Renungan Saat Teduh Hari Ini Senin 25 April 2022 (Manusia Baru) -->

Renungan Saat Teduh Hari Ini Senin 25 April 2022 (Manusia Baru)

Patung Bernyawa
Minggu, April 24, 2022

    Renungan Saat Teduh Hari Ini Senin 25 April 2022 (Manusia Baru)

    Renunga Harian Air Hidup 2022


    MANUSIA BARU


    Bacaan Alkitab: 1 TIMOTIUS 1:12-17

    Dengan demikian, aku menjadi contoh bagi mereka yang kemudian percaya kepada-Nya dan mendapat hidup yang kekal. (1 Timotius 1:16b)

    Dria Inggris bernama John Newton adalah kapten kapal bengis yang membawa budak-budak dari daratan Afrika untuk dijual seperti binatang dalam pelelangan. Sungguh mengherankan pria yang sama menulis lagu Amazing Grace, lagu paling terkenal di kalangan orang-orang kulit hitam di seluruh dunia. Saat menulis lagu, Newton sudah menjadi manusia baru.

    la menjadi pendeta dan berjuang menentang perdagangan budak. Di usia- nya ke-82 dan dalam kondisi buta, tidak lama sebelum meninggal Newton berkata, "Ingatanku hampir hilang, namun dua hal tetap kuingat bahwa aku adalah pendosa besar dan bahwa Kristus adalah Juru Selamat besar"

    Pria Yahudi bernama Paulus, dari Tarsus tanah Kilikia adalah penganiaya jemaat yang ganas. Sungguh mengherankan pria yang sama giat membuktikan Yesus adalah Mesias (Kis. 9:22). Saat membuktikan Yesus adalah Mesias, Paulus sudah menjadi manusia baru.

    Tuhan Yesus menjumpainya dalam perjalanannya ke kota Damsyik. la menjadi penginjil dan membawa banyak jiwa kepada Yesus. Dua hal Paulus selalu ingat bahwa ia pendosa (bahkan paling berdosa) dan Kristus Yesus datang ke dunia untuk menyelamatkan orang berdosa (ay. 15).

    Pengalaman John Newton dan Paulus adalah contoh bagi kita, orang-orang durhaka yang kemudian percaya kepada Allah (ay. 16b). Mungkin bengis atau ganas diri kita di masa lalu (atau bahkan sekarang ini), namun kita dapat berubah.

    Kita dapat menjadi manusia baru yang bertindak seturut kehendak Allah. Dan tentunya, kita juga memperoleh jaminan kehidupan kekal. Satu tindakan perlu kita lakukan, yakni datang kepada Yesus dan menerima-Nya sebagai Tuhan dan Juru Selamat.

    “Sekelam apa pun kehidupan seseorang, Yesus mampu mengubahkannya menjadi manusia baru.”

    Bacaan AIkitab Setahun: 1 Raja-raja 9-11