Sering Digigit Nyamuk Saat Sedang Kumpul Dengan Teman, Inilah Penyebab Anda Lebih Disuakai Nyamuk -->

Sering Digigit Nyamuk Saat Sedang Kumpul Dengan Teman, Inilah Penyebab Anda Lebih Disuakai Nyamuk

Rabu, Januari 19, 2022

    Dunia.Hewan- Nyamuk mungkin salah satu pencuri paling jujur sekaligus paling picik di dunia. Pasalnya, Sebelum hewan mungil ini menusuk jarum tajamnya ke kulit manusia, Nyamuk kerap kali mengaung didekat telinga mangsanya seperti hendak memberi isyarat.

    Foto Ilustrasi Gugitan Nyamuk

    Tak hanya itu, bekas gigitannya biasanya seringkali kali menimbulkan rasa gatal hingga benjolan bintik-bintik kecil pada tubuh manusia. 

    Namun, pernah anda berada dalam kondisi dimana Nyamuk lebih sering menggigit anda daripada orang disekitar anda?

    Alasan yang sering muncul dengan sedikit becanda ketika ditanyakan hal ini adalah mungkin darah anda Manis atau Lezat menurut Nyamuk daripada darah teman anda.

    Sayangnya, itu bukanlah alasan yang benar menurut peneliti dibidang kesehatan. Para Ilmuan menjelaskan ada beberapa Faktor yang membuat anda lebih sering digigit oleh Nyamuk

    1. Golongan Darah

    Salah satu penyebab Nyamuk lebih senang menggigit anda ketimbang teman sekumpulan anda karena Faktor Golongan darah.

    Melansir dari Healthline, orang dengan golongan darah tertentu memiliki protein khusus (Antigen) di permukaan sel darah merahnya, hal itu kurang terlalu disukai oleh nyamuk

    Dari beberapa golongan darah manusia, hanya Darah O yang tidak memiliki Protein Khusus (Antigen) pada permukaan sel darah merahnya.

    Sementara pemilik golongan darah selain darah O masing-masing memiliki Protein Khusus yang terletak pada permukaan Kulit atau Sel darah merah mereka.

    Selain itu, dalam beberapa Studi juga menjelaskan, bahwa nyamuk tampak lebih tertarik pada orang dengan golongan O darah daripada yang lainnya.

    Pada hasil penelitian lain tahun 2019 menjelaskan, Nyamuk mungkin bisa merasakan Antigen darahnya saat mendekati orang namun belum ada penelitian lebih lanjut tentang gagasan ini.

    2. Faktor Lain Penyebab Nyamuk Lebih Menyukai Anda

    Selain Golongan Darah, ada Faktor Individu lain yang mempengaruhi Intensitas gigit nyamuk pada tubuh anda, misalnya Karbon Dioksida dan Bau Badan.

    Dikatakan, Ketika seseorang melepaskan Karbon Dioksida saat menghembuskan Nafas, ini akan meninggalkan jejek yang akan diikuti nyamuk.

    Peningkatan Karbon dioksida di udara dapat mengingatkan Nyamuk bahwa ada kemungkinan Inang di dekatnya. Nyamuk kemudian akan bergerak menuju sumber Karbon Dioksida.

    Sedangkan untuk Faktor lain seperti Bau Badan, para peneliti menemukan beberapa senyawa yang ada pada kulit membuat beberapa orang lebih menarik bagi nyamuk seperti Amonia dan Asam Laktat.

    Selain Faktor diatas, Faktor lain yang membuat nyamuk lebih senang mendekati anda adalah Bakteri Pada Kulit dan Faktor Genetika.