Santapan Rohani Hari Ini (31 Maret 2022), Kedutaan Allah -->

Santapan Rohani Hari Ini (31 Maret 2022), Kedutaan Allah

Patung Bernyawa
Kamis, Maret 31, 2022

    Santapan Rohani Hari Ini (31 Maret 2022), Kedutaan Allah

    Santapan Rohani Hari Ini (31 Maret 2022), Kedutaan Allah
    Santapan Rohani Hari Ini (31 Maret 2022)


    Duta Kerajaan Surga


    Apabila engkau mengadakan perjamuan, undanglah orang-orang miskin, orang-orang cacat, orang-orang lumpuh dan orang-orang buta. Dan engkau akan bahagia —Lukas 14:13-14


    Baca Lukas 14:7-14


    Ludmilla, Seorang janda berusia 82 tahun, menyatakan rumahnya di Republik Ceko sebagai “Duta Kerajaan Surga”. Ia berkata “Rumahku adalah perluasan dari kerajaan Kristus”. Ia menyambut siapa saja, baik teman maupun orang asing, yang sedang menderita dan membutuhkan penderitaan yang hangat.

    Lumilla terkadang menyediakan untuk mereka makanan dan tempat tidur selalu dengan semangat penuh belas kasih dan doa. Dengan mengandalkan karya Roh Kudus untuk menolongnya dan mengurus para tamu, Ludmilla bersukacita melihat cara Allah menjawab doa-doa mereka.

    Ludmilla melayani Tuhan Yesus dengan membuka pintu hati dan pintu rumahnya. Ini sangat berbeda dengan pemimpin agama terkemuka yang mengundang Yesus makan pada hari sabat.

    Yesus memberitahu ahli Taurat itu bahwa ia harus mengundang “orang-orang miskin, orang-orang cacat, orang-orang lumpuh dan orang-orang buta” ke rumahnya dan bukan mereka yang dapat membalas undangannya” (Luk 14:13).

    Komentar Yesus mengisyaratkan bahwa orang farisi itu menjamu Yesus karena kesombongannya (Ay 12), sementara Ludmilla, berabad-abad kemudian, mengundang orang ke rumahnya agar ia dapat menjadi “Alat kasih dan hikmat Allah”.

    Melayani orang lain dengan rendah hati adalah salah satu cara kita dapat menjadi “Duta Kerajaan Surga” seperti dikatakan Ludmilla. Meskipun kita tidak selalu dapat menyediakan tumpangan bagi orang asing, Kita dapat menempatkan kepentingan orang lain di atas kepentingan kita sendiri dengan cara-cara yang unik dan kreatif. Jadi, bagaimana cara anda memperluas kerajan Allah dalam lingkungan pergaulan anda hari ini?.

    Renungkan


    Menurut Anda, bagaimana reaksi orang farisi itu, ketika Yesus memintanya mengubah sikap? Bagaimana cara anda membuat orang lain merasa disambut dengan baik?.

    Doakan


    Tuhan Yesus, Aku bersyukur, engkau memlihara mereka yang membutuhkan pertolongan. Jadikanlah aku seperti diri-Mu, rela memedulikan sesama dan menyatakan kasih-Mu kepada mereka.

    Baca Juga: Santapan Rohani Edisi 30 Maret 2022

    Wawasan


    Dalam Injilnya, Lukas seringkali menyoroti kejadian dibalik perumpamaan Yesus (Lihat Lukas 12:13; 15:1-2; 19:19; 19:11). Dalam pasal 14, kita membaca bahwa, “Yesus melihat, bahwa tamu-tamu berusaha menduduki tempat-tempat kehormatan(Ay 7).

    Protokol jamuan makan Zaman kuno menetapkan bahwa dua tempat paling terhormat adalah sisi kanan dan kiri sang penjamu (Matius 20:21).

    Perumpamaan ini mengajarkan kepada kita bahwa lebih baik merendahkan diri, daripada direndahkan orang lain, suatu peringatan yang sering disampaikan Yesus (matius 23:12; Lukas 18:14).

    Dengan Kristus senagai Acuan, Paulus mengajarkan kita untuk “menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus” (Filipe 2:5). Meskipun Yesus adalah Allah, Dia rela menjadi seorang hamba manusia. —K.T SIM

    BACAAN ALKITAB SETAHUN
    (Hakim-hakim 11-12, Lukas 6:1-26)

    Santapan Rohani Hari Ini (31 Maret 2022), Kedutaan Allah