Injil Katolik Harian Sabtu 30 Juli 2022 Lengkap Renungan Matius 14:1-12 (Dikejar Dosa) -->

Injil Katolik Harian Sabtu 30 Juli 2022 Lengkap Renungan Matius 14:1-12 (Dikejar Dosa)

Patris Trikora
Jumat, Juli 29, 2022

    Injil Katolik Harian Sabtu 30 Juli 2022 Lengkap Renungan Matius 14:1-12 (Dikejar Dosa)


    "Kematian Yohanes Pembabtis"


    Bacaan Injil yang kita renungan hari ini diambil dari Matius 14:1-12 yang mengisahkan tentang Kematian Yohanes Pembabtis.

    Berikut Bacaan Injil Matius 14:1-12 "Kematian Yohanes Pembabtis"


    Pada masa itu sampailah berita-berita tentang Yesus kepada Herodes, raja wilayah. Lalu ia berkata kepada pegawai-pegawainya: "Inilah Yohanes Pembaptis; ia sudah bangkit dari antara orang mati dan itulah sebabnya kuasa-kuasa itu bekerja di dalam-Nya."

    Sebab memang Herodes telah menyuruh menangkap Yohanes, membelenggunya dan memenjarakannya, berhubung dengan peristiwa Herodias, isteri Filipus saudaranya.

    Karena Yohanes pernah menegornya, katanya: "Tidak halal engkau mengambil Herodias!" Herodes ingin membunuhnya, tetapi ia takut akan orang banyak yang memandang Yohanes sebagai nabi.

    Tetapi pada hari ulang tahun Herodes, menarilah anak perempuan Herodias di tengah-tengah mereka dan menyukakan hati Herodes, sehingga Herodes bersumpah akan memberikan kepadanya apa saja yang dimintanya.

    Maka setelah dihasut oleh ibunya, anak perempuan itu berkata: "Berikanlah aku di sini kepala Yohanes Pembaptis di sebuah talam."

    Lalu sedihlah hati raja, tetapi karena sumpahnya dan karena tamu-tamunya diperintahkannya juga untuk memberikannya.

    Disuruhnya memenggal kepala Yohanes di penjara dan kepala Yohanes itupun dibawa orang di sebuah talam, lalu diberikan kepada gadis itu dan ia membawanya kepada ibunya.

    Kemudian datanglah murid-murid Yohanes Pembaptis mengambil mayatnya dan menguburkannya. Lalu pergilah mereka memberitahukannya kepada Yesus.

    Renungan Katolik Harian Sabtu 30 Juli 2022 (Dikejar Dosa)


    Saudara terkasih dalam Tuhan, Herodes merupakan raja yang menguasai dan memerintah daerah Galilea.

    Sekalipun ia dijadikan "raja boneka" di bawah pemerintahan Romawi, ia tetap memiliki kekuasaan. Sayangnya, kekuasaannya tidak digunakan dengan bijaksana.

    Tindakannya mengambil istri saudaranya membuktikan sifatnya yang tidak bisa menahan nafsu.

    Memenjarakan Yohanes Pembaptis yang menegurnya menunjukkan bahwa dia tidak mau menerima teguran.

    Akhirnya, setelah membunuh Yohanes Pembaptis atas permintaan anak Herodias, dia dikejar-kejar rasa bersalah sehingga memandang Yesus sebagai kemunculan kembali Yohanes Pembaptis.

    Pengalaman Herodes mungkin juga dialami oleh orang lain, termasuk kita. Setelah melakukan kesalahan, kita terus-menerus dibayang-bayangi oleh kesalahan itu.

    Hidup kita merasa tidak tenang seperti dikejar-kejar oleh perasaan dihakimi di hadapan orang banyak. Keadaan seperti itu sangat tidak nyaman dan tenteram bagi kita.

    Lalu, bagaimana upaya kita supaya tidak dikejar oleh dosa atau kesalahan tersebut?

    Pertama, tidak berbuat dosa lagi. Artinya, menata ulang hidup kita dengan kehati-hatian sehingga meminimalkan kemungkinan jatuh ke dalam dosa. Jika tidak berbuat dosa, tentu tidak dibayang-bayangi oleh perasaan bersalah.


    Jika kesalahan itu dapat diperbaiki, segeralah perbaiki! Contohnya, saat merobohkan pagar tetangga, segeralah minta maaf dan memperbaikinya.

    Dengan demikian, kita berdamai dengan diri sendiri dan sesama yang kepadanya kita bersalah.

    Kenyataan bahwa manusia tak luput dari dosa bukan membuat kita merasa tak berharga dan berpengharapan.

    Dengan menyadari kelemahan itu, kita bisa mendekatkan diri kepada Tuhan, memohon pengampunan-Nya, dan menjalani kehidupan yang diperbarui.

    Tak ada kata terlambat untuk bertobat dan memperbaiki kesalahan. Dengan demikian, kita dapat hidup dengan tenteram tanpa dikejar dosa.

    Doa Renungan Katolik Harian Sabtu 30 Juli 2022 (Dikejar Dosa)


    Tuhan Yesus, ampunilah segala dosa dan kesalahan yang kami lakukan kepada sesama terutama kepada Engkau. Kami mohon berikanlah kami kekuatan untuk dapat mengakui dosa dan kesalahan kami kepada sesama dan juga kepada-Mu, agar kami tidak dihantui dan dibelenggu oleh kuasa kegelapan, Amin.

    Demikian Injil Katolik Harian Sabtu 30 Juli 2022 Lengkap Renungan Matius 14:1-12 (Dikejar Dosa). Kiranya kita senantiasa menjadi pribadi yang takut akan Tuhan dan selalu menghindari perbuatan-perbuatan yang menyakiti Tuhan dan sesama. Semoga***