Renungan Harian Katolik Rabu 17 Agustus 2022 Lengkap Dengan Renungan (Berikan yang Terbaik Untuk Tuhan dan Negara) -->

Renungan Harian Katolik Rabu 17 Agustus 2022 Lengkap Dengan Renungan (Berikan yang Terbaik Untuk Tuhan dan Negara)

Patris Trikora
Selasa, Agustus 16, 2022

    Renungan Harian Katolik Rabu 17 Agustus 2022 Lengkap Dengan Renungan (Berikan yang Terbaik Untuk Tuhan dan Negara)


    "Hal Membayar Pajak"

    Bacaan Injil Matius 22:15-22 "Hal Membayar Pajak"


    Kemudian pergilah orang-orang Farisi; mereka berunding bagaimana mereka dapat menjerat Yesus dengan suatu pertanyaan.

    Mereka menyuruh murid-murid mereka bersama-sama orang-orang Herodian bertanya kepada-Nya: "Guru, kami tahu, Engkau adalah seorang yang jujur dan dengan jujur mengajar jalan Allah dan Engkau tidak takut kepada siapapun juga, sebab Engkau tidak mencari muka.


    Tetapi Yesus mengetahui kejahatan hati mereka itu lalu berkata: "Mengapa kamu mencobai Aku, hai orang-orang munafik? Tunjukkanlah kepada-Ku mata uang untuk pajak itu." Mereka membawa suatu dinar kepada-Nya.

    Maka Ia bertanya kepada mereka: "Gambar dan tulisan siapakah ini?" Jawab mereka: "Gambar dan tulisan Kaisar." Lalu kata Yesus kepada mereka: "Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah."

    Renungan Harian Katolik Rabu 17 Agustus 2022 (Berikan yang Terbaik Untuk Tuhan dan Negara)


    Saudara terkasih, Hari ini adalah hari kemerdekaan Indonesia yang ke 77 tahun dan Bacaan Injil hari ini berbicara tentang membayar pajak kepada kaisar.

    Orang Farisi mencobai Yesus dengan bertanya, "Bolehkah membayar pajak kepada kaisar atau tidak?" Yesus memberi jawaban jitu yaitu "Berikanlah kepada kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada kaisar, dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah".



    Ada orang Katolik yang tidak mau terjun di tengah masyarakat, mereka tidak mau ikut kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di lingkungan tempat ia tinggal. Hal-hal kongkret seperti itulah yang harus kita berikan kepada "kaisar".

    Semua orang dari berbagai kalangan bisa menyumbangkan apa pun untuk Indonesia. Tantangan kita bersama adalah membangun kerukunan dan persatuan.

    Demikian Renungan Harian Katolik Rabu 17 Agustus 2022 Lengkap Dengan Renungan (Berikan yang Terbaik Untuk Tuhan dan Negara). Kiranya rumah bersama ini terus kita jaga, dan marilah kita sumbangkan dan kembangkan budaya rukun hidup bertetangga, berbangsa dan bernegara. Semoga***