Renungan Harian Saat Teduh Hari Raya Paskah Minggu 17 April 2022 -->

Renungan Harian Saat Teduh Hari Raya Paskah Minggu 17 April 2022

Patung Bernyawa
Sabtu, April 16, 2022

    Renungan Harian Saat Teduh Untuk Hari Raya Paskah Minggu 17 April 2022

    Renungan Harian Saat Teduh Untuk Hari Raya Paskah Minggu 17 April 2022
    Renungan Harian Saat Teduh Untuk Hari Raya Paskah Minggu 17 April 2022


    Pertukaran Terbesar


    Bacaan Alkitab Renungan Hari Raya Paskah 2022


    1 YOHANES 5:6-12


    Siapa yang memiliki Anak, ia memiliki hidup; siapa yang tidak memiliki Anak, ia tidak memiliki hidup. (1 Yohanes 5:12)

    Jauh sebelum orang mengenal uang, sistem barter ditempuh apabila individu atau kelompok masyarakat hendak melakukan jual beli atau transaksi barang. Tanpa adanya pertemuan di antara dua belah pihak yang saling membutuhkan dan kecocokan terhadap barang yang dibawa oleh masing-masing pihak, mustahil terjadi pertukaran sebagaimana mereka kehendaki.

    Kekristenan pun mengenal pertukaran yang menyangkut karya Allah dalam hidup orang percaya. Salib menandai pertukaran terbesar yang dilakukan-Nya dengan tidak menyayangkan Anak-Nya sendiri (Rm. 8:32).

    Pertukaran tersebut murni inisiatif dari Allah untuk mengatasi ketidakberdayaan manusia. Inisiatif Allah berujung pada hidup kekal bagi siapa saja yang percaya kepada Anak-Nya (ay. 11).

    Pertukaran di atas kayu salib ditempuh Allah sebagai satu-satunya jalan untuk menjawab kebutuhan akan keselamatan dari setiap orang yang dikasihi-Nya. Jawaban atas kebutuhan hakiki tersebut bekerja ketika seseorang mengalami perjumpaan dengan Kristus dan merasakan kasih-Nya yang begitu besar memuaskan dirinya.

    Cara kerja pertukaran semacam ini mengisyaratkan berlakunya prinsip Coincidence is God's way of remaining anonymous. Hanya kehendak Allah yang bakal menjamin, bahwa siapa memiliki Anak, ia memiliki hidup (ay. 12).

    Bagi orang percaya, salib merupakan jawaban atas kebutuhan keselamatan dalam ketidakberdayaan manusia menyelamatkan hidupnya. la mengalami kedahsyatan pertukaran terbesar sebagai bagian dari kehendak Allah, yang kelak akan membawanya menikmati kehidupan kekal.

    Pertukaran terbesar di atas kayu salib menandai karya agung Allah dalam hidup orang percaya.

    Bacaan Alkitab Setahun: 2 Samuel 17-18