Injil dan Renungan Katolik Hari Ini Sabtu 16 Juli 2022 (Melayani Sesama) -->

Injil dan Renungan Katolik Hari Ini Sabtu 16 Juli 2022 (Melayani Sesama)

Patris Trikora
Jumat, Juli 15, 2022

    Injil dan Renungan Katolik Hari Ini Sabtu 16 Juli 2022 (Melayani Sesama)


    "Lihatlah, itu Hamba-Ku yang Kupilih, yang Kukasihi, yang kepada-Nya jiwa-Ku berkenan"


    Injil Matius 12:14-21 "Lihatlah, itu Hamba-Ku yang Kupilih, yang Kukasihi, yang kepada-Nya jiwa-Ku berkenan"


    Lalu keluarlah orang-orang Farisi itu dan bersekongkol untuk membunuh Dia. Tetapi Yesus mengetahui maksud mereka lalu menyingkir dari sana. Banyak orang mengikuti Yesus dan Ia menyembuhkan mereka semuanya.

    Ia dengan keras melarang mereka memberitahukan siapa Dia, supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi Yesaya:


    Ia tidak akan berbantah dan tidak akan berteriak dan orang tidak akan mendengar suara-Nya di jalan-jalan. Buluh yang patah terkulai tidak akan diputuskan-Nya, dan sumbu yang pudar nyalanya tidak akan dipadamkan-Nya, sampai Ia menjadikan hukum itu menang. Dan pada-Nyalah bangsa-bangsa akan berharap."

    Renungan Katolik Hari Ini Sabtu 16 Juli 2022 (Melayani Sesama)


    Saudara yang dikasihi Tuhan, dalam Injil hari ini ada satu hal yang sangat aneh yaitu dikatakan: Orang-orang Farisi bersekongkol hendak membunuh Yesus, tetapi dengan tenang Yesus menyingkir dan menyembuhkan orang-orang sakit yang mengikuti-Nya dan semuanya menjadi sembuh.

    Yesus tidak bergeming sedikit pun atas ancaman orang-orang yang memusuhinya. Maka Yesus melarang orang-orang yang disembuhkan atau yang menyaksikan mukjizat ini untuk menyebarluaskan kejadian ini agar tidak semakin memanaskan hati para lawan-Nya.

    Yesus tidak ingin diketahui siapakah Diri-Nya yang sebenarnya, sebab orang-orang Farisi menolak bahwa Yesus adalah utusan Allah dan Mesias.

    Lalu, bagaimanakah sikap Yesus yang rendah hati ini dilukiskan oleh Nabi Yesaya: sikap Yesus ini tergambar dalam ayat 18-21.


    Dalam pribadi Yesus penuh dengan Roh Kudus untuk mewartakan hukum Tuhan kepada semua bangsa.

    Yesus tidak pernah berteriak-teriak untuk memaksakan ajaran-Nya, Ia tidak pernah berbantah, tetapi menyerahkan keputusan kepada setiap orang yang mau menerima ataupun menolak-Nya.

    Bahkan Tuhan Yesus tidak menyingkirkan orang yang lemah imannya, seperti buluh yang terkulai dan patah atau sumbu yang mulai pudar nyalanya. Namun sebaliknya Yesus mau membangkitkan semangat mereka.


    Kita juga menerima setiap orang walaupun lemah imannya atau sudah suram semangatnya. Justru merekalah yang perlu kita rangkul. Walaupun kita ditolak tetapi tidak perlu kita memusuhinya dan tetap melaksanakan tugas kita.

    Doa Renungan Katolik Hari Ini Sabtu 15 Juli 2022 (Melayani Sesama)


    Tuhan Yesus, terima kasih atas perlindungan dan rahmat yang selalu Engkau sediakan bagi kami, ajarilah kami juga untuk selalu setia dalam melayani Engkau dan sesama, Amin.

    Demikian Injil dan Renungan Katolik Hari Ini Sabtu 15 Juli 2022 (Melayani Sesama). Kiranya kita semua akan menjadi pewarta yang berkenan kepada Bapa dan dipenuhi dengan Roh-Nya. Semoga***