Renungan Harian Katolik Pesta Santa Perawan Maria Bunda Gereja Hari ini Senin 6 Juni 2022 -->

Renungan Harian Katolik Pesta Santa Perawan Maria Bunda Gereja Hari ini Senin 6 Juni 2022

Senin, Juni 06, 2022

    Renungan Harian Katolik Pesta Santa Perawan Maria Bunda Gereja Hari ini Senin 6 Juni 2022

    Pesta Santa Perawan Maria Bunda Gereja Hari ini Senin 6 Juni 2022


    Renungan katolik hari raya S.P Maria Bunda Gereja diangkat dari Bacaan Suci yaitu: Kitab Kejadian 3:9-15.20; dan Injil Yohanes 19:25-34

    Sebagai seorang pengikut Kristus Tuhan kita harus sadar bahwa Dalam iman Katolik, karena Yesus telah mengangkat kita menjadi sahabat-sahabatNya, maka dengan itu Ibu Maria adalah Bunda kita; Bunda Gereja.

    Berdasarkan kisahnya, yaitu sekitar pada Tahun 431 Konsili Ephesus secara resmi menegaskan iman kita, bahwa Perawan Maria adalah Bunda Yesus dan karena itu juga Bunda Allah.

    Oleh karena itulah Maria merupakan Bunda Gereja yang Kudus.

    Bunda Maria yang kudus sebagai Bunda Gereja Itulah yang kita rayakan pada hari ini Senin 6 Juni 2022.

    Di dalam kitab Kejadian 3:9-15.20 sudah dinubuatkan akan kehadiran seorang Bunda Maria, ketika Adam dan Hawa baru saja berdosa; langsung Allah menjanjikan hadirnya “Perempuan yang akan melahirkan Pria, yang akan seutuhnya menghancurkan Setan”.

    Jika dilihat dari karya keselamatan yang di selenggarakan bahwa Maria penyelamat kita dan sementara itu, Hawa itu ibu kita menurut kodrat penciptaan Allah.

    Sebagai insan beriman akan kebenaran Kristus Tuhan kita, maka marilah kita mensyukuri bahwa peran serta Maria dan gereja kita amatlah besar.

    Peran serta Maria sebagai Bunda kita dalam menjaga hubungan dengan Penebusan kit yakni Tuhan kita Yesus Kristus.

    Kisah para Rasul 1:12-14 memaparkan kepada kita, bahwa Gereja sungguh “meng-Ibu” kepada Maria, bahkan ketika Tuhan Yesus Kristus sudah wafat, bangkit dan naik ke surga.

    Jadi bersama Yohanes, seluruh Rasul dan murid-murid Tuhan yang terdekat, senantiasa menempatkan Maria, sebagai Bunda persekutuan mereka.

    Sebab injil Yohanes 19:25-34 secara amat dekat dan mendalam secara intens mempersatukan Maria dengan Yohanes dan para murid-Nya.

    Di situ nampak, bahwa dalam pengorbanan hidup Sang Guru, Ia juga memberikan IbuNya sebagai Bunda Yohanes dan kita semua.

    Nantinya, langkah demi langkah, Gereja mengakui iman kepada Allah dan Sang Putera, berkat bimbingan Roh Kudus, seraya menyambut perlindungan Maria sebagai Bunda.

    Sudahkah kita meneladani dan menghormati Bunda Maria sebagai pengatara doa kita dan sebagai Bunda yang engasihi kita?

    Demikian Renungan Harian Katolik Pesta Santa Perawan Maria Bunda Gereja Hari ini Senin 6 Juni 2022.***