Renungan Mazmur Dan Santapan Harian Jumat 1 April 2022 -->

Renungan Mazmur Dan Santapan Harian Jumat 1 April 2022

Patung Bernyawa
Jumat, April 01, 2022

    Renungan Mazmur Dan Santapan Harian Jumat 1 April 2022

    Renungan Mazmur Dan Santapan Harian Jumat 1 April 2022
    Renungan Mazmur Dan Santapan Harian Jumat 1 April 2022


    Raja Yang Memelihara Kita


    Gembala dalam konsep perjanjian lama juga ditujukan kepada raja. Dengan demikian, kita perlu melihat Daud sedang memuji Tuhan yang adalah Rajanya sebagai Raja yang memelihara segala aspek kehidupannya.

    Domba dapat dikatakan sebagai binatang yang lemah dan tak berdaya yang tidak dapat hidup tanpa gembalanya. Karena itu, sang gembala harus melakukan banyak hal bagi dombanya. Seorang gembala yang baik akan memberikan ketenangan (2), pemulihan (3a), tuntunan (3b), perlindungan (4), kebutuhan sehari-hari (5a), kesembuhan (5b), kenikmatan, dan kepuasan (6) kepada domba-dombanya. Sebagai respons, domba akan mengenali suara gembalanya, sehingga domba dapat mengikuti ke mana pun gembalanya pergi.

    Sama seperti seorang gembala yang memenuhi segala kebutuhan dombanya, Tuhan sebagai Raja kita juga memenuhi segala kebutuhan kita. Ia memberi kita ketenangan di tengah kesulitan hidup, pemulihan ketika jiwa kita letih, serta tuntunan dalam kebingungan kita. Tuhan juga melindungi kita dari segala bahaya. Ia juga menyediakan makanan kita sehari-hari, dan memberi kita kesembuhan dari penyakit. Intinya, Tuhan sebagai Raja memberikan pemeliharaan supaya kita dapat menjalani kehidupan yang penuh dengan tantangan ini. Karena itu, selayaknya domba, kita harus mengenal suara Tuhan yang adalah Raja kita agar kita dapat mengikuti-Nya.

    Alkitab mengajarkan bahwa anugerah Tuhan tidak menghilangkan tanggung jawab manusia. Karena itu, kita harus bisa mengenali suara Tuhan yang memelihara dan menuntun kita supaya kita dapat hidup menjalankan pekerjaan-pekerjaan baik yang sudah Allah persiapkan sebelumnya (lih. Ef. 2:10).

    Dengan demikian, ketika kita menjumpai kesulitan dan mara bahaya sekalipun, kita tidak perlu takut. Raja kita akan memberi kita ketenangan, pemulihan, tuntunan, perlindungan, dan penyertaan-Nya. Marilah kita hidup dengan penuh rasa syukur karena kita memiliki Raja yang memelihara kita dengan begitu luar biasa.

    Mazmur 23:1-6 (Teks Alkitab Yang Terbuka)


    Tuhan Adalah Gembalaku

    1. Nyanyian Daud. Tuhan adalah gembalaku. Aku tidak kekurangan apapun.
    2. Dia membaringkanku di padang rumput hijau. Dia menuntunku, ke tepi air yang tenang
    3. Di memulihkan jiwaku. Dia menuntun aku di jalan-jalan kebenaran oleh karena nama-Nya
    4. Walaupun aku berjalan melewati lembah bayang-bayang kematian, aku takkan takut bahaya, karena Engkau bersamaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itu yang menghiburku.
    5. Engkau mengatur meja di hadapanku, di depan musuh-musuhku. Engkau mengurapi kepalaku dengan minyak; pialaku berlimpah-limpah.
    6. Sesungguhnya, kebaikan dan kasih setia-Mu akan mengikutiku pada segala masa, dan aku akan tinggal di rumah TUHAN, sepanjang hidup.
    Demikian Renungan Mazmur Dan Santapan Harian Jumat 1 April 2022!