Amalan dan Keutamaan Bulan Rajab -Ustadz Adi Hidayat -->

Amalan dan Keutamaan Bulan Rajab -Ustadz Adi Hidayat

Rabu, Februari 02, 2022

    Amalan dan Keutamaan Bulan Rajab. Bulan yang menjadi salah satu dari 4 bulan yang utama dalam Al-Qur an. Hal itu di jelaskan dalam surat At Taubah ayat 36.

    Ustadz Adi Hidayat atau UAH (Gambar. tangkapan layar)

    Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah 12 Bulan, (sebagaimana) ketetapan Allah ketika dia menciptakan Bumi. diantara (Bulan itu) ada 4 bulan haram (Suci). Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu mendzalimi dirimu dalam bulan (yang empat) itu,” Qur an Surat At Taubah ayat 36

    Menurut Ustadz Adi Hidayat, 4 bulan yang di maksud itu ialah Zulkaidah, Zulhijjah, Muharram, dan yang terahir adalah bulan Rajab.

    Keutamaan Bulan Rajab

    Ustadz Adi Hidayat atau yang sering disingkat UAH ini juga mengatakan dalam Al-Qur an Allah secara tegas menyampaikan larangan berbuat Zalim di Bulan yang dimaksud.

    Keutamaan bulan rajab menurut penjelasan UAH yang pertama adalah memperbayak amalan kebaikan, karena di bulan Rajab semua amalan kebaikan akan dilipat gandakan.

    Sebaliknya, jika ada yang sengaja berbuat dosa seperti maksiat, kezaliman dan lain sebagainya, maka dosanya juga akan di lipatgandakan.

    Ustadz Adi Hidayat sendiri dalam menjelaskan keutamaan bulan Rajab ini mengutip dari Al Qur an dan penjelasan Ibnu Abbas ra.

    Amalan-amalan yang baik menurut UAH seperti meningkatkan Sholat Sunnah, Sedekah, Puasa Sunnah dan amalan baik lainnya. Sehingga dengan itu berpeluang mendapatkan pahala yang berlipat.

    Dijelaskannya, Bulan Rajab dalam sejarahnya telah diketahui oleh masyarakat Jaliah Arab. bulan ini juga dijadikan Bukan penghormatan bagi Suku atau kabilah Arab. 

    Saking mulia dan di hormatinya bulan Rajab, khusus pada bulan ini suku-suku di Arab sampai bersepakat untuk tidak berperang satu dengan yang lainnya.

    Lalu, bertepatan dengan tanggal berapakah rajab di 2022 ini?

    Bagi anda yang ingin mendapatkan keutamaan bulan rajab, berikut kami lampirkan hasil Rukyatul PBNU yang menetapkan bulan Rajab tahun 2022 akan bertepatan dengan berapa tanggal dan bulan berapa.

    Melansir dari NU Online, Bulan Rajab 1443 Hijriah akan jatuh pada hari Kamis, 3 Februari 2022. Hal itu didasarkan Rukyatul Hilal Bil Fi’li yang dilakukan Rukyatul PBNU.

    Jadi bagi anda yang ingin melakukan amalan kebaikan pada bulan Rajab seperti Puasa Sunnah, maka mulailah pada hari Kamis 3 Februari 2022 besok.