Inilah Beberapa Kosakata Bahasa Kupang Yang Diadaptasi Dari Bahasa Portugis -->

Inilah Beberapa Kosakata Bahasa Kupang Yang Diadaptasi Dari Bahasa Portugis

Minggu, Januari 09, 2022

    Beberapa ungkapan keseharian orang-orang Kupang Nusa Tenggara Timur diadaptasi dari bahasa Portugis, beberapa katanya masih sama baik dalam tulisan maupun penyebutan.

    Foto By Kupang Pung Lucu-lucu

    Harianflobamora.com-Kupang dan Pulau Timor adalah Daerah bekas jajahan dua Negara Eropa yakni Portugis dan Belanda.

    Meski pun Portugis ahirnya menyerahkan Pulau Timor dan Flores ke tangan belanda pada tahun 1859 melalui Kesepakatan Lisabon namun beberapa kosakata Bahasa Portugis rupanya masih bertahan di Daerah itu terutama di Kupang.

    Mengupas sedikit sejarah yang terjadi waktu itu, Penjajahan Portugis terhadap Nusa Tenggara Timur Cukup lama sebelum diserahkan secara Dramtis ke Pihak Belanda.

    Melansir dari Kompasiana, Portugis menyerahkan Hindia Timur nama NTT seblumnya kepada Belanda kecuali Timor-Timor (Timor Leste)

    Sedangkan untuk pulau Flores (NTT) dari hasil kesepakatannya, Belanda harus membayar dana Tambahan Kepada Portugis sebesar 80.000 Golden.

    Kosakata Bahasa Kupang Yang Diadopsi Dari Bahasa Portugis

    Kupang tidak memiliki Bahasa Daerah 100% Seperti kebanyak daerah di NTT, Orang-orang Kupang menggunakan Bahasa Indonesia yang dicampur dengan Bahasa Daerah.

    Hal itulah yang memudahkan orang luar Kupang bisa mengerti Bahasa Kupang dengan cepat meski tidak sepenuhnya.

    Contoh Kosakata Bahasa Kupang yang diserap dari bahasa Portugis Berikut ini;

    1. Testa

    Kata Testa dalam bahasa Kupang berasal dari Kata Testa dalam Bahasa Portugis yang artinya Kening.

    2. Kaskaduk

    Kaskaduk berasal dari Kata Decascado yang berarti terkelupas. Dalam bahasa Kupang kata ini sering dipakai untuk menyebut penyakit Kulit, Seperti Kudis, Kurap dan lain sebagainya.

    3. Mai

    Kata Mai memiliki Arti Mama, kata ini juga berasal dari bahasa Portugis yakni Mae, dalam penggunaannya, orang Kupang sering memakai Kata Mai untuk Binatang, Seperti Ayam Mai, Sapi Mai dan lain-lain.

    Kata Mai bisa bermakna Mama apabila ditambah dengan Kata Tua sehingga menjadi Maitua yang berarti Mama Tua. Mai Tua juga sering dipakai untuk menyebut Pacar Perempuan atau Istri.

    4. Sonu

    Sonu dalam bahasa Kupang berarti Nyenyak, Kata ini berasal dari Kata Sono Profundo Yang Berarti Tidur Lelap dalam Bahasa Portugis.

    5. Sedu

    Sedu berasal dari Kata Cedu dalam Bahasa Portugis artinya Dini atau Awal.

    6. Cakadidi

    Cakadidi berasal dari Kata Sacudida yang berarti bergoyang atau menggoyangkan. Dalam Bahasa Kupang Kata ini merujuk pada orang Centil atau Ceria berlebihan.

    Itulah beberapa Kosakata Bahasa Kupang yang diadopsi dari Bahasa asalnya Portugis.