Santapan Rohani Hari Ini (30 Maret 2022) -->

Santapan Rohani Hari Ini (30 Maret 2022)

Patung Bernyawa
Rabu, Maret 30, 2022

    Santapan Rohani dan Renungan Kristen Hari Ini (30 Maret 2022)

    Santapan Rohani dan Renungan Kristen Hari Ini (30 Maret 2022)
    Santapan Rohani dan Renungan Kristen Hari Ini (30 Maret 2022)


    Allah Membersihkan Semua Noda


    Sekalipun dosamu merah seperti Kirmizi, akan menjadi putih seperti salju; sekalipun berwarna merah seperti kain kesumba, akan menjadi putih seperti bulu domba- Yesaya 1:18


    Baca Yesaya 1:10-18


    Bagaimana jika pakian kita bisa bersih sendiri setelah tertumpah saos tomat, kecap, atau minuman? Menurut kantor berita BBC, para insinyur di Tiongkok telah mengembangkan “lapisan khusus untuk membuat katun bisa bersih sendiri dari noda dan bau ketika terkena sinar Ultraviolet”. Bisakah anda bayangkan ketika anda memiliki pakian yang seperti itu?

    Lapisan yang bisa bersih sendiri mungkin dapat digunakan untuk pakian bernoda, tetapi untuk jiwa yang ternoda hanya Allah yang dapat melakukannya.

    Pada masa Yehuda kuno, Allah murka kepada umatNya karena mereka “ berpaling membelakangi Dia”, menjerumuskan diri dalam korupsi dan kejahatan, serta menyembah berhala (Yes 1:2-4).

    Namun yang lebih buruk, mereka coba membersihkan diri dengan mempersembahkan korban, membakar dupa, dan mengucapkan banyak doa dan berkumpul dalam persekutuan yang khusyuk. Akan tetapi hati mereka, hari mereka yang penuh dosa dan kemunafikan tidak berubah (Ay 12:13)

    Mereka perlu dengan sadar dan penyesalan membawa noda jiwa kepada Allah yang kudus dan penuh kasih. Kasih karuniaNya akan membersihkan mereka dan mengubah batin mereka “menjadi putih seperti salju” (Ay 18).

    Ketika berdosa, kita tidak sanggup membersihkan diri sendiri. Dengan kerendahan hati dan penyesalan, kita harus mengakui semua dosa-dosa kita dan meletakkannya di bawah terang kekudusan Allah yang menyucikan.

    Kita harus berbalik dari dosa-dosa itu dan kembali kepada Allah. Kemudian Dia, satu-satunya Pribadi yang membersihkan noda jiwa, akan menawarkan kepada kita pengampunan dan pemulihan hubungan yang total.

    Renungkanlah


    Ketika Roh kudus menyingkap dosa-dosa anda, bagaimana respon anda? Bagaimana cara Yohanes menggambarkan proses anda? Membawa dosa kepada Allah lalu bertobat (Baca 1 Yoh 1:9)

    Doakan


    Ya Bapa, ampuni aku karena mengabaikan atau mencoba menghapus dosa-dosaku sendiri. Aku tahu, hanya Engkau yang dapat membersihkan noda-noda jiwaku. Aku mengakui dan menyesalinya, dan kini aku berbalik kepadaMu.

    Wawasan Baru


    Kitab Yesaya merupakan penglihatan yang diterima sang Nabi dari Allah, ditunjuk kepada israel, bangsa yang sedang memberontak (1:1-2). Allah sangat murka atas kejahatan dan dosa mereka (Ay 4).

    Penafsir Barry Webb menulis: “Ibadah mereka telah diceraikan dari keadilan, dan anak-anak yatim serta para janda telah menjadi korban utamanya(Ay 17)

    Pengorbanan yang mereka serahkan dalam ibadah hanyalah cara untuk menarik keuntungan. Nabi Mikha, yang hidup sezaman dengan Yesaya, menyatakan apa yang Allah tuntut: “Berlaku adil, mencintai kesetian dan hidup dengan rendah hati dihadapan Allahmu(Mikha 6:8).

    Namun, meskipun Allah patut murka, Dia tetap memberikan undangan yang penuh kasih ini: “Berpalinglah kepadaKu dan biarkanlah dirimu diselamatkan(Yesaya 45:22)

    Bacaan Alkitab Setahun (Hakim-hakim 9-10; Lukas 5:17-39)