Cina Bingung, Indonesia Beli 78 Jet Tempur Dalam Sehari, Kini Jadi Negara Terkuat Asia Tenggara -->

Cina Bingung, Indonesia Beli 78 Jet Tempur Dalam Sehari, Kini Jadi Negara Terkuat Asia Tenggara

Patung Bernyawa
Selasa, Maret 01, 2022

    Cina Bingung, Indonesia Beli 78 Jet Tempur Dalam Sehari, Kini Jadi Negara Terkuat Asia Tenggara


    Penampakan F-15 Eagle II 

    Harianflobamora.com-Cina saat ini jadi satu-satunya Negara di Asia yang intensif memantau perkembangan militer Indonesia.

    Cara itu dilakukan Cina mengingat Klaimnya di sebagian Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Natuna Utara mendapat tantangan keras dari Militer Indonesia.

    Media-media berita Cina pun silih berganti mengomentari Militer Indonesia terlebih pertumbuhan Militer terutama di Alutsista ahir-ahir ini semakin berkembang pesat.

    Seperti diketahui, Militer Indonesia baru-baru ini membeli puluhan Jet tempur Unit Rafale dan F-15 Eagle II pada waktu bersamaan.

    Belum lagi Jet tempur KF-21 Baromae hasil kerjasama dengan Korea Selatan akan rampung sekitar bulan Juli mendatang.

    “Dihadapan Menteri Angkatan Bersenjata Prancis, Florence Parly, dan Menteri pertahanan Indonesia Prabowo Subianto, Ketua dan Ceo Dassault Aviation Eric Trappier, serta wakil Marsekal Udara Yusuf Jauhari, Kepala Badan Sarana Pertahanan Kementerian Pertahanan RI, menandatangani Kontrak Akuisisi 42 Pesawat Rafale Generasi terbaru dalam upacara yang diadakan hari Jumat (25/2/2022).

    Kemudian baru 24 Jam usai membeli Rafale, Indonesia melanjutkan langkah Ekspoosifnya dengan mengakuisisi Jet Tempur F-15 Eagle II.

    Melihat langkah Jorjoran Indonesia dalam memborong Jet Tempur Canggih itu, Pengamat Militer Cina pun langsung bereaksi.

    “F-15EX dapat dikatakan sebagai pesawat tempur berat bermesin ganda tercanggih di dunia saat ini, dan Efektivitas tempurnya secara keseluruhan sedikit lebih tinggi dari Rafale Prancis,” Ujar Pengamat Militer Cina Han Dong, dikutip Selasa (1/3/2022)

    Hal serupa juga diungkapkan oleh media Cina New.qq.com, yang sampai membuat Media Besar Cina itu geleng-geleng lantaran kelakuan Indonesia yang memborong 78 Jet tempur dalam Waktu 24 Jam.

    “Hanya dalam waktu 24 Jam, Indonesia yang kurang dikenal tiba-tiba mengumumkan pembelian 78 Jet tempur canggih berat, menjadi negara yang menempati urutan pertama dalam pembelian senjata asing tahun ini sejauh ini,” tulis New.qq.com

    Media itu juga menjelaskan, Indonesia saat ini sedang disorot Dunia karena perkembangannya disegala lini terutama militer.

    “Dalam Komunitas Militer Internasional dalam beberapa hari terahir, Negara Asia Tenggara yang tidak terlihat jelas keberadaannya telah menjadi Fokus media Asing untuk sementara waktu dengan pembelian Militer asingnya yang dapat disebut ‘Tiran Lokal di Timur Tengah’ Negara ini adalah Indonesia,” Lanjut Laporan New.qq.com,”

    Media Cina ini menilai langkah Indonesia yang membeli Banyak Jet Temput dalam Waktu singkat ini sebagai Langkah untuk perlombaan senjata mengingat Militer Indonesia selama ini dinilai sangat lemah terutama di Udara.

    Bagaimana tidak buat geleng-geleng Media Asing, Indonesia sendiri sebelum membeli Rafale dan F-15 Eagle II sebanyak 78 Unit, Militer Indonesia juga diketahui sudah lebih dahulu membeli Fregat FREMM dan Arrowhead.

    Jumlah yang dibeli Indonesia juga tergolong banyak yakni 8 Unit Fregat Gress Kualitas terbaik Standar NATO.

    Dengan Pembelian Jet tempur dan beberapa Alutsista ini, Cina sepertinya sudah menyadari pontensi Indonesia yang kemungkinan akan menjadi penghalang terberatnya dalam sengketa Laut Natuna Utara.