Meski Dibebastugaskan, 3 Kadis Pemprov NTT Mengaku Tetap Loyal Kepada Gubernur Viktor Laiskodat -->

Meski Dibebastugaskan, 3 Kadis Pemprov NTT Mengaku Tetap Loyal Kepada Gubernur Viktor Laiskodat

Patung Bernyawa
Kamis, April 07, 2022

    Tiga Kepala Dinas (Kadis) di lingkup Pemprov NTT baru saja diberikan sanksi oleh Gubernur NTT Viktor Laiskodat karena dinilai berkinerja buruk.

    Gubernur NTT Viktor Laiskodat Menonaktifkan 3 Kadis di jajaran Pemprov NTT
    Gubernur NTT Viktor Laiskodat Menonaktifkan 3 Kadis di jajaran Pemprov NTT


    Kepala Dinas (Kadis) yang dibebas tugaskan oleh Gubernur NTT itu ialah Kadis Sosial NTT Jamaluddin Ahmad, Kadis Pengelola Perbatasan Daerah NTT Petrus Seran Tahuk, dan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Linus Lusi.

    3 Kadis Mengaku Tetap Loyal Kepada Gubernur


    Meski begitu, ketiganya mengaku tetap Loyal dan menghormati keputusan Gubernur serta mengaku akan memperbaiki kinerja instansi yang dikelola ketiganya.

    Mereka beranggapan, Sanksi pembebasan tugas merupakan bagian dari pembinaan dan motivasi agar terus meningkatkan kinerja dalam memberikan pelayanan publik.

    Bagaimana pun itu, pelayanan publik itu mempertaruhkan marwah pemerintah, sehingga kita tetap menjaga Pak Gubernur dan Pak Wagub yang benar-benar tegas dalam memperhatikan kinerja pelayanan publik,” Ujar Jamaluddin Ahmad seperti melansir Pos Kupang, Kamis 7 April 2022.

    Mantan ketua PWNU NTT itu mengakui salah satu faktor yang menyebabkan dirinya dibebastugaskan Gubernur adalah karena Kinerja pada Instansi yang dipimpinnya turun.

    Menurutnya ada beberapa temuan yang kini sudah dan terus dibenahi. Temuan itu kata Jamaluddin menyakut Indikator utama yakni pelayanan publik.

    Kami tetap ada di kantor walaupun cuti sehingga tetap melakukan pembenahan, mungkin tanda tangan saja yang tidak (bisa),” Lanjut Jamaluddin Ahmad

    Jamaluddin berharap, Gubernur NTT Viktor B Laiskodat dan Wagub Josef Nae Soi memberikan pejabat pelaksana tugas dari internal Dinas Sosial sehingga memahami betul hal yang perlu dibenahi.

    Kami tiga sudah ketemu pak Sekda, Pak Wagub dan Pak Gubernur sehingga kami menyampaikan bahwa kami tetap menjaga kepercayaan dan keputusan pimpinan,” Katanya.

    Sementara itu, Kepala Badan Pengelola Perbatasan Daerah NTT Petrus Seran Tahuk tidak menyangkal bahwa dirinya juga termasuk dari tiga Kepala Dinas yang dibebas tugaskan Gubernur Viktor Laiskodat. Dia bahkan mengaku akan mengambil cuti tiga bulan pasca dibebastugaskan.

    Menurutnya, apa yang dilakukan Gubernur NTT sebagai bentuk pembangunan sistem yang benar serta memotivasi Aparatur Sipil Negara yang lainnya untuk lebih meningkatkan kinerja.

    Ini terapi yang benar agar semua OPD kerja dengan baik, saya terima keputusan ini, dan tetap patuh, karena penilaian ini sangat profesional dan sistematis,” Ujar Petrus

    Hal senada juga disampaikan oleh kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Linus Lusi. Ia juga berkomitmen untuk terus melakukan pembenahan demi meningkatkan kinerja pelayanan publik.

    Seperti diketahui sebelumnya, Gubernur NTT Membebastugaskan tiga kepala dinas lingkup Pemprov NTT pada Rabu 6 April 2022 karena berkinerja buruk.