Injil Katolik Harian Jumat 29 Juli 2022 Lengkap Renungan Yohanes 11:19-27 (Percaya Kepada Yesus Sang Mesias) -->

Injil Katolik Harian Jumat 29 Juli 2022 Lengkap Renungan Yohanes 11:19-27 (Percaya Kepada Yesus Sang Mesias)

Patris Trikora
Kamis, Juli 28, 2022

    Injil Katolik Harian Jumat 29 Juli 2022 Lengkap Renungan Yohanes 11:19-27 (Percaya Kepada Yesus Sang Mesias)


    "Ya, Tuhan, aku percaya, bahwa Engkaulah Mesias, Anak Allah, Dia yang akan datang ke dalam dunia"


    Bacaan Injil yang kita renungkan hari ini diambil dari Yohanes 11:19-27 yang mengisahkan tentang bagimana Kepercayaan Marta Kepada Yesus sehingga saudaranya Lazarus dibangkitkan dari kematian


    Berikut Bacaan Injil Yohanes 11:19-27 "Ya, Tuhan, aku percaya, bahwa Engkaulah Mesias, Anak Allah, Dia yang akan datang ke dalam dunia"


    Di situ banyak orang Yahudi telah datang kepada Marta dan Maria untuk menghibur mereka berhubung dengan kematian saudaranya.

    Ketika Marta mendengar, bahwa Yesus datang, ia pergi mendapatkan-Nya. Tetapi Maria tinggal di rumah.

    Maka kata Marta kepada Yesus: "Tuhan, sekiranya Engkau ada di sini, saudaraku pasti tidak mati.

    Tetapi sekarangpun aku tahu, bahwa Allah akan memberikan kepada-Mu segala sesuatu yang Engkau minta kepada-Nya."


    Kata Marta kepada-Nya: "Aku tahu bahwa ia akan bangkit pada waktu orang-orang bangkit pada akhir zaman."

    Jawab Yesus: "Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati, dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada-Ku, tidak akan mati selama-lamanya. Percayakah engkau akan hal ini?"


    Renungan Katolik Harian Jumat 29 Juli 2022 (Percaya Kepada Yesus Sang Mesias)


    Saudara terkasih, mengaku percaya kepada Tuhan mudah dilakukan hanya di bibir saja tetapi bila suatu saat menghadapi suatu masalah hidup maka iman percayanya kepada Tuhan menjadi goyah.

    Biasanya masalah ekonomi dan penyakit menjadi momok yang menggoncangkan iman seseorang bila jawaban Tuhan yang dinantikannya tak kunjung tiba.

    Kita yang pernah bergelut pada masalah ekonomi atau masalah sakit penyakit tentunya tahu betul bagaimana pahit dan perih ketika mengalaminya.

    Dalam Bacaan Injil hari ini terutama pada ayat yang ke 20 dan 21, Kita lihat bagaimana respon Marta saat Yesus baru tiba di rumahnya padahal beberapa hari sudah dikabari meminta Yesus menjenguknya sebab saudaranya yaitu Lazarus sedang sakit tetapi karena Yesus tidak segera datang ternyata sudah meninggal dunia.

    Bukankah kita juga seringkali bersikap seperti Marta yang menyalahkan Tuhan kenapa tidak segera menolong padahal sudah lama kita berdoa memohon pertolongan namun tidak mendapat jawaban segera.



    Kita mesti mengenal Tuhan lebih dalam lagi supaya iman kita tidak mudah goyah dan tetap mempercayai Tuhan walaupun permasalahan kita belum terjawab.


    Setelah kita mengenal Tuhan lebih dekat maka kita bisa sabar menanti jawaban atas doa-doa permohonan sebab kita yakin Tuhan memberikan yang terbaik biat kita meskipun bisa saja jawaban Tuhan tidak persis sama seperti yang kita minta.

    Marta mulanya komplain kepada Yesus mengapa begitu lama Yesus baru datang namun dengan imannya Marta percaya pasti Yesus sanggup berbuat sesuatu atas kematian adiknya, Lazarus.

    Namun ketika Yesus mengatakan Lazarus akan bangkit dan setelah mendengar penjelasan Yesus maka akhirnya Marta semakin percaya kepada Yesus.

    Dari kisah ini terbukti bahwa iman bertumbuh bila mau percaya kepada setiap firman yang kita dengar dan tidak berdebat tentang firman Tuhan tetapi percaya saja seraya memohon peneguhan dari Roh Kudus.


    Dengan demikian, kita harus sungguh percaya maka dapat menyaksikan Kemuliaan Allah. Sekali lagi yang dimaksud percaya disini adalah bukan sekedar percaya tetapi mempercayakan seluruh hidup dikuasai oleh Tuhan Allah, artinya kita menjalani hidup menurut jalan Tuhan.

    Maka pertanyaan reflektif bagi kita adalah apakah kita sungguh mempercayai Tuhan dengan segenap hati dan seluruh hidup kita)

    Doa Renungan Katolik Harian Jumat 29 Juli 2022 (Percaya Kepada Yesus Sang Mesias)


    Tuhan Yesus, kami percaya, bahwa Engkaulah Mesias, Anak Allah yang akan datang ke dalam dunia. Kami juga percaya bahwa Engkaulah Kebangkitan dan Hidup. Kami mohon kuatkanlah Iman Percaya kami akan Dikau sehingga kami senantiasa berkenan dihadapan-Mu, Amin.

    Demikian Injil Katolik Harian Jumat 29 Juli 2022 Lengkap Renungan Yohanes 11:19-27 (Percaya Kepada Yesus Sang Mesias). Kiranya kita semakin percaya dan mempercayakan seluruh hidup untuk dikuasai oleh Tuhan Allah. Semoga***