Renungan Harian Katolik Minggu 14 Agustus 2022 Lengkap Dengan Bacaan Injil (Rahmat Yang Melimpah) -->

Renungan Harian Katolik Minggu 14 Agustus 2022 Lengkap Dengan Bacaan Injil (Rahmat Yang Melimpah)

Patris Trikora
Sabtu, Agustus 13, 2022

    Renungan Harian Katolik Minggu 14 Agustus 2022 Lengkap Dengan Bacaan Injil (Rahmat Yang Melimpah)


    "Diberkatilah engkau di antara semua perempuan dan diberkatilah buah rahimmu"


    Bacaan Injil Lukas 1:39-56 "Diberkatilah engkau di antara semua perempuan dan diberkatilah buah rahimmu"


    Beberapa waktu kemudian berangkatlah Maria dan langsung berjalan ke pegunungan menuju sebuah kota di Yehuda.

    Di situ ia masuk ke rumah Zakharia dan memberi salam kepada Elisabet. Dan ketika Elisabet mendengar salam Maria, melonjaklah anak yang di dalam rahimnya dan Elisabetpun penuh dengan Roh Kudus, lalu berseru dengan suara nyaring: "Diberkatilah engkau di antara semua perempuan dan diberkatilah buah rahimmu.

    Siapakah aku ini sampai ibu Tuhanku datang mengunjungi aku? Sebab sesungguhnya, ketika salammu sampai kepada telingaku, anak yang di dalam rahimku melonjak kegirangan.

    Dan berbahagialah ia, yang telah percaya, sebab apa yang dikatakan kepadanya dari Tuhan, akan terlaksana."

    Lalu kata Maria: "Jiwaku memuliakan Tuhan, dan hatiku bergembira karena Allah, Juruselamatku, sebab Ia telah memperhatikan kerendahan hamba-Nya. Sesungguhnya, mulai dari sekarang segala keturunan akan menyebut aku berbahagia, karena Yang Mahakuasa telah melakukan perbuatan-perbuatan besar kepadaku dan nama-Nya adalah kudus.

    Dan rahmat-Nya turun-temurun atas orang yang takut akan Dia. Ia memperlihatkan kuasa-Nya dengan perbuatan tangan-Nya dan mencerai-beraikan orang-orang yang congkak hatinya; Ia menurunkan orang-orang yang berkuasa dari takhtanya dan meninggikan orang-orang yang rendah; Ia melimpahkan segala yang baik kepada orang yang lapar, dan menyuruh orang yang kaya pergi dengan tangan hampa;

    Ia menolong Israel, hamba-Nya, karena Ia mengingat rahmat-Nya, seperti yang dijanjikan-Nya kepada nenek moyang kita, kepada Abraham dan keturunannya untuk selama-lamanya."

    Dan Maria tinggal kira-kira tiga bulan lamanya bersama dengan Elisabet, lalu pulang kembali ke rumahnya.

    Renungan Harian Katolik Minggu 14 Agustus 2022 (Rahmat Yang Melimpah)


    Saudara terkasih dalam Tuhan, dalam Bacaan Injil hari ini, kita melihat sukacita yang begitu besar dirasakan Bunda Maria dan Elisabet.

    Sukacita itu sifatnya melimpah, seperti sebuah gelas yang diisi penuh oleh air sehingga meluber atau tumpah.

    Orang yang mengalaminya tidak pernah bermaksud menyimpan sukacita itu untuk dirinya sendiri.

    Hatinya terdorong untuk menyebarkan sukacita itu kepada siapa saja. Setidaknya dia terpanggil untuk mengungkapkan sukacita yang dialaminya kepada seseorang yang menggemakan sukacita itu dalam sebuah kidung pujian.

    Demikianlah yang dialami oleh Bunda Maria setelah menerima kabar sukacita dari malaikat Gabriel. Dia langsung bergegas mengunjungi Elisabet saudarinya.

    Bunda Maria dan Elisabet adalah dua wanita yang mengalami rahmat sukacita. Mereka beroleh kasih karunia di hadapan Allah.

    Bunda Maria dipilih oleh Allah untuk mengandung Putra-Nya. Dan Elisabet yang disebut mandul itu rupanya telah mengandung seorang anak laki-laki pada hari tuanya.

    Terdorong perasaan sukacita ini, Bunda Maria mengunjungi Elisabet saudarinya dan menyampaikan salam.

    Mendengar salam itu, melonjaklah anak di dalam rahimnya dan Elisabet pun penuh dengan Roh Kudus.

    Sukacita adalah rahmat Allah yang dicurahkan kepada manusia. Sukacita bukanlah sebuah hasil kesuksesan manusia, tetapi adalah kelimpahan rahmat Allah yang dialami manusia.

    Ketika manusia dengan segala keterbatasannya menerima rahmat ini maka rasa sukacita meluap-luap di dalam hatinya, seperti perasaan seorang berdosa yang sungguh berani mengalami pengampunan dari Tuhan.

    Dalam hal ini manusia hanya butuh keterbukaan hati menerima kelimpahan rahmat Allah itu.

    Apakah kita percaya bahwa rahmat Allah itu berlimpah? Atau terbatas sebagaimana dunia sering memandangnya?

    Rahmat Allah itu melimpah. Namun apakah hati kita sudah terbuka untuk menerima kelimpahan rahmat Allah?

    Demikian Renungan Harian Katolik Minggu 14 Agustus 2022 Lengkap Dengan Bacaan Injil (Rahmat Yang Melimpah). Kiranya rahmat Tuhan Selalu mengalir dalam diri kita dan rahmat itu pula kita bagikan kepada sesama. Semoga***