Renungan Harian Air Hidup Edisi 21 April 2022, Gembalakanlah DombaKu -->

Renungan Harian Air Hidup Edisi 21 April 2022, Gembalakanlah DombaKu

Kamis, April 21, 2022

    Renungan Harian Air Hidup Edisi 21 April 2022

    Renungan Harian Air Hidup April 2022
    Renungan Harian Air Hidup 2022


    Gembalakanlah Domba-Domba-Ku


    Bacaan Alkitan Hari Ini: Yohanes 21:15-19


    Sesudah sarapan Yesus berkata kepada Simon Petrus: “Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku lebih daripada mereka ini”? Jawab Petrus kepada-Nya: “Benar Tuhan, Engkau tahu bahwa aku mengasihi Engkau.” Kata Yesus kepadanya: “Gembalakanlah domba-domba-Ku.”-Yohanes 21:15

    Bacaan Alkitab hari ini khusus membicarakan tentang Petrus. Saat Tuhan Yesus menghadapi Pengadilan Agama Yahudi, Petrus menyangkal Tuhan Yesus sampai tiga kali, padahal sebelumnya la sempat sesumbar dengan berkata, "Biarpun mereka semua tergoncang imannya karena Engkau, aku sekali-kali tidak." (Matius 26:33), dan juga mengatakan, "Aku akan memberikan nyawaku bagi-Mu!" (Yohanes 13:37).

    Sayangnya, kata-kata yang indah itu hanya omong kosong karena dia gagal merealisasikan perkataannya (18:17,25-27). Karena Petrus menyangkal Tuhan Yesus sampai tiga kali, Tuhan Yesus juga memulihkan Petrus dengan tiga kali bertanya, "Apa engkau mengasihi Aku?" Pertanyaan Tuhan Yesus itu tidak dimaksudkan untuk menghakimi atau menghancurkan semangat Petrus, melainkan untuk memulihkan semangat Petrus.

    Saat Tuhan Yesus bertanya untuk ketiga kalinya, "Apakah engkau mengasihi Aku?" Petrus merasa sedih karena pengulangan pertanyaan sampai tiga kali itu mengingatkan bahwa Petrus telah menyangkal Gurunya sebanyak tiga kali. Akan tetapi, pertanyaan ketiga itu tidak mengubah jawaban Petrus.

    Bahkan, Petrus berkata, "Tuhan, Engkau tahu segala sesuatu, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau." Jawaban ini memperlihatkan bahwa Petrus yakin bahwa Tuhan Yesus masih mau menerima dirinya yang pernah gagal dan menyangkal Tuhan Yesus sebanyak tiga kali.

    Salah satu hal yang menarik dalam percakapan di atas adalah bahwa setiap kali Petrus menjawab bahwa ia mengasihi Tuhan Yesus, Tuhan Yesus berkata, "Gembalakanlah domba-domba-Ku." Tugas yang diberikan Tuhan Yesus kepada Petrus bukan hanya menjadi "Penjala Manusia" atau Tugas Penginjilan, melainkan "Menggembalakan domba-domba Kristus" atau Tugas Pemuridan.

    Tugas ini bukan hanya ditujukan kepada Petrus, tetapi juga kepada murid-murid yang lain, dan tugas itu harus terus dilanjutkan dari generasi ke generasi.

    Saat ini, tugas yang sama juga diberikan kepada Anda dan saya. Apakah Anda mengasihi Tuhan Yesus? Tahukah Anda bahwa mengasihi Tuhan itu harus diwujudkan dengan melakukan perintah-perintah-Nya, dan salah satu perintah yang tidak boleh diabaikan adalah perintah untuk menjadi penjala manusia dan untuk menggembalakan domba-domba Allah?

    Apakah Anda sudah terlibat dalam pelaksanaan tugas penginjilan dan tugas penggembalaan itu?