Injil Katolik Harian Kamis 21 Juli 2022 Lengkap Renungan Matius 13:10-17 (Alasan Yesus Mengajar Menggunakan Perumpamaan) -->

Injil Katolik Harian Kamis 21 Juli 2022 Lengkap Renungan Matius 13:10-17 (Alasan Yesus Mengajar Menggunakan Perumpamaan)

Patris Trikora
Rabu, Juli 20, 2022

    Injil Katolik Harian Kamis 21 Juli 2022 Lengkap Renungan Matius 13:10-17 (Alasan Yesus Mengajar Menggunakan Perumpamaan)


    "Kepadamu diberi karunia untuk mengetahui rahasia Kerajaan Sorga, tetapi kepada mereka tidak"


    Bacaan Injil Katolik Harian Kamis 21 Juli 2022 untuk kita renungkan diambil dari Injil Matius 13:10-17 yang mengisahkan tentang Alasan Yesus Mengajar Menggunakan Perumpamaan


    Berikut Bacaan Injil Matius 13:10-17 "Kepadamu diberi karunia untuk mengetahui rahasia Kerajaan Sorga, tetapi kepada mereka tidak"


    Maka datanglah murid-murid-Nya dan bertanya kepada-Nya: "Mengapa Engkau berkata-kata kepada mereka dalam perumpamaan?"


    Karena siapa yang mempunyai, kepadanya akan diberi, sehingga ia berkelimpahan; tetapi siapa yang tidak mempunyai, apapun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya.

    Itulah sebabnya Aku berkata-kata dalam perumpamaan kepada mereka; karena sekalipun melihat, mereka tidak melihat dan sekalipun mendengar, mereka tidak mendengar dan tidak mengerti.


    Sebab hati bangsa ini telah menebal, dan telinganya berat mendengar, dan matanya melekat tertutup; supaya jangan mereka melihat dengan matanya dan mendengar dengan telinganya dan mengerti dengan hatinya, lalu berbalik sehingga Aku menyembuhkan mereka. Tetapi berbahagialah matamu karena melihat dan telingamu karena mendengar.

    Sebab Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya banyak nabi dan orang benar ingin melihat apa yang kamu lihat, tetapi tidak melihatnya, dan ingin mendengar apa yang kamu dengar, tetapi tidak mendengarnya.

    Renungan Katolik Harian Kamis 21 Juli 2022 (Alasan Yesus Mengajar Menggunakan Perumpamaan)



    Padahal, tidak semua orang mampu memahami bahasa perumpamaan. Apakah Yesus tidak mempertimbangkan kemungkinan lebih banyak orang mau menjadi murid-Nya ketika Ia mengajar dengan bahasa yang lugas? Hal ini mungkin tebersit dalam benak para murid, sehingga mereka mempertanyakannya.

    Yesus menjawab pertanyaan para murid dengan mengatakan bahwa perumpamaan menegaskan sifat rahasia Kerajaan Surga.

    Hanya orang tertentu yang dapat memahaminya, yakni mereka yang membuka hati untuk dibentuk menurut kehendak Allah.

    Allah berinisiatif, manusia menanggapinya dengan iman. Inisiatif Allah mutlak diperlukan untuk menyatakan rahasia Kerajaan Allah dan membimbing manusia agar merespons pewartaan Kerajaan Allah dengan iman.

    Bagi orang yang membuka hati akan terjadi proses bertanya, mencari, beroleh tuntunan dan aktif mengimani, sehingga terjadi pertumbuhan rohani.

    Sebaliknya, perumpamaan akan membuat orang bebal semakin mengalami kebutaan rohani berkelanjutan dan Kerajaan Surga semakin tertutup baginya.

    Para murid menyatakan ketidakmengertian mereka kepada Yesus, sehingga Yesus memberi penjelasan dan menerangi hati mereka. Langkah iman inilah yang membuat mereka beroleh pengertian.


    Kebenaran firman Tuhan adalah anugerah, yang akan dinyatakan bagi setiap orang yang mau membuka hati untuk menerimanya. Lalu bagaimanakah dengan kita?

    Doa Renungan Katolik Harian Kamis 21 Juli 2022 (Alasan Yesus Mengajar Menggunakan Perumpamaan)


    Ya Allah, kami senantiasa memohon berkat-Mu agar kami kuat dan tetap setia kepada-Mu walaupun banyak menghadapi godaan dan tantangan hidup ini. Kami juga memohon kiranya kami senantiasa dibimbing dan dituntun agar kami mampu menjadi pribadi yang peka akan pesan dari Firman-Mu yang Kudus, Amin.

    Demikian Injil Katolik Harian Kamis 21 Juli 2022 Lengkap Renungan Matius 13:10-17 (Alasan Yesus Mengajar Menggunakan Perumpamaan). Kiranya kita semua membuka hati dan pikiran kita untuk menerima Firman Tuhan dan setia menjalankannya. Semoga***