Cara Menghitung Masa Subur Wanita Lengkap Dengan 8 Tandanya

dr Ema Surya Pertiwi, Saat Menjelaskan 8 Tanda Masa Subur Di Channel Youtubenya Emasuperr

Bagi Bunda yang Siklus Menstruasinya tidak teratur atau Bunda yang baru lepas dari KB Hormonal seperti KB Suntik satu bulan maupun 3 bulan Biasanya sangat sulit menghitung kembali Masa Subur.

Untuk itu pada Artikel Kali ini, Kami akan membahas Cara menghitung Masa Subur menurut Pendapat Para Ahli dan Dokter Kandungan.

Ada 8 Tanda Masa Subur pada wanita yang akan kita Bahas pada tulisan kali ini, 8 Tanda ini bisa membantu Bunda untuk mensukseskan Program kehamilan.

Berikut adalah 8 Tanda Masa Subur Yang Bisa dijadikan Rujukan Agar Sukses Program Hamil.

1. Tes Ovulasi Hormon LH

Tes Ovulasi adalah tes sederhana seperti Tes Kehamilan yang bisa memprediksi Hormon Masa subur dari Air Kencing Bunda.

Tes Ovulasi bisa Bunda gunakan dari H Plus 7 Setelah Menstruasi sampai Hari Menstruasi berikutnya. Ovulasi tes sendiri bisa digunakan 2 kali sehari yaitu Pukul 10.00-12.00 Siang dan pukul 18.00-20.00 malam.

Menurut dr Ema Surya Pertiwi, Waktu-waktu itu adalah waktu dimana puncak tertinggi dari Hormon Masa Subur Wanita.

Sayangnya Tes ini tidak berlaku bagi beberapa Bunda yang mengalami Gangguan Hormon seperti wanita penderita PCOS atau Gangguan Hormon Tiroid.

2. Lendir Serviks atau Lendir Putih Telur

Munculnya Lendir Serviks atau Lendir Jenir yang lengket seperti putih telur pada Misis V Bunda itu termasuk salah satu Tanda jika Bunda sudah memasuki Masa Subur

3. Gairah Bercinta Meningkat

Pada Masa ini, Bunda biasanya memiliki keinginan bercinta bersama suami lebih tinggi dari biasanya. Keadaan ini sedikit berbeda ketika Bunda dalam Siklus Menstruasi.

Jika Bunda mengalami tanda ini dan didukung dengan Tanda-tanda lainya, segeralah Tamcap Gas untuk meningkatkan keberhasilan Hamil pada Bunda.

4. Suhu Tubuh Lebih Panas

Tanda jika Bunda sudah masuk Masa subur yang lainnya adalah Suhu Tubuh Bunda yang lebih tinggi dari Biasanya. Meningkatnya suhu Tubuh ini berguna untuk mempertahankan Kwalitas Sel telur.

Jika Bunda mengalami Masa ini, Dokter menyarankan untuk mengkonsumsi Nutrisi seperti Madu untuk meningkat kesuburan.

5. Perubahan Posisi Mulut Rahim

Biasanya pada Masa Subur Mulut Rahim itu akan terbuka. gunanya untuk mempercepat masuknya sel Sperma kedalam Rahim Bunda sehingga bisa dengan cepat menuju ke Sel Telur dan melakukan pembuahan.

Untuk mengetahui apakah Mulut Rahim Bunda terbuka atau tertutup itu dengan menggunakan Jari Tangan. Bunda harus memasukkan jari melalui Misis V hingga menyentuh mulut Rahim Bunda.

Setelah itu rasakan sekitar Mulut Rahim, Apakah dia Testurnya Kenyal, Lembut atau Padat Sekali. Dari sana Bunda bisa menentukan Masa Subur.

6. Nyeri Pada Payudara

Karena Payudara termasuk Area sensitif pada wanita maka ketika Bunda Sedang dalam Masa Subur, Biasanya Payudara akan merasakan Nyeri saat disentuh.

7. Pola Pakis Pada Air Liur

Kelemahan dari Cara mengetahui Masa subur menggunakan Air Liur ini ialah, Bunda harus melihatnya menggunakan Microscope.

8. Nyeri Atau Keram Perut Bagian Bawah

Tanda ini bisa juga terjadi pada Bunda yang akan Positif Hamil namun Sakit perut bagian bawa juga bertanda jika Bunda sedang memasuki Masa Subur.

Itulah Tanda-tanda jika Bunda telah memasuki Masa Subur, Semoga Bermanfaat Buat Semua.

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh merrymoonmary. Diberdayakan oleh Blogger.