Kota Kupang Masuk Siaga Hujan Lebat, BMKG Ingatkan Warga Kurangi Aktivitas Di Luar Rumah. -->

Kota Kupang Masuk Siaga Hujan Lebat, BMKG Ingatkan Warga Kurangi Aktivitas Di Luar Rumah.

Jumat, Januari 21, 2022

    BMKG memperkirakan Kota Kupang dan sekitarnya masuk dalam siaga daftar dampak hujan lebat, Warga diminta Waspada Guguran Bebatuan dan Pergeseran Tanah.

    Longsor menimpa Kantor Syahbandar, Tenau Kupang, Kamis (20/1/2022) 

    Harianflobamora.com- BMKG baru saja memasukkan Kota Kupang, Provinsi NTT, sebagai salah satu Wilayah dari 4 Kabupaten yang akan mengalami Hujan Lebat.

    Berdasarkan Informasi yang dikutip dari BMKG, tiga Kabupaten lain yang masuk dalam Kategori ini adalah Manggarai Barat, Kabupaten Kupang, dan Kabupaten Belu.

    Penyampaian BMKG ini, agar warga tetap bersiap siaga dalam menghadapi potensi bahaya yang akan terjadi karena cuaca Ekstrim ini.

    Menurut BMKG, Potensi berbahaya itu antara lain, Jembatan yang rendah dan tidak bisa dilintasi karena aliran banjir, tempat rawan longsor, guguran bebatuan atau erosi tanah.

    Pada cuaca seperti saat ini, tentu Volume air sungai akan meningkat, drainase mungkin saja tidak bisa menampung banyaknya air hujan.

    Sehingga, ada potensi bahaya di jalan raya yang tergenang air yang bisa membuat kendaraan yang melintas akan macet bahkan bisa mengakibatkan kerusakan.

    Untuk itu, BMKG kembali mengingatkan Masyarakat agar berhati-hati ketika beraktivitas di luar rumah serta sambil tetap memperbaharui Informasi cuaca yang ada di Media sosial.

    BMKG menambahkan, selain daerah yang di sebutkan, ada beberapa daerah yang juga masuk dalam Daftar Waspada Hujan lebat di Provinsi NTT.

    Sejumlah Kabupaten yang masuk dalam Daftar ini yakni, Rote Ndao, Sabu Raijua, TTS, TTU, Alor, Manggarai, Nagekeo, Sumba Timur Sikka, Ngada, Kabupaten Malaka, Sumba Tengah, dan Flores Timur.

    Sejumlah Kabupaten itu diimbau untuk siaga dan waspada dengan hujan lebat yang diperkirakan terjadi mulai Kamis hingga Jumat (21/1/2022).