Pertama di NTT, RS Wirasakti Kupang Datangkan Alat Doagnosa Kesehatan Dalam Lebih Canggih Dari CT-Scan -->

Pertama di NTT, RS Wirasakti Kupang Datangkan Alat Doagnosa Kesehatan Dalam Lebih Canggih Dari CT-Scan

Senin, Februari 14, 2022

    Rumah Sakit Wirasakti Kupang, berhasil menjadi rumah sakit pertama di NTT karena memiliki Alat MRI yang diketahui lebih canggih dari CT-Scan.

    Magnetik Resonance Imagin (MRI) milik RS Wirasakti Kupang

    Harianflobamora.com-Rumah Sakit (RS) Wirasakti Kupang menjadi satu-satunya Rumah Sakit di Nusa Tenggara Timur (NTT)yang kini memiliki Alat pemeriksaan Kesehatan tubuh bagian dalam atau MRI (Magnetik Resonance Imagin).

    Melansir dari Pos-Kupang, Alat Canggih yang bisa mengecek Sejumlah penyakit dalam tubuh dengan lebih detail ini, sekarang tersimpan di Gedung Diagnostic Center Rumkit III Wirasakti, Jalan Dr Moh. Hatta, Kelurahan Fontein, Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang.

    “Ini yang pertama di NTT, dan ada di rumah sakit Wirasakti,” Ujar Kapten Kandidus Oni, Amd.Rad, Kepala Urusan Tata Usaha dan Urusan Dalam Rumah Sakit Wirasakti.

    Kapten Oni menjelaskan, MRI merupakan salah satu alat pemeriksaan penunjang Radiologi tercanggih yang mempunyai kemampuan Khusus untuk mendeteksi jaringan lunak pada tubuh Manusia.

    “Ini merupakan alat yang bekerja menggunakan gelombang magnetik dengan tujuan mendeteksi kelainan-kelainan, termasuk Saraf, Pembulu Darah atau pendarahan,” Jelas Kapten Oni

    Menurut Kapten Oni, MRI Lebih canggih dari alat sejenis lainnya seperti CT Scan, karena MRI dapat mendeteksi bukan hanya tulang tapi juga jaringan Lunak seperti Organ secara rinci

    “MRI itu gunanya untuk mendeteksi jaringan lunak pada tubuh, sedangkan CT Scan alat yang mendeteksi jaringan keras, Seperti Tulang, dan lainnya,” Lanjut Kapten Oni

    Dia melanjutkan, MRI sangat membantu kerja Dokter dalam mendiagnosa penyakit yang sulit di Deteksi oleh alat Radiologi lainnya. Karena kecanggihannya itu, Pasien yang akan menggunakan alat ini harus benar-benar Safety.

    “Termasuk juga Pen dan semua yang bersifat Logam tidak boleh ada di tubuh pasien, karena kalau ada, akan ada efek samping bagi pasien, bisa mempengaruhi hasil dan juga alat ini sendiri,” Ujar Kapten Oni

    Lebih lanjut, Kapten Oni menjelaskan Pihak RS Wirasakti sudah berenacana untuk mendatangkan alat ini sejak Bulan Mei 2021 dan pengadaannya di Bulan Oktober sampai November.

    “Alat ini tiba di Kupang pada tangga 17 Desember 2021, namun belum dioperasikan karena masih dalam proses Instalasi Listrik dari PLN,” Tutup Kapten Oni.