Santapan Rohani Hari Ini (28 Maret 2022), Damai SejahteraNya -->

Santapan Rohani Hari Ini (28 Maret 2022), Damai SejahteraNya

Patung Bernyawa
Minggu, Maret 27, 2022

    Santapan Rohani Hari Ini (28 Maret 2022), Damai SejahteraNya


    Santapan Rohani Hari Ini 28 Maret 2022
    Santapan Rohani Hari Ini 28 Maret 2022


    Yang hatinya teguh kaujagai dengan damai sejahtera, sebab kepada-Mulah ia percaya. -Yesaya 26:3

    Bacaan Santapan Rohani Hari Ini


    (Yesaya 26:3-7)

    Selama beberapa bulan saya menghadapi politik dan intrik hebat ditempat kerja. Sebenarnya saya orang yang mudah mengkhatirkan segala sesuatu, jadi saya heran saat itu saya justru merasa tenang.

    Alih-alih merasa was-was, saya justru dapat merespon keadaan itu dengan pikiran dan hati yang tenang. Saya tahu damai sejahtera itu hanya mungkin datang dari Allah.

    Sebaliknya, ada suatu masa dalam hidup saya ketika segalanya berjalan mulus, tetapi hati saya begitu kacau. Saya tahu itu terjadi karena saya mengandalkan kemampuan saya sendiri dari pada mempercayai Allah dan KepemimpinanNya.

    Jika mengingat kembali hal itu, saya menyadari bahwa damai yang sejati, yaitu damai sejahtera Allah, tidak ditentukan oleh keadaan kita, mlainkan kepercayaan kita kepadaNya.

    Kita mengalami damai sejahtera Allah ketika hati kita teguh (Yesaya 26:3). Dalam bahasa ibrani, yang yang dipakai untuk Teguh berarti “bersandar pada”.

    Ketika pada Allah, kita akan mengalami kehadiranNya yang membawa ketenangan. Kita dapat mempercayai Allah, dengan mengingat bahwa Dia akan merendahkan mereka yang congkak dan jahat, serta meluruskan jalan mereka yang mengasihiNya (Ay 5-7)

    Ketika saya mengalami damai sejahtera di masa sulit, dan bukan ketika segalanya terasa mudah, saya menemukan bahwa damai sejahtera Allah bukan berarti tidak ada konflik, melainkan satu rasa aman yang mendalam di tengah kesukaran.

    Itulah damai sejahtera yang melampaui segala akal, dan yang memelihara hati serta pikiran kita di tengah keadaan yang tersulit sekalipun. (Flp 4:6-7)

    Renungkanlah


    Apa yang anda lakukan untuk mengalami damai sejahtera? Dalam area hidup mana saja anda perlu semakin mempercayai Allah dan bersandar kepadaNya.


    Doa Santapan Rohani


    Ya Bapa, tolong aku mempercayaiMu dan memiliki hati yang teguh. Terima kasih atas damai sejahtera sempurna yang kualami, ketika aku memilih mempercayaiMu


    Wawasan Santapan Rohani


    Dalam pasal-pasal sebelum Yesaya 26:3-7 yang penuh dengan pengharapan, kita membaca frasa “pada waktu itu/pada hari itu” sebanyak tiga puluh delapan kali. Nabi Yesaya mengantisipasi suatu waktu yang ditandai dengan penghakiman ilahi yang gencar terhadap mereka yang mengabaikan dan melawan perintah-perintah Allah.

    Saaaran utama Murka Allah adalah kecongkakan manusia dan pemerintahan mereka yang mencari keuntungan diri sendiri.

    Sang nabi menulis, “ Sebab Ia sudah menundukkan penduduk tempat tinggi; kota yang berbenteng telah direndahkanNya, direndahkanNya sampai ke tanah, dan dicampakkanNya sampai ke debu(Ay 5).

    Kemungkinan ini tidak merujuk kepada kota tertentu, melainkan sutu deklarasi puitis tentang murka Allah terhadap sistem-sistem duniawi yang melawan Dia.

    Namun, Yesaya juga kenubuatkan suatu waktu ketika keadilan, kebenaran dan kedamaian akan berkuasa. “pada waktu itu” para korban “orang yang congkak” (BIS) akan berjalan dalam kemenangan di atas reruntuhan dan puing-puing perbuatan para penindas mereka (Ay 5-6).

    Santapan Rohani Hari Ini (28 Maret 2022), Damai SejahteraNya