Renungan Harian Air Hidup Jumat 29 April 2022 (Allah Penebusku) -->

Renungan Harian Air Hidup Jumat 29 April 2022 (Allah Penebusku)

Patung Bernyawa
Kamis, April 28, 2022

    Renungan Harian Air Hidup Jumat 29 April 2022 (Allah Penebusku)

    Renungan Harian Air Hidup Kristen 2022
    Renungan Air Hidup


    ALLAH PENEBUSKU


    Bacaan Alkitab hari ini: Mazmur 65


    Lirik sebuah lagu rohani “Dosa dapat dihapus hanya oleh darah Yesus” menyampaikan sebuah fakta penting dalam hidup ini, yaitu bahwa manusia tidak mampu menghapus dosanya sendiri. Banyak orang yang berpikir bahwa mereka bisa menebus dosa mereka dengan melakukan berbagai perbuatan baik.

    Namun, firman Tuhan dengan jelas mengajarkan bahwa dosa hanya dapat dihapus oleh Allah sendiri, karena dosa apa pun yang kita lakukan merupakan dosa terhadap Allah. Ketika kita melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan kehendak Allah, kita berdosa. Jadi, dosa itu pertama-tama berkaitan dengan Allah.

    Kita berdosa terhadap Allah karena Dialah Pencipta diri kita. Kita diciptakan untuk menjadi berkat bagi sesama dan untuk memuliakan Dia. Bila kita tidak mencapai maksud Allah terhadap diri kita, berarti bahwa kita sudah hidup di dalam dosa.

    Daud berkata dalam mazmur yang kita baca hari ini bahwa saat pelanggaran-pelanggaran mereka melebihi kekuatan mereka, maka Allah yang menghapuskannya (65:4).

    Dalam Alkitab Terjemahan Lama disebutkan bahwa Allah mengadakan grafirat-artinya pendamaian atau penebusan-bagi pelanggaran-pelanggaran itu (bandingkan dengan upacara Hari Raya Pendamaian di Imamat 16).

    Daud bergumul untuk melawan kecenderungan berbuat dosa. la ingin mengalahkan keberdosaannya. Sayangnya, kecenderungan berbuat dosa itu melampaui kekuatannya. Oleh karena itu, ia datang kepada Allah untuk memohon pengampunan dosa melalui korban penebusan.


    Daud mengatakan bahwa Allah akan menyediakan penebusan bagi pelanggaran-pelanggarannya. Penebusan yang dikerjakan oleh Allah sendiri itu merupakan nubuat tentang kedatangan Sang Mesias yang disediakan Allah untuk menjadi korban tebusan yang sempurna bagi orang percaya. Tanpa penebusan dosa, kita tidak dapat menikmati berkat Tuhan dalam hidup ini. Jika kita masih hidup di dalam dosa, kita tidak akan mengalami damai sejahtera, sehingga kita tidak dapat menikmati berkat yang Tuhan berikan.

    Berkat ini secara khusus merupakan berkat rohani (Efesus 1:3), tetapi Allah juga memberi berkat jasmani melalui pemeliharaan-Nya atas dunia ini (Mazmur 65:10-14).

    Apakah Anda sudah mengalami pengampunan yang berasal dari Tuhan? Bila Anda berbuat dosa, apakah Anda segera meminta pengampunan dosa dan meminta Roh Kudus menolong Anda untuk bisa hidup berkenan kepada-Nya?