Kotbah Renungan Harian Air Hidup Minggu 24 April 2022 -->

Kotbah Renungan Harian Air Hidup Minggu 24 April 2022

Sabtu, April 23, 2022

    Kotbah dan Renungan Harian Air Hidup Minggu 24 April 2022

    Renungan Harian Air Hidup 2022
    Renungan Air Hidup Minggu 24 April 2022


    Allah Menjamin Kemenangan Umat-Nya


    Bacaan Alkitab hari ini: Mazmur 60


    Daud menyadari bahwa kemenangan orang Israel di dalam peperangan berasal dari Allabh. Allah yang berperang bagi orang Israel sehingga mereka bisa mendapatkan kemenangan. Ketika mereka mengalami kekalahan, pasti ada sesuatu di dalam kehidupan orang Israel yang tidak berkenan kepada Allah. Daud meminta agar Allah yang murka memulihkan mereka (60:3).

    Daud memercayai anugerah pengampunan dari Allah, sehingga ia datang kepada Allah untuk memohon agar Allah kembali memberi kemenangan kepada mereka. Daud mengetahui bahwa Allah yang setia kepada perjanjian-Nya akan memberikan kemenangan kepada orang yang takut akan Dia. Allah adalah Yehova Nissi, artinya TUHANlah panji-panjiku (Keluaran 17:15).

    Panji-panji adalah bendera yang biasanya berbentuk segitiga memanjang dan merupakan simbol kebesaran atau kebanggaan. Daud mengatakan, "Kepada mereka yang takut kepada-Mu telah Kauberikan panji-panji, tanda untuk berlindung terhadap panah" (60:6).

    Pemberian panji-panji merupakan tanda perlindungan Tuhan kepada umat-Nya. Kemenangan orang Israel selalu berasal dari Allah.

    Daud menuliskan Mazmur 60 ini sebagai seorang nabi yang menyampaikan firman yang diilhamkan oleh Allah. Allah adalah Pemilik Israel darn la bersukacita atas umat-Nya dan atas kemenangan yang la berikan kepada umat-Nya. la adalah Allah atas srael dan atas bangsa-bangsa lain. Allah berfirman tentang otoritasnya atas daerah-daerah Israel. Sikhem, Sukot, Gilead, Manasye, Efraim dan Yehuda mewakili Israel sebagai milik kepunyaan-Nya (60:8-9).

    Allah juga berfirman tentang otoritas-Nya atas daerah- berfirman tentang otoritas-Nya atas daerah-daerah dan bangsa-bangsa lain. Allah menyebut Moab, Edom, dan Filistea (60:10-11). la adalah Pemilik dan Penguasa atas segala bangsa.

    Daud menutup Mazmur 60 ini dengan keyakinan bahwa Allah akan memberi kemenangan kepada mereka. Daud mengakui bahwa Allah adalah Pemilik kuasa atas segala bangsa. Penyelamatan dari manusia akan sia-sia (60:13).

    Bersama Allah, orang Israel akan melakukan perbuatan-perbuatan gagah perkasa, sebab Allah sendiri akan

    menginjak-injak para lawan mereka (60:14). Yehova Nissi atau TUHANIah panji-panjiku merupakan jaminan kemenangan bagi umat-Nya karena la adalah Allah yang berkuasa atas ciptaan-Nya.

    Apakah Anda sudah hidup takut akan Allah, mengakui otoritas-Nya atas hidup Anda, dan Anda sudah menyembah Dia? [GI Wirawaty Yaputri]