Cuaca Buruk Dan Gangguan Awan Comulonimbus Sebabkan Pesawat Garuda Gagal Mendarat Di Aceh -->

Cuaca Buruk Dan Gangguan Awan Comulonimbus Sebabkan Pesawat Garuda Gagal Mendarat Di Aceh

Selasa, Februari 08, 2022

    Cuaca buruk dan gangguan awam comulonimbus hingga jarak pandang menjadi penyebab pesawat garuda GA 146 gagal mendarat di Bandara Sultan Iskandar Muda Banda Aceh.

    Garuda GA 146 Mendarat Darurat di Kuala Manu Karena Cuaca Buruk di Bandara Tujuan Banda Aceh


    Harianflobamora.com- Pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA 146 terpaksa mendarat darurat di Bandara Kuala Namu, Medan karena Bandara tujuan yakni Sultan Iskandar Muda (SIM) di Provinsi Aceh sedang mengalami cuaca buruk.

    Informasi yang diperoleh dari data Flighrdar24, Pesawat yang terbang dari Badara Soekarno Hatta, Cengkareng ini sempat berputar-putar diatas Bandara sebelum memutuskan mendarat sementara di Kuala Namu, Medan.

    Koordinator data dan Informasi BMKG Bandara SIM, Zakaria Ahmad melalui Prakirawan Cuaca Nassyitthoh Azzahra Lubis membenarkan adanya pesawat yang Gagal Landing di Bandara SIM pada Senin (7/2/2022), Pukul 14:00

    “Benar, karena hujan lumayan lebat sekitar jam 14:00 WIB. di Wilayah bandara juga terdapat awan Konvektif (Comulonimbus) yang dapat membahayakan penerbangan,” Ujar Nassyitthoh

    BMKG mengatakan, awan Comulonimbus terpantau ada diatas Bandara SIM, hal itu dapat membahayakan pesawat sehingga Pilot Garuda 146 memutuskan untuk mendarat di Bandara Kuala Namu sambil menunggu Cuaca kembali membaik.

    “Ada Comulonimbus di atas Bandara SIM, sehingga membahayakan penerbangan,” Ujar Koordinator Data dan Informasi BMKG Aceh Zakaria Ahmad

    Selain itu menurut Zakaria, Jarak Pandang di Bandara SIM juga terbatas hanya 500 meter sedangkan kecepatan angin mencapai 15 Knot atau 28 Km/Jam.

    “Ada angin memotong landasan dengan kecepatan 15 Knot atau 28km/jam, ini sangat berbahaya dan jarak pandang 500 meter,” Lanjut Zakaria.

    Sementara itu, Manajer Operasional Angkasapura Banda Aceh Sukarni mengatakan, setelah Kondisi membaik, Pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA 146 itu kembali ke Bandara SIM.