perlu belajar dari seorang wanita Kanaan yang sedang anaknya kerasukan setan. Ibu ini berhasil "mengetuk pintu" hati Yesus dan beroleh belas kasihan darinya sehingga anaknya diselamtkan.

    Untuk mengjangkau Yesus ibu ini harus menghadapi tantangan yang sangat berat, namun tidak membuat putus asa dan menyerah begitu saja.

    Dia terus mengadu kepada Yesus,"Kasihanilah aku, ya Tuhan, Anak Daud, karena anakku perempuan kerasukan setan dan sangat menderita" (ay 22). Murid-murid Yesus merasa terganggu dengan teriakan wanita itu dan berniat mengusirnya.

    Sebenarnya wanita Kanaan ini punya alasan untuk kecewa dan undur, apalagi mendengar perkataan kasar Yesus kepadanya "Tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak-anak dan melemparkannya kepada anjing" (Ay 26).

    Tapi dia tidak peduli, imannya tidak menjadi lemah dan sama sekali tidak terpengaruh keadaan dan situasi yang ada, dia percaya dengan iman bahwa Yesus sedang melakukan segala sesuatu.

    Dan karena ketekunannya ia beroleh jawaban "Hai ibu, besar imanmu, maka jadilah kepadamu seperti yang kaukehendaki." Dan seketika itu juga sembuh" (ayat 28).

    Demikian Renungan Harian Katolik Rabu 3 Agustus Lengkap Dengan Bacaan Injil (Terselamatkan Oleh Iman). Kiranya kita selalu berpegang teguh kepada Iman kita akan Kristus, niscaya kita diselamatkan. Semoga***