Selang Beberapa Jam Jonas Salean Umumkan Calon Pilkot, Kejati NTT Sebut Akan Buka Kembali Kasus Tanah Depan Sasando -->

Selang Beberapa Jam Jonas Salean Umumkan Calon Pilkot, Kejati NTT Sebut Akan Buka Kembali Kasus Tanah Depan Sasando

Patung Bernyawa
Minggu, Februari 06, 2022

    Tak berselang lama setelah Jonas Salean Umumkan calon Wali Kota Kupang, Kejati NTT malah Sebut akan buka kembali kasus Tanah Pemkot Depan Hotel Sasando.
    Foto Tanah Depan Hoten Sasando.


    Harianflobamora.com- Mantan Wali Kota Kupang Jonas Salean sepertinya belum bisa bernapas lega setelah diputuskan bebas oleh Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada 17 Maret 2021 lalu.

    Pasalnya, Kasus yang sempat menyita perhatian Publik Kota Kupang ini, kembali dikaji oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) NTT. Bahkan, Kejati NTT Berencana menaikan kasus ini ke Kejaksaan Agung (Kejagung)

    Melansir Rakyatntt.com, Kasipenkum Kejati NTT Abdul Hakim menjelaskan, saat ini Pihaknya tengah mengkaji ulang kasus pengalihan Aset Pemerintah Kota Kupang (Pemkot) tersebut.

    Abdul Hakim melanjutkan, jika kasus ini dibuka kembali dan dinaikan ke Kejagung, Jonas Salean dan 39 Penerima tanah Kavling tersebut bisa dipanggil kembali untuk diperiksa.

    “Nanti akan diekspos, lalu dinaikkan ke Kejaksaan Agung. Minta petunjuk di sana dulu bagaimana kelanjuttannya dengan si mantan wali kota dan yang dapat tanah itu,” Ujar Abdul Hakim Seperti mengutip, Minggu (6/2/2022)

    Menurut Abdul Hakim, apabila Jawaban Kejagung bisa dilakukan Peninjauan Kembali (PK), maka Jonas Salean semua yang mendapat jatah tanah termasuk Beberapa Anggota DPRD dan Pejabat akan ditindak lanjuti oleh Kejati.

    Kalau dari Kejagung bilang bisa untuk mantan wali kota ini dilakukan PK, yah akan dilakukan PK atau penerimanya juga bisa dikenakan,” Lanjut Abdul Hakim

    Namun, ada sesuatu Yang menarik dari penyampaian Kasipenkum Kejati NTT ini. pasalnya, sesaat sebelum Abdul Hakim menyampaikan akan mengajukan PK terhadap Kasus yang menyeret Mantan Jonas Salean, Jonas Salean sempat berujar siap bertarung di Pilkada Wali Kota Kupang 2024 yang akan datang.

    Melansir Pos-Kupang, Pernyataan Jonas Salean itu bertepatan pada hari dimana Kejangung menyampaikan akan mengajukan PK pada Kasusnya.

    Sebagai kader ya, Kita Siap. Kalau perintah Partai Suruh calon Wali Kota ya, kita siap. Kalau suruh DPRD ya siap. Kan semua melalui partai. Tapi lebih berat ke DPRD,” Ujar Jonas Salean saat ditemui wartawan di sela-sela kegiatan “Temu Akbar Melenial dan Perempuan Golkar NTT”.

    Pada kesempatan itu, Jonas Salean mengatakan, Selain mengikuti perintah Partainya, dirinya juga perlu melihat kemauan Masyarakat.

    Selain partai, semua tergantung Masyarakat. Kalau lihat kondisi sekarang ini saya kira, kita bisa rasakan kalau turun ke Masyarakat,” Lanjut Jonas Salean.

    Seperti diketahui, Jonas Salean sempat tersangkut Kasus pengalihan Aset Pemerintah Kota Kupang dengan Total kerugian Negara mencapai Rp 66,6 Miliar Rupiah.

    Namun Kasus itu berahir di pengadilan Tipikor Kupang setelah Hakim yang saat itu di Pimpin Ari Prabowo memutuskan Bebas terhadap Jonas Salean.

    Meski sempat terjadi perbedaan pendapat oleh hakim dalam sidang, namun Jonas Salean Tetap dinyatakan Bebas dan bebas dari segala tuntutan.