Baca Surat Al Iklas 11 Kali Sehabis Sholat Agar Meringankan Siska Kubur Orang Tua Yang Sudah Wafat -->

Baca Surat Al Iklas 11 Kali Sehabis Sholat Agar Meringankan Siska Kubur Orang Tua Yang Sudah Wafat

Jumat, Maret 04, 2022

    Baca Surat Al Iklas 11 Kali Sehabis Sholat Fardhu Agar Meringankan Siksa Kubur Orang Tua Yang Sudah Wafat


    Dr. KH. Arja Imroni, M.Ag


    Renungan-Islam-Ada banyak sekali keutamaan membaca dan mengamalkan Surat Al-Iklas. Diantara Manfaat dan Keutamaannya itu ternyata membaca surat Al Iklas sebanyak 11 Kali dapat meringankan Siksa Kubur orang tua kita yang sudah meninggal Dunia.

    Hal itu disampaikan Dr. KH. Arja Imroni, M.Ag dalam sebuah tayangan Yotube di Channel NU Online yang akan dilampir dalam tulisan ini.

    Wakil Katib Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Tengah sekaligus pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Al Ma’rifat, Mijen Semarang ini mengatakan Sebagai seorang anak adalah sebuah kewajiban mendo,akan kedua orang tuanya apalagi saat kedua orang tua mereka telah meninggal dunia.

    Sebelum menyampaikan Ijazahnya, KH Arja Imroni terlebih dahulu menyampaikan salah satu hal yang menyebabkan Rizki seorang anak itu seret atau tidak lancar.

    Kyai Arja pun menukil sebuah kisah di Zaman Sayyidina Ali Bin Abi Thalib tentang seorang pemuda yang Rizki sangat sedikit padahal pemuda itu bekerja keras tiap hari.


    Seorang pemuda datang kepada Siyyidina Ali ra. “Ya Amiral Mu’minin, saya ini kok hidup rezekinya seret (tidak lancar)”. Lalu ditanya Sama Siyyidina Ali, “apakah kamu sering memakai sandal, Satu Kaki pake Sandal satu Kakinya lagi Nyeker (Kaki Kosong, tidak pakai sendal)”. dijawab oleh pemuda itu “Tidak

    Kyai Arja menjelaskan menurut Sayyidina Ali, ternyata itu pantangan sebuah pantangan. Terlihat dari pertanyaan yang dia Tanyakan ke Pemuda tadi.


    Setelah menanyakan tentang Sendal, Ali kemudian bertanya lagi, “apakah kamu sering Pake Sisir yang gigi-giginya sudah rontok atau patah?” “Tidak, saya tidak pernah melakukan itu.” Jawab si Pemuda


    Terus ditanya lagi, “Apakah Kamu kalau berjalan sering mendahului orang tua dengan tidak Sopan,” Tanya Ali Kepada Sang Pemuda lagi.

    dijawab oleh Si Pemuda Jika dirinya tidak pernah berbuat demikian. Lalu Sayyidina Ali Melanjutkan, “oh berarti saya tanya pertanyaan yang terahir


    Jangan-jangan kamu tidak pernah mendo,akan orang tua mu,” Ujar Sayyidina Ali. Mendengar itu, Sang Pemuda langsung terdiam dan menjawab bahwa dirinya sama sekali tidak pernah mendo,akan Kedua orang tuanya. Lalu Sayyidina Ali mengatakan “ya itu, yang yang buat rezekimu Seret atau tidak lancar”

    Maka dari itu, Kyai Arja memperingati para anak untuk selalu mendoakan orang tuanya paling tidak dengan doa sederhana seperti “Rabbighfirli Liwaalidayya warhamhumaa kamaa rabbayaanii shahhiiraa

    Meskipun ada Hadist yang mengatakan bahwa mendoakan orang tua dengan Rabbighfirli dan seterusnya itu Dhaif (lemah) namun menurutnya untuk Fadhalul a’mal itu penting karena mendoakan orang tua dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW.

    Berikut adalah Ijazah Suratul Al Iklas Untuk Meringankan Siksa Kubur Orang Tua Yang Sudah Meninggal Dunia.


    Ijazah ini oleh KH Arja Imroni menukil dari Sayyid Abdullah Al Hadad Tentang Keutamaan membaca Surat Al Iklas Sebanyak 11 Kali lalu pahalanya di kirimkan untuk orang tua yang sudah wafat.

    Surat Al Iklas ini bisa dibaca Setiap selesai Sholat, Bisa satu kali sehari, Bisa juga seminggu sekali setiap Malam jumat, Bisa sebulan sekali.

    Tata Cara Mengamalkan Surat Al Iklas Untuk Orang Tua Yang sudah Wafat:


    Baca Surat Al Iklas Sebanyak 11 Kali dengan Membaca Bismillah di Awal setiap Surat.

    Baca Doa “Allahumma Ausil Sawaaba ma qara’tu Min Suratiin Ikhlasi Ila Ruhii (Sebutkan Nama Ibu/Bapak yang sudah Wafat)

    Contoh: Allahumma Ausil Sawaaba ma qara’tu Min Suratiin Ikhlasi Ila Ruhii Nurhayati Binti Abdul Muthalib atau Nurdin Bin Arsyad

    Baca Surat Al Iklas 11 Kali Sehabis Sholat Fardhu Agar Meringankan Siska Kubur Orang Tua Yang Sudah Wafat