Mendapat Banyak Kritikan Dari Pembalap, Sirkuit Mandalika Ahirnya Diaspal Ulang, Ini Material Baru Yang Dipakai -->

Mendapat Banyak Kritikan Dari Pembalap, Sirkuit Mandalika Ahirnya Diaspal Ulang, Ini Material Baru Yang Dipakai

Patung Bernyawa
Selasa, Februari 22, 2022

    Setelah ramai dikritik banyak pembalap karena batu krikil terlepas saat tes Pramusim, Dorno dan FIM sepakat memberikan waktu kepada Indonesia untuk melakukan pengaspalan Ulang Lintasan

    Pengaspalan Sirkuit Mandalika.

    Harianflobamora.com- Panitia MotoGP Mandalika Indonesia 2022 mulai melakukan pembenahan ulang Aspal Sirkuit Mandalika. Pembenahan ini juga dilakukan sesuai rekomendasi dari Pembalap, Dorno dan Federasi Motor Internasional (FIM)

    Seperti diberitakan sebelumnya, Kwalitas Aspal Mandalika sempat menjadi Sorotan tajam di Dunia MotorGP karena kemunculan Krikil-krikil dari lapisan Aspal.

    Akibatnya, sejumlah pembalap memprotes kebijakan Dorno yang mereka Nilai terlalu dini untuk menetapkan Sirkuit Mandalika sebagai Arena Balapan Tahun 2022.

    Bukan hanya itu, Jurnalis Senior yang sering meliput berbagai Ajang kejuaraan MotorGP Simon Petterson pun ikut memberikan Kritikan juga masukan kepada Indonesia.

    Petterson bahkan memprediksi, Jika masalah batu Krikil dan Aspal tidak cepat diselesaikan, maka Ajang Balap MotorGP di Mandalika bisa batal atau ditunda hingga 2023.

    Banyak Bagian Lintasan Sirkuit Yang Harus Diperbaiki

    Setidaknya, ada tiga permintaan yang harus diperbaiki pada Lintasan Sirkuit Mandalika Menurut para pembalap yang sudah melakukan Tes Pramusim

    Tiga permintaan itu meliputi, Pengaspalan Ulang demi keselamatan Para Pembalap, Gravel atau Batu Krikil yang berada di Luar Lintasan Terlalu Tajam dan Lintasan harus bersih dari debu atau Lumpur.

    Untuk Jalur lintasan, Lokasi yang sempat menjadi bahan Kritikan pembalap adalah Tikungan Ke-1 sampai 5, Lintasan Lurus pada Garis Start/Finis dan Tikungan Ke-17 atau tikungan terahir

    Direktur PT. PP (Persero) TBk, Novel Arsyad menjelaskan, ada sekitar 17,5 Persen dari Keseluruhan lintasan yang harus diperbaiki sesuai Rekomendasi Dorno dan FIM.

    Novel mengatakan, pasca menerima Rekomendasi, Pihaknya langsung melakukan Inisiasi pertama yakni pengelupasan lapisan Aspal hingga kedalaman 4 cm.

    Kurang lebih 17,5 Persen dari keseluruhan lintasan,” Ujar Direktur Utama PT PP (Persero) Tbk yang menangani proyek pembangunan Sirkuit sejak maret 2021 lalu tersebut.

    Sementara itu, Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Pirandhi Satria Menjelaskan Pihaknya tidak mau terulang kesalahan yang sama, kali ini bahan baku akan dikontrol secara ketat oleh Konsultan dan PT PP sebelum di kirim ke Mandalika.

    Namun Pirandhi menjelaskan jika bahan baku masih tetap di ambil dari Palu, Tempat yang menjadi pengambilan bahan baku pertama untuk sirkuit Mandalika.

    “Tim PT PP yang berada di Palu dan Konsultan sedang memastikan Kwalitas dan Loading bahan baku keatas Kapal yang akan dikirim dalam waktu dekat,” Ujar Pirandhi

    Pirandhi mengatakan, Pihaknya hanya memiliki Waktu 26 hari sebelum jadwal resmi ajang Balap MotorGP 2022 yakni pada 18-20 Maret.

    Menurutnya, target perbaikan Sirkuit Mandalika akan rampung lebih cepat yakni pada 10 Maret 2022 mendatang.

    Lebih lanjut, Pirandhi menjelaskan, semua Material, Teknologi, Metode, Material serta Alat kerja dipastikan sesuai dengan Spesifikasi FIM.

    “Kami bekerja 24 Jam penuh untuk memastikan semua ini sesuai Jadwal dan Sesuai standar yang diinginkan untuk kelas Dunia MotoGP ini,” Tutup Pirandhi