Renungan Harian Katolik Kamis 1 September 2022 Lengkap Dengan Bacaan Injil (Dimana Ada Ketaatan Disitu Ada Mukjizat) -->

Renungan Harian Katolik Kamis 1 September 2022 Lengkap Dengan Bacaan Injil (Dimana Ada Ketaatan Disitu Ada Mukjizat)

Patris Trikora
Rabu, Agustus 31, 2022

    Renungan Harian Katolik Kamis 1 September 2022 Lengkap Dengan Bacaan Injil (Dimana Ada Ketaatan Disitu Ada Mukjizat)


    "Tetapi karena Engkau yang menyuruhnya, aku akan menebarkan jala juga"

    Bacaan Injil Lukas 5:1-11 "tetapi karena Engkau menyuruhnya, aku akan menebarkan jala juga"


    Pada suatu kali Yesus berdiri di pantai danau Genesaret, sedang orang banyak mengerumuni Dia hendak mendengarkan firman Allah.

    Ia melihat dua perahu di tepi pantai. Nelayan-nelayannya telah turun dan sedang membasuh jalanya. Ia naik ke dalam salah satu perahu itu, yaitu perahu Simon, dan menyuruh dia supaya menolakkan perahunya sedikit jauh dari pantai. Lalu Ia duduk dan mengajar orang banyak dari atas perahu.

    Setelah selesai berbicara, Ia berkata kepada Simon: "Bertolaklah ke tempat yang dalam dan tebarkanlah jalamu untuk menangkap ikan." Simon menjawab: "Guru, telah sepanjang malam kami bekerja keras dan kami tidak menangkap apa-apa, tetapi karena Engkau menyuruhnya, aku akan menebarkan jala juga."

    Dan setelah mereka melakukannya, mereka menangkap sejumlah besar ikan, sehingga jala mereka mulai koyak.

    Lalu mereka memberi isyarat kepada teman-temannya di perahu yang lain supaya mereka datang membantunya. Dan mereka itu datang, lalu mereka bersama-sama mengisi kedua perahu itu dengan ikan hingga hampir tenggelam.

    Ketika Simon Petrus melihat hal itu iapun tersungkur di depan Yesus dan berkata: "Tuhan, pergilah dari padaku, karena aku ini seorang berdosa."

    Sebab ia dan semua orang yang bersama-sama dengan dia takjub oleh karena banyaknya ikan yang mereka tangkap; demikian juga Yakobus dan Yohanes, anak-anak Zebedeus, yang menjadi teman Simon. Kata Yesus kepada Simon: "Jangan takut, mulai dari sekarang engkau akan menjala manusia."

    Dan sesudah mereka menghela perahu-perahunya ke darat, merekapun meninggalkan segala sesuatu, lalu mengikut Yesus.

    Renungan Harian Katolik Kamis 1 September 2022 (Dimana Ada Ketaatan Disitu Ada Mukjizat)


    Saudara terkasih, Dalam Bacaan Injil hari ini ayat yang ke-3 dikisahkan bahwa "Yesus naik ke dalam salah satu perahu itu, yaitu perahu Simon, dan menyuruh dia supaya menolakkan perahunya sedikit jauh dari pantai. Lalu Ia duduk dan mengajar orang banyak dari atas perahu."

    Sesungguhnya Tuhan sudah menyediakan berkat bagi anak-anak-Nya yang mau berjalan menurut kehendak-Nya.

    Simon, sebelum menikmati berkat Tuhan, terlebih dahulu menyediakan perahunya bagi Tuhan sebagai sarana untuk memberitakan firman Kerajaan sorga.

    Tidak sedikit dari kita yang ingin memperoleh berkat dan mujizat dari Tuhan, tetapi enggan menyerahkan perahu hidupnya kepada Tuhan; mereka tak mau berkorban untuk pekerjaan Tuhan.

    Mereka sangat hitung-hitungan dengan Tuhan! Berkat yang mereka terima dari Tuhan tak pernah dikembalikan untuk memuliakan nama Tuhan.

    Simon, sekalipun malam itu tak memperoleh berkat sedikit pun, "...telah sepanjang malam kami bekerja keras dan kami tidak menangkap apa-apa," (Lukas 5:5), namun dengan rela hati menyerahkan perahunya kepada Tuhan untuk dipakai sebagai sarana pelayanan penginjilan.

    Walaupun demikian Simon sama sekali tak mengharapkan suatu imbalan jasa, ia juga tak mengeluhkan tentang kesulitan yang dialaminya kepada Tuhan, tapi Tuhan tahu persis apa yang telah terjadi pada Simon.



    Untuk memperoleh berkat dan mujizat dari Tuhan kita harus "tinggal" di dalam Tuhan dan firman-Nya (Yohanes 15:7).

    Sekalipun situasi dan keadaan tidak memungkinkan, asal kita mau taat akan perintah Tuhan, Dia pasti menolong.


    Setelah menerima berkat Simon tetaplah rendah hati, ia tak merasa bahwa ikan yang diperolehnya adalah karena kehebatannya sebagai nelayan: "Tuhan, pergilah dari padaku, karena aku ini seorang berdosa." (Lukas 5:8).

    Demikian Renungan Harian Katolik Kamis 1 September 2022 Lengkap Dengan Bacaan Injil (Dimana Ada Ketaatan Disitu Ada Mukjizat). Kiranya kita selalu menyiapkan hati dan iman kita untuk menjadi perahu Tuhan untuk berkarya dalam hidup kita. Semoa***