HPN 2022, GMNI NTT Nilai Pers sebagai Alat Perjuangan dan Penjaga Ideologi -->

HPN 2022, GMNI NTT Nilai Pers sebagai Alat Perjuangan dan Penjaga Ideologi

Patung Bernyawa
Rabu, Februari 09, 2022

    Marianus Krisanto Haukilo
    (Ketua DPD GMNI Provinsi NTT)

    Bebasbicara-Kupang-Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Provinsi Nusa Tenggara Timur, Marianus Krisanto Haukilo menilai peran pers sangat strategis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara terutama berperan sebagai alat perjuangan yang mencerahkan dan membangkitkan spirit masyarakat serta dapat berperan menjaga nilai (guardian of value) dan ideologi bangsa Indonesia.

    Hal ini sampaikannya melalui rilis resmi DPD GMNI NTT pada Selasa (8/01/2022) dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) tanggal 9 Februari tahun 2022.

    " Di tengah kemajuan teknologi informasi yang semakin pesat, peran pers menjadi sangat strategis terutama sebagai alat perjuangan rakyat untuk menyampaikan aspirasi kepada pemerintah dan juga sebagai penjaga ideologi dan persatuan bangsa Indonesia. Beragam informasi yang beredar dalam ruang-ruang publik hanya bisa difilter dengan baik dan diluruskan melalui pers yang obyektif dan kredibel,” ujar Isto Haukilo.

    Sebagai penjaga ideologi dan persatuan bangsa, pers berperan untuk memberikan edukasi dan pencerahan kepada masyarakat dalam menghadapi berbagai fenomena sosial seperti isu intoleransi, radikalisme, terorisme serta kejahatan-kejahatan transnasional lainnya yang bertujuan melemahkan persatuan dan memecah-belah bangsa Indonesia.


    "Semakin canggih perkembangan teknologi dan alat komunikasi, propaganda nilai dan ideologi yang bertentangan dengan Pancasila justru semakin marak dilakukan melalui kanal media - media sosial yang sulit dikontrol. Oleh karenanya, peran pers ialah untuk mencerahkan masyarakat sehingga dapat memilah mana berita atau informasi yang benar dan mana yang tidak benar (hoaks) sehingga tidak menimbulkan dampak negatif akibat informasi yang menyesatkan,” kata Isto.

    "Tentunya kami menyampaikan apresiasi atas sinergitas dan kolaborasi yang terbangun selama ini antara para insan pers dengan GMNI dalam menjalankan aktivitas sebagai organisasi gerakan maupun sebagai alat perjuangan dan kontrol sosial sehingga kepentingan masyarakat dapat tersalurkan dengan baik kepada pengambil kebijakan melalui karya-karya jurnalistik,” tambahnya.

    Semoga di Hari Pers Nasional 2022, pers semakin bertranformasi dan beradaptasi dengan perkembangan zaman sehingga dapat melayani masyarakat dengan berita dan informasi yang berkualitas agar dapat mewujudkan peran strategisnya sebagai salah satu pilar demokrasi bagi kemajuan bangsa dan negara ini.