Halaman Facebook

Fraksi DPRD Demokrat Terancam Bubar, Imbas Jeriko Tidak Lagi Menjabat Ketua DPD Demokrat NTT

Fraksi Demokrat di DPRD Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) terancam bubar pasca Kursi DPDR PPP menarik diri dari Fraksi dan akan bergabung dengan Fraksi lain.

Djainudin Lonek, SH.,MH (Eu) Ketua DPW PPP NTT

Harianflobamora.com-Setelah Dr. Jefri Riwu Kore tidak lagi menjabat sebagai Ketua DPD Demokrat NTT, PPP berencana menarik diri dari fraksi dan akan bergabung ke Fraksi lain di DPRD Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Penarikkan diri Anggota DPRD Provinsi dari Partai berlambang Ka’bah tersebut disampaikan sendiri oleh Ketua DPW PPP NTT, Djainudin Lonek, SH.,MH, Senin (10/1/2022)

Kepada Harian Flobamora, Djainudin menjelaskan, saat ini PPP memiliki 1 kursi di DPRD Provinsi NTT yang bergabung bersama PSI dan Demokrat untuk membentuk 1 Fraksi pada 2019 silam.

Menurut Djainudin, saat itu Demokrat hanya memiliki 4 Kursi sehingga Demokrat membutuhkan 2 Kursi DPRD lagi untuk membentuk 1 Fraksi.

Namun hari ini, lanjut Djainudin, PPP secara resmi menyatakan Mundur dari keanggotaan Fraksi dan akan bergabung ke Fraksi lain.

Di DPRD NTT, PPP memiliki 1 kursi, sehingga tidak bisa membentuk satu Fraksi Murni. Karena fraksi murni membutuhkan 6 kursi DPRD.

Oleh karena itu, kemarin (2019) kami bersepakat atas inisiatif ketua DPD Demokrat Jeriko (Jefry Riwu Kore), meminta kepada saya, meminta kalau dapat kita membentuk satu fraksi bersama demokrat dan PSI.

Karena sepanjang sepengetahuan saya, saya kenal betul Pak Jeriko yang adalah wali kota Kupang, karenanya saya selaku Ketua DPW PPP NTT, menyetujui untuk membentuk Fraksi bersama,” Ujar Djainudin Lonek

Menurut Djainudin, Karena sosok Jeriko, Sapaan Akrab Jefry Riwu Kore yang meminta kursi PPP yang di Jabat oleh Dominggus Dama, ST.,MT itu untuk bergabung bersama Demokrat.

Tapi Sekarang, Djainudin Melanjutkan, situasi Politik Internal Demokrat berubah dan Jeriko tidak lagi memimpin Demokrat, Dia mengkhatirkan hal itu akan berimbas kepada Fraksi.

Kami setuju masuk ke Fraksi yang di Pimpin Jeriko dan Pak Dokter (Christian Widodo), karena memang kami memiliki Komitmen yang sama,” Ujar Djainudin

“Tapi ketika Kepemimpinan berubah kami tidak tahu, saya tidak kenal betul ketua DPD Demokrat yang sekarang yakni Pak Leo Lelo,” Lanju Djainudin

Karena alasan itu, Eu, Sapaan Akrab Djainudin Lonek sudah menginstruksikan kepada Kadernya di DPRD Provinsi untuk segera keluar dan mengundurkan diri dari Fraksi Gabungan Demokrat.

Yang pasti PPP tidak bersama Demokrat lagi. Di Fraksi Kader PPP tidak lagi menjadi Anggota Fraksi Demokrat. Dan akan menunggu Instruksi dari DPW untuk selanjutnya bergabung kemana,” Kata Anggota DPRD 3 Periode Kota Kupang ini.

Sementara itu, Anggota DPRD Provinsi NTT dari PPP, Dominggus Dama, ST.,MT saat dikonfirmasi Harian Flobamora mengatakan, akan menyerahkan semua keputusan kepada Partai dan DPW.

Anggota DPRD dari Dapi NTT 3 Pulau Sumba ini menyampaikan jika dirinya saat ini menunggu Istruksi dari DPW PPP NTT untuk nantinya akan bergabung ke Fraksi mana.

Saya menunggu Instruksi dari DPW PPP NTT, Nanti mau Gabung ke Fraksi mana, Fraksi mana saja yang penting tetap memperjuangkan Hak-hak rakyat terutama Rakyat Sumba,” Ujar Ddama.

Menurutnya, dia tidak terlalu mempersoalkan akan bergabung ke Fraksi mana. Yang terpenting apapun Fraksinya tugas dia tetap sama yakni memperjuangkan Hak Rakyat.