Renungan Harian Saat Teduh Hari Ini (Kamis 28 April 2022) Tuhan Yang Melengkapi -->

Renungan Harian Saat Teduh Hari Ini (Kamis 28 April 2022) Tuhan Yang Melengkapi

Rabu, April 27, 2022

    Renungan Harian Saat Teduh Hari Ini (Kamis 28 April 2022)

    Renungan Saat Teduh Hari Ini
    Renungan Saat Teduh 28 April 2022


    TUHAN YANG MELENGKAPI


    Bacaan Alkitab: Efesus 4:1-16


    Dan lalah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil, maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar, untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus,” Efesus 4:11-12

    Tuhan adalah Pribadi yang bertanggung jawab. Dia tidak hanya mengutus orang-orang yang dipilihNya, tetapi Dia juga yang akan memberikan kemampuan dan memperlengkapinya dengan karuniaNya. Salah satu contohnya adalah Musa.

    Saat Tuhan memanggil untuk memimpin bangsa lsrael, pada mulanya Musa merasa tidak mampu, punya banyak kelemahan, tidak fasih bicara dan diliputi keraguan apakah bangsa Israel mempercayainya, tetapi Tuhan meyakinkan Musa bahwa Dia sendiri yang hendak menyertai dan memperlengkapinya dengan kuasa dan mujizat, yang akhirnya terbukti bahwa Musa mampu memimpin bangsa lsrael keluar dari tanah Mesir.

    Tuhan memanggil kita untuk melakukan pekerjaan besarNya di muka bumi ini. Tetapi seringkali kita berpikir bahwa kita tidak mampu, tidak sanggup, punya banyak kekurangan dan ribuan dalih untuk menghindar dari tugas pelayanan pekerjaan Tuhan. FirmanNya dengan tegas menyatakan bahwa “.. Allah, sumber segala kasih karunia yang telah memanggil kamu dalam Kristus kepada kemuliaan-Nya yang kekal, akan melengkapi, meneguhkan, menguatkan dan mengokohkan kamu,...” (1 Petrus 5:10)

    Kapan pun Tuhan memberi kita sebuah tugas, Dia selalu memperlengkapi kita dengan apa yang kita butuhkan untuk menyelesaikannya. Dia membekali kita dengan karunia-karunia rohani untuk digunakan dalam pelayanan, suatu kemampuan 'khusus' yang diberikan Tuhan bagi orang-orang percaya.

    Karunia rohani itu merupakan bukti anugerah Tuhan bagi anak-anakNya. Berkenaan dengan hal ini, kita juga tidak bisa memilih karunia apa yang kita inginkan, Tuhan sendiri yang menentukannya: “Ada rupa-rupa karunia, tetapi satu Roh. Dan ada rupa-rupa pelayanan, tetapi satu Tuhan.” (1 Korintus 12:4-5), tetapi semuanya dikerjakan oleh Roh yang satu dan yang sama.

    Karunia-karunia rohani yang diberikan Tuhan bagi kita bukan untuk kebaikan diri sendiri, tetapi untuk kebaikan orang lain, sama seperti orang lain diberi karunia demi kebaikan kita.

    Temukan dan kembangkan karunia-karunia rohani yang ada pada kita!