Santapan Rohani Sabtu 2 April 2022, Seperti Membangun Lumbung Dalam Sehari -->

Santapan Rohani Sabtu 2 April 2022, Seperti Membangun Lumbung Dalam Sehari

Patung Bernyawa
Sabtu, April 02, 2022

    Santapan Rohani Sabtu 2 April 2022, Seperti Membangun Lumbung Dalam Sehari

    Santapan Rohani Terbaru Sabtu 2 April 2022, Seperti Membangun Lumbung Dalam Sehari
    Santapan Rohani Terbaru Sabtu 2 April 2022, Seperti Membangun Lumbung Dalam Sehari


    Di Bangun Bersama Untuk Melayani


    Di bawah pimpinan-Nya, semua anggota tubuh itu tersusun rapih, dan saling di hubungkan oleh sendi-sendinya masing-masing. —Efesus 4:16 BIS

    Baca 1 Korintus 12:18-30


    Orang-orang Amish membangun lumbung dengan cara bergotong royong. Butuh waktu berbulan-bulan bagi seorang petani dan keluarganya untuk membangun lumbung, tetapi orang-orang Amish dapat membangun lumbung dengan sangat cepat karena mereka bekerja bergotong-royong.

    Cara mereka mempersiapkan lumbung juga di lakukan sedini mungkin untuk menghemat waktu. Kayunya sudah dikumpulkan jauh-jauh hari, perkakas untuk perlengkapan membangun lumbung pun telah di persiapkan lebih awal.

    Orang-orang Amish berkumpul pagi-pagi buta Sebelum mulai membangun lumbung. Mereka berkumpul untuk membagi tugas terlebih dahulu, dan sama-sama bekerja membangun lumbung yang kadang-kadang bisa selesai dalam sehari.

    Itulah contoh yang tepat mengenai Visi Misi Allah yang akan kita Renungi pada edisi kali ini. Alkitab menulis, “Kamu semua adalah tubuh Kristus dan kamu masing-masing adalah anggotanya.(1 Kor 12:27)

    Allah sudah melengkapi setiap hari kita secara berbeda dan membagi-bagi tugas yang perlu di kerjakan oleh kita masing-masing “seperti yang seharusnya” sebagai bagian dari satu tubuh yang “tersusun rapih,” dan saling dihububgkan(Ef 4:16 BIS). Dalam komunitas juga kita dinasehati untuk “saling membantu menanggung beban” (Gal 6:2 BIS)

    Namun, terkadang kita lebih senang melakukannya seorang diri. Kita menyembunyikan kebutuhan kita, karena kita tetap ingin memegang kendali. Atau kita lalai untuk memperhatikan dan membantu memikul beban kebutuhan orang lain.

    Namun, Allah ingin kita terhubung dengan sesama dan bekerja sama. Dia tahu hal-hal indah akan terjadi karena bila kita mendapatkan bantuan orang lain dan berdoa bagi kebutuhan mereka.

    Hanya dengan bergantung kepada satu sama lain, kita dapat mengalami berkat yang telah Allah sediakan untuk kita, dan menyelesaikan rencana-Nya yang luar biasa bagi hidup kita seperti mebangun lumbung dalam sehari.

    Renungkan


    Apa yang menghalangi Anda untuk menceritakan semua kebutuhan Anda kepada orang lain? Apa yang dapat Anda lakukan hari ini untuk melihat dan memikul beban orang lain?

    Doa


    Allah maha kasih, aku tahu terkadang aku sangat tertutup, sehingga tidak membiarkan orang lain masuk dalam hidupku. Tolonglah aku untuk melangkah keluar dan mengizinkan mereka untuk menolongku.

    Wawasan


    Sebagian tujuan Paulus dalam 1 Korintus 12-14 sepertinya untuk mengoreksi pandangan di tengah jemaat yang menyatakan bahwa mereka yang dapat berkata-kata dengan bahasa lidah mempunyai kedudukan rohani lebih tinggi daripada mereka yang tidak memilikinya.

    Ada beragam perdebatan tentang maksud dari “berkata-kata dengan....bahasa malaikat (13:1), tetapi dari 1 Korintus 12-14 kita jelas melihat bagaimana semua orang percaya memberikan kontribusi yang sama pentingnya.

    Namun yang terpenting adalah kita saling menghargai dan melayani dengan “jalan yang terbaik(12:13 BIS) dalam kasih.

    Santapan Rohani Terbaru Sabtu 2 April 2022, Seperti Membangun Lumbung Dalam Sehari