Renungan Spesial Paskah 2022 Kasih Terbesar, Hari 3 -->

Renungan Spesial Paskah 2022 Kasih Terbesar, Hari 3

Patung Bernyawa
Selasa, Maret 29, 2022

    Renungan Spesial Paskah 2022 Kasih Terbesar, Hari 3

    Renungan Spesial Paskah 2022 Kasih Terbesar, Hari 3
    Renungan Paskah 2022, Hari Ke 3



    Hari 3: Salib Sebagai Sumber Perenungan


    Kristuspun telah menderita untuk kamu dan telah meninggalkan teladan bagimu, supaya kamu mengikuti jejak-Nya — 1 Petrus 2:21


    Saat mengunjungi Katedral Antwerp di Belgia, saya terpesona oleh patung yang diberi nama laki-laki yang membawa Salib. Patung berbahan perunggu polesan itu menggambarkan seorang laki-laki berjas tebal dan berkacamata sedang menengadah ke arah Salib besar yang sedang diimbangkannya dengan satu tangan.

    Mula-mula saya berpikiran megatif terhadap patung itu karena patung laki-laki yang diukir terlihat mengimbangkan Salib itu dengan sangat mudah seperti suatu trik sirkus sehingga terkesan sembrono dalam memperlakukan simbol iman yang sangat penting.

    Namun, saya justru terkesima setelah mendengar penjelasan pihak Gereja. Menurut Petugas Gereja yang meminta pembuatan patung mengatakan, patung itu mewakili apa yang menjadi anjuran mereka terhadap pengunjung Katedralnya.

    Patung itu ternyata mengisaratkan sebuah pesan: Membawa salib pada tangan mereka (Pengunjung) dan merenungkannya, agar mereka dapat menemukan “tujuan dan makna” bagi hidup mereka.

    Ketika Rasul Petrus menggugah pembacanya untuk menjalani hidup saleh (1 Petrus 2:1-2), ia juga mengajukan Salib sebagai sumber perenungan. Pandanglah salib Yesus, kata Petrus, tempat Dia mati untuk menanggung dosa anda dan menawarkan kesembuhan serta pengampunan kepada anda (Ay 24).

    Lihatlah bagaimana Yesus menderita karena berbuat baik, sehingga anda mengikuti jejakNya (Ay 20-22). Renungkanlah Dia yang tergantung di kayu Salib, sang Gembala sejati bagi hidup anda (Ay 25).

    Angkat dan tataplah salib Kristus dengan sungguh-sungguh. Kasih yang dinyatakan oleh salib itulah tujuan kita, dan Dia yang bangkit dari kematian itulah pemberi makna hidup kita.

    Bagaimana cara anda merenungkan kembali kematian Kristus bagi anda hari ini? Bayangkan seandainya Yesus tidak pernah hidup, mati, dan bangkit. Apa pengaruhnya terhadap hidup anda?.

    Doa Renungan


    Pengampunan dosa, pemulihan, makna, tujuan hidup, dan kasih abadi. Terima kasih, Tuhan Yesus, untuk karyaMu di kayu salib. Hidupku ini milikMu.

    Baca Renungan Paskah Lainnya:




    Renungan Spesial Paskah 2022 Kasih Terbesar, Hari 2