Renungan Harian Air Hidup: Jumat 3 Juni 2022 (Untuk Segala Sesuatu Ada Waktunya Pengkhotbah 3:1-15 ) -->

Renungan Harian Air Hidup: Jumat 3 Juni 2022 (Untuk Segala Sesuatu Ada Waktunya Pengkhotbah 3:1-15 )

Kamis, Juni 02, 2022

    Renungan Harian Air Hidup: Jumat 3 Juni 2022 (Untuk Segala Sesuatu Ada Waktunya Pengkhotbah 3:1-15 )


    Renungan Harian Air Hidup: Jumat 3 Juni 2022 (Untuk Segala Sesuatu Ada Waktunya Pengkhotbah 3:1-15 )

    Renungan harian Kristen ini kiranya menyadarkan kita tentang arti sebuah masa.

    Bahwasannya segala sesuatu yang ada di bawah kolong langit ini selalu bertergantungan terhadap waktu.

    Banyak kisah film yang menghendaki agar manusia dapat mengalahkan waktu dimana keanggkuhan manusia yang ingin menciptakan mesin yang bisa kembali ke masa lalu dan bisa pergi ke masa depan.

    Namun kita tahu bahwa ketidakmampuan manusia dalam mengontrol apa yang sedang dan akan terjadi sering kali membuat dirinya terbawah kepada sebuah kondisi menyesal.

    Bacaan suci harian hari ini menekankan kepada kita manusia bahwa, betapa lemahnya manusia yang mampu mengendalikan masa depan.

    Sebab Alkitab katakan "Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apa pun di bawah langit ada waktunya" (1).

    Jika kita pahami, pada 7 ayat dengan 14 pasang merism yang menekankan ada waktu untuk mengalami hal-hal yang baik dan menyenangkan, tetapi juga yang buruk dan menyedihkan (2-8).

    Nas tersebut di atas menunjukkan bahwa sebenarnya kita tidak dapat mengatur apa yang akan bakal terjadi saat ini dan masa depan.

    Jangan heran jika Pengkhotbah memberikan respon dengan kalimat, "apakah untung pekerja dari yang dikerjakannya dengan berjerih payah" (9; bdk. 1:3)?

    Tentu bahwa ia sangat menyadari bahwa manusia harus bekerja dan berjerih payah karena itu semua akan diberikan oleh Allah (10).

    Meski demikian, ada hal positif yang dapat dipetik dan dipelajari.

    Kita harus tahu dan memahami bahwa, didalam ketidakmampuan kita manusia dalam hal mengontrol apa yang terjadi, Tuhan mengendalikan segala sesuatu dan "Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya" (11).

    Sebab jika kita bagi bahwa nas hari ini menekankan ada waktu untuk lahir" (2) dan pasangan terakhir dengan kalimat "ada waktu untuk damai" (8).

    Bahwasannya Allah merancang sedemikian rapih dan indah kehidupan kita sebagai mansuia yang percaya akan eksistensNya dalam hidup kita.

    Walaupun begitu banyak sekali kesulitan dalam hidup yang terkadang membuat kita letih dan frustasi.

    Walaupun kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa yang akan datang atau masa depan, melalui nas hari ini Pengkhotbah telah memberitahukan bahwa Tuhan akan membuat segalanya indah pada waktunya.

    Dan ini merupakan sebuah kepastian dan bukanlah sebuah hal-hal yang sia-sia.

    Karena itu, kita harus beriman bahwa Allah merancang kehidupan orang percaya untuk berakhir denganShalom dalam hadiratNya.

    Marilah kita menjalani hidup dengan optimis dan tabah.

    Demikian Renungan harian air hidup kristen hari ini Jumat 3 Juni 2022 2022 (Untuk Segala Sesuatu Ada Waktunya Pengkhotbah 3:1-15 ).*