DOA NOVENA ROH KUDUS HARI KE-8 JUMAT 3 JUNI 2022 ROH KUDUS MENDORONG AKSI NYATA -->

DOA NOVENA ROH KUDUS HARI KE-8 JUMAT 3 JUNI 2022 ROH KUDUS MENDORONG AKSI NYATA

Selasa, Mei 31, 2022

    DOA NOVENA ROH KUDUS HARI KE-8 JUMA 3 JUNI 2022 ROH KUDUS MENDORONG AKSI NYATA



    Pengantar

    Umat yang terkasih, Upaya Keuskupan Agung Jakarta untuk menjadi sebuah gerakan dan persekutuan umat Allah yang semakin mengasihi, peduli dan bersaksi, harus diwujudkan sebagai aksi nyata. Kita menyadari keterbatasan yang ada maka kita mohon pertolongan Roh Kudus agar kita dapat melakukan pertobatan dan mampu mencapai kepenuhan hidup kristiani dengan sukacita dengan berbuat sesuatu bagi sesama.

    Doa Pembuka
    Marilah kita berdoa (hening sejenak)Allah yang penuh kasih, kami bersyukur karena Putera-Mu yang tunggal, telah menjadikan kami sebagai anggota Gereja-Nya yang selalu dijiwai dan diarahkan oleh Roh Kudus. Semoga kekuatan Roh-Mu turun atas kami, agar kami mampu melakukan tindakan nyata mengasihi sesama kami dalam hidup sehari-hari. Demi Kristus Tuhan dan pengantara kami, yang bersama Dikau dalam persekutuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah sepanjang segala masa. Amin.

    Bacaan:

    Bacaan I : Kis. 25:13-21

    Mazmur : Mzm. 103:1-2,11-12,19-20ab

    Bacaan Injil : Yoh. 21:15-19

    Inspirasi Renungan

    Kata Yesus kepadanya untuk ketiga kalinya : “Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?” Maka sedih hati Petrus karena Yesus berkata untuk ketiga kalinya “Apakah engkau mengasihi Aku?”.
    Dan ia berkata kepada-Nya : “Tuhan, Engkau tahu segala sesuatu, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau. Kata Yesus kepadanya “Gembalakanlah domba-domba-Ku.” (Yoh.21:17)

    Sebagaimana Yesus meminta Simon Petrus untuk menggembalakan dombadomba-Nya demikian kita juga diminta untuk turut ‘menggembalakan’ sesama kita untuk mengarah kepada Yesus. Kita melakukan tindakan nyata sebagai seorang kristiani yang menampakkan wajah Yesus sehingga membawa sesama kita kepada Yesus sendiri.

    Refleksi Pribadi

    Sudahkah saya memberi contoh dalam hidup sehari-hari sebagai pengikut Yesus? Sudahkah saya melakukan perbuatan-perbuatan baik kepada sesama?

    Doa Umat
    I : Allah Bapa kami, cahaya-Mu telah membuka jalan bagi kami menuju hidup kekal dengan memuliakan Putera-Mu dan mengutus Roh Kudus-Mu. Maka marilah kita panjatkan permohonan-permohonan kita
    L : Umat menjawab : “Utuslah Roh Kudus-Mu, ya Tuhan”

    L : Bagi para pemimpin Gereja
    Semoga Roh Kudus dicurahkan untuk mendampingi dan melimpahkan rahmat kebijaksanaan bagi para pemimpin Gereja agar menjadi gembala yang baik dan murah hati seturut teladan Yesus sendiri. Marilah kita mohon:

    U : Utuslah Roh Kudus-Mu, ya Tuhan

    L : Bagi bangsa Indonesia
    Semoga Roh Kudus meresap dalam hati setiap lapisan masyarakat agar hidup rukun dan damai dan saling bahu-membahu meringankan beban sesama. Marilah kita mohon:

    U : Utuslah Roh Kudus-Mu, ya Tuhan

    L : Bagi sesama yang berkebutuhan khusus
    Semoga berkat Roh Kudus mereka dimampukan untuk melihat kebaikan Allah lewat orang-orang yang melayani mereka, bersyukur dengan apa yang mereka miliki serta ikut mewartakan kabar sukacita yang mereka terima. Marilah kita mohon :

    U : Utuslah Roh Kudus-Mu, ya Tuhan

    L : Bagi kita semua Semoga berkat Roh Kudus, kita berani menjawab panggilan Tuhan untuk ambil bagian dalam penggembalaan umat Allah dengan terlibat dalam tindakan nyata mengasihi di mana pun kita berada. Marilah kita mohon:

    U : Utuslah Roh Kudus-Mu, ya Tuhan

    I : Bapa kami di surga, demikianlah doa-doa permohonan kami. Semoga dengan daya IlahiMu, Engkau sudi mengabulkannya, sehingga kami dapat menghasilkan buah-buah rahmat-Mu demi keselamatan dunia. Demi Kristus, Tuhan dan Pengantara kami. U : Amin.

    Doa Persiapan Persembahan


    Allah Bapa Mahakasih, terimalah doa-doa yang kami panjatkan ke hadirat-Mu bersama persembahan kurban ini. Sudilah Engkau menyucikannya dengan rahmatMu agar kami layak menerima anugerah surgawi yang agung. Demi Kristus, Tuhan dan Pengantara kami. Amin.

    Doa Sesudah Komuni

    Ya Allah, kami bersyukur Kau perkenankan ikut serta dalam kehidupan IlahiMu serta karya penggembalaan Putera-Mu. Semoga kami semakin bertumbuh dalam kasih dan melakukan tindakan nyata menyalurkan berkat kasihMu kepada sesama kami sehingga kami layak disebut sebagai murid Putera-Mu. Dialah Tuhan dan pengantara kami. Amin.

    DEMIKIAN DOA NOVENA ROH KUDUS HARI KE-8 JUMAT 3 JUNI 2022 ROH KUDUS MENDORONG AKSI NYATA.***