Renungan Harian Kristen Dan Ayat Hari Ini, Selasa 8 Maret 2022 -->

Renungan Harian Kristen Dan Ayat Hari Ini, Selasa 8 Maret 2022

Selasa, Maret 08, 2022

    Renungan Harian Kristen Dan Ayat Hari Ini, Selasa 8 Maret 2022

    Renungan Harian Kristen Dan Ayat Hari Ini, Selasa 8 Maret 2022


    Kebangkitan Tubuh


    1 Korintus 15:35-58


    15:35 Tetapi mungkinada yang bertanya: “Bagaimanakah orang mati dibangkitkan? Dan dengan tubuh apakah mereka akan datang kembali?”

    15:36 Hai orang Bodoh! Apa yang engkau sendiri taburkan, tidak akan tumbuh dan hidup, kalau ia tidak mati dahulu

    15:37 Dan yang engkau taburkan bukanlah tubuh tanaman yang akan tumbuh, tetapi biji yang tidak berkulit, umpamanya biji gandum atau biji lain.

    15:38 Tetapi Allah memberikan kepadanya suatu tubuh, seperti yang di kehendaki-Nya: Ia memberikan kepada tiap-tiap biji tubuhnya sendiri.

    15:39 Bukan semua daging sama: Daging manusia lain dari pada daging binatang, lain dari pada daging burung, lain dari pada daging ikan.

    15:40 Ada tubuh Surgawi dan ada tubuh Duniawi, tetapi kemulian tubuh surgawi lain dari pada kemuliaan tubuh duniawi

    15:41 kemuliaan matahari lain dari pada kemuliaan bulan, dan kemuliaan bulan lain dari pada kemuliaan bintang-bintang, dan kemuliaan bintang yang satu berbeda dengan kemuliaan bintang yang lain

    15:42 Demikianlah pula halnya dengan kebangkitan orang mati. Ditaburkan dalam kebinasaan, dibangkitkan dalam ketidakbinasaan.

    15:43 Ditaburkan dalam kehinaan, dibangkitkan dalam kemuliaan. Ditaburkan dalam kelemahan, dibangkitkan dalam kekuatan.

    15:44 Yang ditaburkan adalah tubuh alamiah, yang dibangkitkan adalah tubuh rohaniah. Jika ada tubuh alamiah, maka ada pula tubuh rohaniah.

    15:45 Seperti ada tertulis: “Manusia pertama, Adam menjadi mahluk yang hidup”, tetapi Adam yang ahir menjadi roh yang menghidupkan.

    15:46 Tetapi yang mula-mula datang bukanlah yang rohaniah, tetapi yang alamiah; kemudian barulah datang yang rohaniah.

    15:47 Manusia pertama berasal dari debu tanah dan bersifat jasmani, manusia kedua berasal dari Sorga.

    15:48 Makhluk-makhluk alamiah sama dengan dia yang beasal dari debu tanah dan makhluk-makhluk Sorgawi sama dengan Dia yang berasal dari Sorga.

    15:49 Sama seperti kita telah memakai rupa dari yang alamiah, demikian pula kita akan memakai rupa dari yang sorgawi

    15:50 Saudara-saudara, inilah yang hendak ku katakan kepadamu, yaitu bahwa daging dan darah tidak mendapat bagian dalam kerajaan Allah dan bahwa yang binasa tidak mendapatkan bagian dalam apa yang tidak binasa.

    15:51 Sesungguhnya aku menyatakan kepadamu suatu rahasia: kita tidak akan mati semuanya, tetapi kita semuanya akan diubah.

    15:52 Dalam sekejab mata, pada waktu bunyi nafiri yang terahir. Sebab nafiri akan berbunyi dan orang-orang mati akan dibangkitkan dalam keadaan yang tidak dapat binasa dan kita semua akan diubah.

    15:53 Karena yang dapat binasa ini harus mengenakan yang tidak dapat binasa, dan yang dapat mati ini harus mengenakan yang tidak dapat mati.

    15:54 Dan sesudah yang dapat binasa ini mengenakan yang tidak dapat binasa dan yang dapat mati ini mengenakan yang tidak dapat mati, maka akan genaplah Firman Tuhan yang tertulis: “ Maut telah ditelan dalam kemenangan.

    15:55 Hai maut dimanakah kemenanganmu? Hai maut, dimanakah sengatmu?”

    15:56 Sengat maut ialah dosa dan kuasa dosa ialah hukum Taurat

    15:57 Tetapi Syukur kepada Allah, yang telah memberikan kepada kita kemenangan oleh Yesus Kristus, Tuhan kita.

    15:58 Karena itu, Saudara-saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh, jangan goyah, dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia.

    1 Korintus 3:1-23


    Perselisihan


    3:1 Dan aku, saudara-saudara, pada waktu itu tidak dapat berbicara dengan kamu seperti dengan manusia rohani, tetapi hanya dengan manusia duniawi, yang belum dewasa dalam kristus.

    3:2 Susulah yang ku berikan kepadamu, bukanlah makanan keras, sebab kamu belum dapat menerimanya. Dan sekarangpun kamu belum dapat menerimanya.

    3:3 Karena kamu masih manusia duniawi. Sebab, jika di antara kamu ada iri hati dan perselisihan bukankah hal itu menunjukkan, bahwa kamu manusia duniawi dan bahwa kamu hidup secara manusiawi?

    3:4 Karena jika yang seorang berkata: “aku dari golongan Paulus,” dan yang lain berkata: “aku dari golongan Apolos,” bukankah hal itu menunjukkan, bahwa kamu manusia duniawi yang bukan rohani?

    3:5 Jadi, apakah Apolos? Apakah Paulus? Pelayan-pelayan Tuhan yang olehnya kamu menjadi percaya, masing-masing menurut jalan yang diberikan Tuhan kepadanya.

    3:6 Aku menanam, Apolos menyiram, tetapi Allah yang memberikan pertumbuhan.

    3:7 Karena itu yang penting bukanlah yang menanam atau yang menyiram, melainkan Allah yang memberi pertumbuhan.

    3:8 Baik yang menanam maupun menyiram adalah sama; dan masing-masing akan menerima upahnya sesuai dengan pekerjaannya sendiri.

    3:9 Karena kami adalah kawan sekerja Allah; kamu adalah ladang Allah, bangunan Allah.

    Dasar dan Bangunan


    3:10 Sesuai dengan kasih karunia Allah, yang dianugerahkan kepadaku, aku sebagai seorang ahli bangunan yang cakap telah meletakkan dasar, dan orang lain membangun terus di atasnya. Tetapi tiap-tiap orang harus memperhatikan, bagaimana ia harus bangun di atasnya.

    3:11 Karena tidak ada seorangpun yang dapat meletakkan dasar lain dari pada dasar yang telah di lettakan, yaitu Yesus Kristus

    13:12 Entahkah orang akan bangun di atas dasar ini dengan emas, perak, batu permata, kayu, rumput kering atau jerami,

    3:13 Sekali kelak pekerjaan masing-masing orang akan nampak. Karena hari Tuhan akan menyatakannya, sebab ia akan nampak dengan api dan bagaimana pekerjaan masing-masing orang akan diuji oleh api itu.

    3:14 Jika pekerjaan yang dibangun seseorang tahan uji, ia akan mendapat upah,

    13:15 Jika pekerjaannya terbakar, ia akan menderita kerugian, tetapi ia sendiri akan diselamatkan, tetapi seperti dari dalam api.

    13:16 Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu?

    13:17 Jika ada orang yang membinasakan bait Allah, maka Allah akan membinasakan dia. Sebab bait Allah adalah kudus dan bait Allah itu ialah kamu.

    13:18 Janganlah ada orang yang menipu dirinya sendiri. Jika ada di antara kamu yang menyangka dirinya berhikmat menurut dunia ini, biarlah ia menjadi bodoh, supaya ia berhikmat.

    13:19 Karena Hikmat dunia ini adalah kebodohan bagi Allah. Sebab ada tulis: “Ia yang menangkap orang berhikmat dalam kecerdikannya.”

    13:20 Dan di tempat lain: Tuhan mengetahui rancangan-rancangan orang berhikmat; sesungguhnya semuanya sia-sia belaka.”

    13:21 Karena itu jangan ada orang yang memegahkan dirinya atas manusia, sebab segala sesuatu adalah milikmu:

    13:22 baik Paulus, Apolos, maupun Kefas, baik dunia, hidup, maupun mati, baik waktu sekarang, maupun waktu yang akan datang. Semuanya kamu punya.

    13:23 Tetapi kamu adalah milik Kristus dan Kristus adalah milik Allah.

    Renungan Harian Kristen 8 Maret 2022


    Bagaimanakah tubuh yang sudah mati—dan membusuk, kemudian menjadi tanah—dapat dibangkitkan? Apakah tubuh orang-orang yang mati karena kecelakaan, perang, atau bencana alam juga dapat dibangkitkan?

    Tubuh seperti apa yang akan mereka miliki sesudah mereka dibangkitkan? Pertanyaan-pertanyaan di atas bukan hanya diajukan oleh orang-orang yang tidak percaya terhadap kebangkitan, tetapi juga menjadi pergumulan jemaat Korintus. Rasul Paulus menanggapi pertanyaan ini dengan mengatakan bahwa orang-orang di Korintus yang tidak percaya terhadap kebangkitan tubuh adalah orang-orang bodoh (15:36).

    Mengapa Beliau menyebut mereka bodoh? Mereka bodoh karena kebangkitan tubuh sebenarnya sangat alamiah, sesuatu yang dapat dimengerti bila seseorang mau memperhatikan dan merenungkan alam ciptaan Tuhan.

    Rasul Paulus menjelaskan bahwa kematian (tubuh yang mati membusuk, lalu menjadi tanah) merupakan sesuatu yang bersifat alamiah.

    Kematian bukan akhir segala-galanya, melainkan awal menuju kehidupan yang baru. Alam juga demikian. Benih yang ditanam harus lebih dulu mati, baru bisa menghasilkan tanaman yang hidup.

    Kematian tubuh yang lama (tubuh duniawi) akan menghasilkan kehidupan dengan tubuh yang baru (tubuh sorgawi), yaitu tubuh yang sesuai dengan kehendak Allah (15:38). Tubuh sorgawi berbeda dengan tubuh duniawi.

    Tubuh sorgawi merupakan tubuh yang mulia. Namun, hal ini tidak berarti bahwa tubuh duniawi yang diciptakan Tuhan itu tidak mulia, melainkan bahwa kemuliaannya berbeda bila dibandingkan dengan kemuliaan tubuh sorgawi (15:40-41).

    Tubuh duniawi akan mati, sedangkan tubuh sorgawi tak bisa mati. Tubuh duniawi bisa sakit, lemah, rusak, dan membusuk, tetapi tubuh sorgawi tidak akan mengalami hal-hal demikian (15:42-44).

    Jika manusia mampu meng-"kloning" (menggandakan) makhluk hidup yang serupa dari sebuah sel, lebih-lebih Allah yang mencipta langit dan bumi: Ia mampu menghidupkan kembali tubuh yang sudah mati sebagaimana Ia mampu memberi hidup yang baru untuk menggantikan benih yang mati.

    Tuhan mempu membangkitkan dan memberikan tubuh yang baru sebagai ganti tubuh yang sudah menjadi tanah setelah dikubur, atau tubuh yang dikremasi dan abunya dibuang ke laut. Puji Tuhan!

    Ayat Al Kitab Hari Ini 8 Maret 2022


    Amsal-amsal untuk Lemuel dari Ibunya


    Amsal 31:1-9


    31:1 Inilah perkataan Lemuel, raja masa, yang diajarkan ibunya kepadanya.

    31:2 Apa yang akan ku katakan, anakku, anak kandungku, anak nazarku?

    31:3 Jangan berikan kekuatanmu kepada perempuan, dan jalanmu kepada perempuan-perempuan yang membinasakan raja-raja

    31:4 Tidaklah pantas bagi raja hai Lemuel, tidaklah pantas bagi raja meminum anggur, ataupun bagi para pembesar mengingini minuman keras,

    31:5 Jangan sampai karena minum ia melupakan apa yang telah ditetapkan, dan membengkokkan hak orang-orang yang tertindas.

    31:6 Berikanlah minuman keras itu kepada orang yang akan binasa, dan anggur itu kepada yang susah hati.

    31:7 Biarlah ia minum dan melupakan kemiskinannya, dan tidak lagi mengingat kesusahannya.

    31:8 Bukalah mulutmu untuk orang yang bisu, untuk hak semua orang yang merana.

    31:9 Bukalah mulutmu, ambillah keputusan secara adil dan berikan kepada yang tertindas dan yang miskin hak mereka.

    Puji-pujian untuk istri yang cakap


    Amsal 31:10:31


    31:10 Istri yang cakap siapakah akan mendapatkannya? Lebih berharga dari pada permata.

    31:11 Hati suaminya percaya kepadanya, suaminya tidak akan kekurangan keuntungan.

    31:12 Ia berbuat baik kepada suaminya dan tidak berbuat jahat sepanjang umurnya.

    31:13 Ia mencari bulu domba dan rami, dan senang bekerja dengan tangannya.

    31:14 Ia serupa kapal-kapal saudagar, dari jauh ia mendatangkan makanannya

    31:15 Ia bangun kalau masih malam, lalu menyediakan makanan untuk seisi rumahnya, dan membagi-bagikan tugas kepada pelayan-pelayannya perempuan.

    31:16 Iaembeli sebuah ladang yang diinginkannya, dan dari hasil tangannya kebun anggur ditanaminya.

    31:17 Ia mengikat pinggangnya dengan kekuatan, ia menguatkan lengannya.

    31:18 Ia tahu bahwa pendapatannya menguntungkan, pada malam hari pelitanya tidak padam.

    31:19 Tangannya ditaruhnya pada jentera, jari-jarinya memegang pemintal.

    31:20 Ia memberikan tangannya kepada yang tertindas, mengulurkan tangannya kepada yang miskin.

    31:21 Ia tidak takut kepada salju untuk seisi rumahnya, karena seluruh isi rumahnya berpakian rangkap.

    31:22 Ia membuat bagi dirinya permadani, lenan halus dan kain ungu pakiannya.

    31:23 Suaminya dikenal di pintu gerbang, kalau ia duduk bersama-sama para tua-tua negeri.

    31:24 Ia membuat pakian dari lenan, dan menjualnya, ia menyerahkan ikat pinggang kepada pedagang.

    31:25 Pakiannya adalah kekuatan dan kemuliaan, ia tertawa tentang hari depan.

    31:26 Ia membuka mulutnya dengan hikmat, pengajaran yang lemah lembut ada di lidahnya.

    31:27 Ia mengawasi segala perbuatan rumahtangganya, makanan kemalasan tidak dimakannya.

    31:28 Anak-anaknya bangun, dan menyebutnya berbahagia, pula suaminya memuji dia:

    31:29 Banyak wanita telah berbuat baik, tetapi kau melebihi mereka semua.

    31:30 Kemolekan adalah bohong dan kecantikan adalah sia-sia, tetapi istri yang takut akan Tuhan di puji-puji

    31:31 Berilah kepadanya bagian dari hasil tangannya, biarlah perbuatannya memuji dia di pintu-pintu gerbang.

    Renungan Harian Kristen Dan Ayat Hari Ini, Selasa 8 Maret 2022