Putra NTT Jadi Pangdam Kusuari Di Papua, Rencana Andika Selesaikan Konflik Papua Dengan Humanis Mulai Terlihat -->

Putra NTT Jadi Pangdam Kusuari Di Papua, Rencana Andika Selesaikan Konflik Papua Dengan Humanis Mulai Terlihat

Patung Bernyawa
Minggu, Januari 23, 2022

    Pergantian Pangdam XVIII Kusuari di Papua Barat dari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa Ke Mayjen TNI Gabriel Lema sebagai tanda bahwa misi Jendral Andika Perkasa menyelesaikan Persoalan Papua dengan cara yang Humanis mulai terlihat.

    Mayor Jenderal TNI Gabriel Lema, S.Sos (Panglima Komando Daerah Militer XVIII/Kusuari)

    Harianflobamora.com- Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa baru saja melakukan mutasi besar-besaran ditubuh TNI terutama TNI Angkatan Darat.

    Kurang lebih ada sekitar 300 perwira tinggi TNI di Mutasi oleh Jenderal Andika. Ada yang hanya bergeser posisi, ada pula yang naik jabatan.

    Dalam Mutasi kali ini, beberapa Posisi Pangdam bergeser. Salah satunya adalah Pangdam XVIII Kusuari. yang sebelumnya di Jabat oleh Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa kini beralih ke Mayjen Gabriel Lema.

    Mayjen I Nyoman Cantiasa sendiri kini naik jabatan menjadi Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwillhan) III, untuk Indonesia Timur. 

    Lantas Siapakah Mayjen TNI Gabriel Lema?

    Mayor Jenderal TNI Gabriel Lema adalah nama yang tidak asing bagi Warga NTT terutama Warga Kabupaten Flores Timur.

    Pasalanya, Mayjen Gabriel Lema lahir di Hokeng, Wulanggitang, Flores Timur, 54 Tahun yang lalu atau tepatnya pada 24 Maret 1968.

    Perjalanan Gabriel Lema muda hingga menjadi Jenderal Bintang dua TNI ini cukup pajang dan penuh perjuangan.

    Lahir Sebagai Putra Flores Timur, namun Gabriel Lema hampir tidak pernah bersekolah di Flores Timur sejak SD hingga SMA.

    Melansir dari berbagai sumber, riwayat pendidikan Gabriel Lema sejak SD sudah bersekolah di Kupang yakni di SD St Yoseph Kupang (1975-1981)

    Dia lalu melanjutkan pendidikannya di SMP Frateran Kupang (1981-1984) kemudian melanjutkan Pendidikan SMA di SMA Giovanni Kupang (1984-1987).

    Tiga tahun setelah lulus SMA, Gabriel Lema Melanjutkan Jenjang karirnya di dunia Militer, Dia tercatat sebagai Lulus Akademi Militer (AKABRI) tahun 1990 dari Kecabangan Infanteri.

    Berbekal Lukusan AKABRI inilah Gabriel Lema mengenban tugas pada berbagai Jabatan dan Posisi di tubuh TNI.

    Selain itu, Gabriel juga tercatat Lukusan Sekolah Staf Angkatan Darat (Seskoad) Tahun 2004, Lulusan Universitas Pattimura 2011 dengan Gelar S.Sos, Lulusan Sekolah Staf dan Komando (Sesko) Tahun 2014 dan Jebolan Lemhanas RI Tahun 2019.

    Jabatan terahir yang diemban Gabriel Lema adalah Ir Kodiglatad (Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Lagihan TNI).

    Selain Pendidikan, berbagai Jabatan juga pernah dijabat oleh Gabriel Lema. Salah satu Jabatan yang membuatnya dikenal oleh Warga TNI ketika dirinya menjabat sebagai Kepala Staf Komando Daerah (Kasdam) XVI/Pattimura 2020-2021.

    Untuk daerah Papua sendiri, sosok Gabriel Lema bukanlah sosok yang Asing. Ia tercatat pernah menjadi Inspektorat Komando Daerah (Irdam) XVII/Cenderawasih tahun 2017.

    Kehadiran Mayjen Gabriel Lema yang merupakan Putra NTT asli di Papua, diharapkan dapat membantu menyelesaikan Konflik di daerah itu dengan cara-cara yang lebih Humanis.